Menata ruang tamu memang bisa dibilang sebagai pekerjaan yang mudah, tapi tidak jarang ditemukan terdapat kesalahan yang tidak disadari. Tahukah Anda bahwa penataan ruang tamu yang salah akan memberikan kesan ruang tamu tampak penuh dan sesak, meskipun tidak ada satupun tamu yang tengah melakukan kunjungan ke rumah.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, karena dengan menerapkan tips menata ruang tamu ini diharapkan ruang tamu Anda menjadi simple dan elegan. Perhatikan tips berikut:

Advertisement

1. Hindari terlalu banyak memasang pigura dan foto, sangat diperbolehkan memasang foto di ruang tamu. Akan tetapi banyak orang yang tidak menyadari bahwa terlalu banyak pajangan foto seringkali mengakibatkan ruang tamu tampak terlihat sesak, bahkan tak jarang terkesan membosankan sehingga tidak betah ketika ada di ruang tamu.

2. Gunakan motif yang sesuai dengan ukuran dan bentuk ruang tamu. Misalnya Anda dapat menggunakan motif bunga, namun pastikan Anda menempatkannya dengan benar. Pasalnya jika penempatan salah, maka ruang tamu akan terkesan sempit dan sesak. Tipsnya adalah pilih salah satu motif yang cocok, kemudian letakkan pada tempat yang sesuai, misalnya pada gorden atau sofa.

Advertisement

3. Gunakan bantal pada sofa secukupnya. Tahukah Anda bahwa penggunaan bantal untuk sofa yang terlalu banyak seringkali membuat ruang tamu tampak terlihat penuh dan sesak. Selain itu, dengan banyaknya bantal pada sofa akan membuat tamu merasa tidak nyaman saat duduk di sofa tersebut.

4. Perhatikan ukuran furniture yang akan Anda tempatkan di ruang tamu. Jika ukuran ruang tamu Anda besar, maka tidak akan masalah jika Anda menempatkan furniture berukuran besar. Namun kini yang menjadi masalah adalah seringkali orang menempatkan furniture berukuran besar dalam ruang tamu yang ukurannya kecil. Tentu hal ini akan memberikan kesan ruang tamu tampak sempit dan penuh.

5. Menempatkan lemari kaca di ruang tamu. Memang menempatkan lemari kaca pada ruang tamu bisa dibilang bagus, namun hal yang seringkali diabaikan adalah penempatan benda di dalam lemari kaca tersebut yang terlalu banyak.

Tips di atas diharapkan mampu membantu Anda dalam menata ruang tamu agar terkesan simple, nyaman, dan elegan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya