Menyadari bahwa dunia hiburan tak akan bertahan lama, Para Artis Tanah Air marak membuka usaha berbisnis kue khas daerah. Para Artis ini menyandang jargon 'oleh-oleh khas daerah' sekaligus nama daerah tersebut. Memanfaatkan nama besarnya sebagai artis, tentu saja bisnis mereka langsung menyedot perhatian publik. Padahal jika dilihat lebih lanjut, sebenarnya bisnis ini memiliki banyak kemiripan dalam hal konsep, promosi, kemasan, cita rasa yang ditawarkan, hingga pemilihan nama untuk oleh-oleh kekinian mereka.

Namun sesungguhnya kue-kue tersebut bukanlah asli khas daerah yang disandang. Bahkan baru-baru ini, artis yang notabennya adalah pasangan suami istri juga berlomba mendirikan bisnis oleh-oleh. Rata-rata kue yang dijual oleh para artis ini perpaduan pastry dan bolu. Tak tanggung-tanggung, jumlahnya kini bahkan sampai puluhan.

Advertisement

Penasaran? langsung aja yuk simak deretan artis yang bergelut di bisnis oleh-oleh kekinian ini!

1. Berawal dari Malang Strudel Milik Teuku Wisnu

Siapa sih yang nggak kenal oleh-oleh hits "Malang Strudel" ini? Ide awal bisnis ini bermula dari Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar yang menyukai strudel, jajanan kue lapis khas Austria. Keduanya pun sepakat untuk membuka bisnis oleh-oleh strudel yang dimodifikasi dengan rasa apel khas Malang. Hingga akhirnya pada 20 Desember 2014, bisnis ini pun resmi dibuka dengan nama Malang Strudel dan sukses mendapatkan respon positif dari masyarakat hingga saat ini.

Advertisement

2. Dude Harlino Juga Nggak Kalah Sukses dengan Jogja Scrummy-nya

Dude Herlino yang juga membuka bisnis oleh-oleh kekiniannya yang bernama Jogja Scrummy. Jogja dipilih bukan tanpa alasan, bagi Dude, Jogja memiliki beragam keunikan yang membuat orang betah mampir ke Jogja. Bahkan kini ia sukses dengan 4 gerai di Jogja loh!

3. Kompakan dengan Sang Istri, Ada Irwansyah dengan Bisnis Medan Napoleon

Ada juga Irwansyah yang membuka usaha bernama Medan Napoleon. Mungkin terinspirasi dari sahabatnya, Teuku Wisnu. Kini Irwan dan sang istripun ikut menyusul bisnis sahabatnya itu. Bahkan bisnisnya ini terbilang tak pernah sepi dari antrian.

4. Sukses dengan Bisnis Clothingnya, Kini Zaskia Sungkar Hadir dengan Bisnis Surabaya Snowcake

Status wanita karir memang sepertinya layak disandangkan untuk istri Irwansya, Zaskia Sungkar. Bagaimana tidak, setelah sukses menggeluti bisnis fashion, kini ia juga mulai merintis bisnis oleh-oleh kekinian untuk daerah Surabaya. Dengan nama Surabaya Snowcake, Zaskia menawarkan beragam varian rasa yang terus mengalami inovasi.

5. Ini Teh Ngangenin, Ada Bandung Makuta Milik Bella

Mojang Bandung memang terkenal gelis. Nah ini ada salah satu mojang Bandung yang baru saja membuka gerai Bandung Makuta untuk oleh-oleh kekinian Khas Bandung. Bukan hanya kuenya yang bikin kangen, tapi yang punya juga bikin kangen dong!

6. Lama Tak Terdengar Kabarnya di Televisi, Kini Hengky Kurniawan Sedang Sibuk Merintis Bisnis Lampung Banana Foster

Namanya lumayan panjang, Lampung Banana Foster, semoga antrian pengunjungnya juga selalu panjang. Sukses terus ya bang!

7. Selebgram Ria Ricis Juga Tak Mau Ketinggalan, Bersama Kakaknya, Oki Setiana Dewi, Mereka Membuka Bisnis Surabaya Patata

Selain ada Surabaya Snowcake, kota Surabaya juga diramaikan ke lagi dengan oleh-oleh kekinian lainnya. Adalah selebgram sekaligus adik dari Oki Setiana Dewi, Ria Ricis. Ricis bersama dengan kakaknya berkolaborasi untuk membuat tampilan dan konsep baru yang bisa diterima oleh masyarakat. Bahkan mereka baru-baru ini mengadakan event kumpul bareng warga untuk mempromosikan usahanya.

8. Tak Mau Kalah dengan Bisnisnya Lamington Pontianak

Tak hanya tersebar di Pulau Jawa, bisnis oleh-oleh kekinian ala artis ini juga merambah ke Kalimantan loh. Ada Glen Alinskie dengan bisnis Lamington Pontianaknya.

9. Menyusul Jejak Sang Suami, Chelsea Olivia dengan Bisnis Semarang Wife Cake

Memang belum resmi dibuka sih, tapi gema launching outletnya sudah di mana-mana! Wah keren ya kak Chelsea!

10. Ricky Harun Ternyata Juga Punya Bossang Makasar

Ini nih dari Makassar ada Bosang milik Ricky Harun. Mengusung slogan "Apapun Minumnya, makannya Bosang Makasar!"

11. Mamahke Jogja Milik Zaskia Adya Mecca

Istri sutradara kondang ini juga mulai merintis bisnis kulinernya loh. Wah makin sukses aja ya mbak!

12. Di Bogor ada Bisnis Milik Shireen Sungkar, Bogor Raincake

Setelah sukses dengan Malang Strudel milik sang suami, kini Shireen juga turut membuka bisnis juga loh. Tepatnya di Bogor dengan nama Bogor Raincake. Mungkin nama rain terinspirasi dari Bogor sebagai kota Hujan ya!

13. Host Keren Indra Bekti Juga Ikutan Membuka Outlet Cirebon Sultana

Ini nih kompak, barengan sama istri, Indra Bekti membuka bisnis oleh-oleh di Cirebon. Usahanya diberi nama Cirebon Sultana.

14. Masih di Kota yang Sama, Ada Cirebon Cinammon dari Dhini Aminarti

Sekalipun buka di kota yang sama dengan Indra Bekti, bisnis pasangan satu ini tetap ramai pengunjung loh!

15. Pindah ke Pulau Seberang, Ada Irfan Hakim dengan Makassar Baklavenya

Di Makassar ada juga bisnisnya Irfan Hakim dengan nama Makassar Baklave.

16. Ada Princcess Cake milik Syahrini

Syahrini membuka gerai kue pertamanya yang diberi nama Princess Cake di Bandung, Jawa Barat pada Rabu, 21 Juni 2017. Penguman grand opening Princess Cake ini disampaikan Syahrini melalui akun media sosialnya sejak beberapa waktu lalu.

17. Tak kalah dengan Syahrini artis cantik Sandra Dewi juga membuka bisnis kue dengan nama Queenroll

Artis cantik asal Palembang-Bangka Belitung, Sandra Dewi membuka toko kue di Jalan Talang Kerangga Nomor 26, berjarak kurang lebih 15 meter dari kantor Harian Umum Berita Pagi. Toko kue tersebut bernama Queenroll. Head Store Queenroll Palembang Taufik Hadinata mengatakan, toko kue ini hanya dibuka di Palembang dan memiliki cita rasa khas Palembang.

18. Berbeda dengan kue lainnya Dewi Sandra memilih kue tradisional sebagai inovasi baru yang di beri nama Wingkorolls

Jenis kue milik artis satu ini bisa dibilang berbeda.

Hal tersebut dikarenakan Dewi sandra melakukan inovasi pada makanan khas kota Semarang yakni wingko babat.

Dewi Sandra memberi nama kue tersebut dengan sebutan wingkorolls.

19. Nagita slavina namai Bisnis Kue nya GigiEat Cake

Nagita Slavina membuka toko kue dengan nama Gigieat Cake. Meski baru terjun, ternyata ibu satu anak ini sudah lama ingin mencoba bisnis makanan sesuai hobinya yang gemar memasak.tetapi belum ditentukan tanggal peresmiannya.

20. Dengan tampilan berbeda Ussy namai Outlet kue nya Cirebon Kelana

Belum lama melahirkan, Ussy disibukkan dengan bisnis barunya, yaitu toko kue oleh-oleh yang diberi nama CIREBON KELANA. Ia akan meresmikan pembukaan toko kuenya pada tanggal 21 Mei 2017 besok yang bertempat di Jalan Siliwangi No.169, Cirebon.

21. Vava Premium Cake milik Titi Kamal

Berbeda dengan artis lainnya, TiKam justru mencoba peruntungan bisnis kuenya di Jakarta. Dan mungkin ini adalah strategi yang cukup bagus karena sebenarnya banyak peminat kue di Jakarta yang tidak bisa membeli kue oleh-oleh artis lain karena rata-rata outletnya berada di luar kota. Toko kue yang diberi nama VAVA PREMIUM CAKE ini akan berlokasi di daerah Pasar Minggu dan akan resmi dibuka pada tanggal 26 Mei 2017.

22. Prily Latuconsina Buka Outlet Kue Really Cake

Sama seperti Gigi, toko kue Prilly yang bernama REALLY CAKE juga masih dirahasiakan lokasi dan tanggal peresmiannya.

23. Merambah Bisnis Kue Baru Solo Pluffy Jesica Mila

Yang terbaru, artis dan pesinetron Jessica Mila. Wanita berusia 21 tahun itu memantapkan diri menjalani usaha barunya di luar profesi keartisannya dengan berbisnis kuliner. Mila mengatakan bisnis terbarunya itu diberi nama Solo Pluffy. Pemilihan nama sendiri, lantaran usaha itu dibangun di daerah Solo. Sedangkan nama Pluffy berasal dari kata Fluffy yang artinya halus. Lewat kue itu, dia menyuguhkan kue yang terbaik kepada penikmat kuenya.

24. Mikha memberi nama bisnisnya tersebut dengan nama 'Milvil Manado'.

Tak hanya sukses di dunia hiburan. Rupanya Mikha Tambayong juga ingin mencoba kesuksesannya di dunia bisnis kuliner. Rencananya, Mikha akan membuka sebuah toko kuenya di kota Manado.

25. Bandung Kanaya Milik Ami Qanita dan Keluarga

Tidak mau kalah dengan anak sulung dan mantu. Amy Qanita bersama dua putrinya akan membuka Bandung Kanaya. Dilihat dari akun Instagram @bandungkanaya, oleh-oleh kekinian satu ini bentuknya mirip kue brownies dengan varian rasa utama cokelat, keju, dan green tea.

26. Surabaya Vini Vidi Vici – Vidi Aldiano

Meski belum dibuatkan akun Instagram resmi dan seperti apa bentuk makanannya, Vidi Aldiano sudah melakukan sesi pemotretan untuk gerai oleh-oleh kekiniannya. Dikutip dari akun Instagram @jannahcorp, gerai milik Vidi ini akan berlokasi di Surabaya menyusul Patata dan Snow Cake dengan nama Vidi Vini Vici.

27. Pisjo Cake – Arzeti Bilbina

Peragawati senior Arzeti Bilbina menambah ramai pasar oleh-oleh kekinian di Pulau Sulawesi. Arzeti memilih kota Kendari untuk mendirikan Pisjo Cake. Curiga, jangan-jangan Pisjo ini diambil dari singkatan Pisang Ijo.

28. Semarang Thal Cake – Ruben Onsu

Wow, Semarang akan mendapat combo attack sama seperti Cirebon. Ruben Onsu menambah daftar oleh-oleh kekinian Semarang dengan mendirikan Semarang Thal Cake. Thal ini diambil dari nama putrinya, yaitu Thalia Putri Onsu

Bayangkan jika Wifecake milik Chelsea, Wingkorolls milik Dewi Sandra, dan Thal Cake ini ternyata mengadakan grand opening bersamaan. Warga Semarang akan sibuk sekali hari itu. Sibuk memilih mau mencicipi yang mana dulu.

29. Just Cake Pekanbaru – Melly Goeslaw & Anto Hoed

Melly Goeslaw dan Anto Hoed mungkin 'panas' juga melihat anak-anak asuhnya di BBB mulai berbisnis oleh-oleh. Raffi, Chelsea, dan Bella sudah memiliki brand oleh-oleh kekiniannya masing-masing. Jadilah Melly dan Anto membuka Pekanbaru Just Cake.

30. Queen Apple Malang Bisnis Chef Farah Queen

Malang Strudel milik Teuku Wisnu sebentar lagi akan punya saingan. Chef seksi Farah Quinn akan membuka gerai Queen Apple di Malang dalam waktu dekat.

Itulah deretan artis yang beramai-ramai membuka bisnis kuliner, semoga bukan hanya sekedar aji mumpung ya! Semoga dengan bisnis itu juga bisa memberikan banyak manfaat bagi orang sekitar, bukan hanya untuk mendapatkan keuntungan pribadi semata.

Jangan lupa mampir untuk mencicipi kue kekinian di kotamu ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya