Perkembangan trend baju atau fashion muslim di Indonesia kedepan kalau kita perhatikan perkembangan busana muslim di pasaran Indonesia saat ini sangat cepat, baik itu produk busana dewasa, remaja, anak, pria dan wanita. Namun, yang paling cepat mengalami perubahan adalah produk busana wanita dewasa atau remaja. Di mana dari hari kehari selalu berubah.

Hal ini berimbas pada perkembangan mode busana muslim di Indonesia. Beberapa produsen busana muslim baik yang berskala besar sampai yang memproduksi dirumahan sudah melakukan hal ini. Sudah banyak merek busana muslim hadir meramaikan pasar busana muslim di Indonesia. Dan dari masing-masing produsen rata-rata mempunyai ciri khas, baik dari modelnya, bahan yang digunakan dan juga cara pemasarannya.

Advertisement

Kalau kita bicara model busana muslim memang tidak akan pernah ada habisnya. Kreasi dan inovasi selalu ditelorkan oleh produsen busana muslim agar selalu bisa bersaing dipasaran. Bahkan sekarang sudah banyak produsen yang menggabungkan model dasar baju muslim dengan model busana dari luar negeri. Dan tidak sedikit dari produsen yang mempunyai slogan atau positioning untuk produknya.

Misalkan merek sekido dengan positioning busana muslim modis, gaul dan Islami. Pada waktu dulu, jika kita bicara baju muslim pasti sudah terbayang busana dengan ukuran panjang (gamis) dengan ukuran cenderung longgar. Namun kalau sekarang kita membahas busana muslim, mungkin masing-masing dari kita akan mempunyai bayangan yang berbeda-beda.

Hal ini terjadi karena adanya produsen yang memadukan busana muslim dengan fashion pada umumnya. Jadi, terciptalah model-model yang berbeda dari masing-masing pembuat busana muslim. Selain perkembangan pada model, Perkembangan strategi atau cara pemasaran busana muslim juga memperlihatkan hal yang luar biasa.

Advertisement

Berawal dari pengaruh perkembangan mode, masyarakatpun mulai mencari perpaduan produk yang islami namun tetap bisa tampil modis. Selain kategori islami dan modis, nyaman juga tetap menjadi prioritas pencarian konsumen. Berdasarkan dari merek yang pertama mengeluarkan produk muslim bahan kaos.

Menyampaikan bahwa alasan dibuatnya produk kaos muslim adalah untuk memberikan kenyamanan bagi Ibu-ibu yang muslim yang ingin tampil islami namun tetap masih bisa aktif beraktifitas, karena dengan bahan kaos ini bisa menyerap keringat lebih baik.

Jadi, perkembangan mode busana muslim sampai saat ini berawal dari keinginan produsen untuk menampilkan produk yang berbeda untuk memenangkan persaingan dipasar. Untuk itu produsen juga melakukan penggabungan dengan mode yang sedang trend namun tetap sesuai dengan selera konsumen saat ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya