Bulan Ramadan memang jadi momentum yang pas untuk kita belajar lebih dalam tentang ilmu agama. Tapi sayangnya, momentum ini terkadang tidak digunakan dengan baik. Perlu disiplin dan komitmen yang tinggi untuk tetap konsisten menjalankan perintah-perintah agama dibulan Ramadan. Salah satu contohnya adalah ketika mempelajari Al-Qur’an.

Biasanya orang muslim berlomba-lomba untuk memperbanyak mengkhatamkan Al Qur’an di bulan Ramadhan. Tapi ternyata tidak semuanya bias lho. Apalagi yang perempuan nih, pas tiba periode ceweknya :’)

Advertisement

Lalu bagaimna cara yang tepat agar bisa mengkhatamkan Al Qur’an dalam waktu 30 hari?

1. Perbaiki niat

Yang satu ini memang jadi fondasi banget. Karena apapun yang kita lakukan harus didasari niat yang kuat dan baik. Kita harus meniatkan ibadah ini semata-mata hanya mencari ridho Allah. Jangan sampai ada niat-niat terselubung ya gengs. Kalau niat kita baik, pasti semuanya bisa tercapai. Intinya baca Bismillah dulu ya.

Advertisement

2. Tetapkan Target

Menetapkan target disini maksudnya, kamu harus menentukan apa yang harus dicapai dan bagaimana cara mencapainya. Untuk bisa mengkhatamkan Al Qur’an, ada cara jitu yaitu menetapkan halaman yang harus dibaca atau berapa juz yang harus diselesaikan dalam sehari agar target khatam mu tercapai. Al Qur’an itu terdiri dari 30 juz.

Jadi minimal jika kamu ingin satu kali khatam di Bulan Ramadhan, maka kamu harus membaca 1 juz dalam sehari. One Day One Juz istilahnya. Lalu bagaimana jika ditengah-tengah bulan tiba periode ceweknya? Jawabannya mudah sekali ya. Asalkan kamu mau mengejar ketertinggalan bacaan yang sudah kamu targetkan. Insyaallah pasti tercapai. Kamu harus menambah intensitas bacaanmu perhari sejumlah halaman yang kamu tinggalkan.

3. Konsisten dan disiplin

Ini yang terakhir dan menentukan ya. Untuk bisa mencapai tujuan awalmu, harus ada sikap Istiqomah. Kamu harus disiplin dan konsisten membaca lembar demi lembar Al Quran di waktu yang sudah kamu tentukan. Satu kali molor dari jadwal yang sudah ditentukan, akan mengganggu jadwal yang lain. Konsekuensinya kamu harus menambah jumlah bacaanmu di jadwal berikutnya.

Nah itu dia tips Khatam Qur’an untuk perempuan di bulan Ramadan. Jadi bagaiamana, sudah sampai juz berapakah hari ini?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya