Selain buah sirsak yang kaya dengan gizi dan berbagai macam manfaat untuk tubuh, daun sirsak pun juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan bahkan bisa mengobati berbagai macam penyakit. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita tidak tau betapa hebatnya khasiat daun sirsak ini, daun sirsak kaya akan gizi, vitamin dan sumber mineral lainnya.

Siapa sangka, daun sirsak ini bisa mengobati penyakit keras seperti kanker, diabetes, penyakit kulit hingga tumor sekalipun. Sebenarnya daun ini sudah lama ada dan sudah lama dipakai orang orang zaman dahulu untuk mengobati berbagai macam penyakit, namun di zaman sekarang banyak orang memilih cara instan dengan membeli obat diapotik.

Advertisement

Daun sirsak memiliki banyak gizi, vitamin dan sumber mineral seperti karbohidrat, fruktosa, Vitamin B1, Vitamin C dan Vitamin B2. Acetogenins, annonacin, Annocatacin, muricapentocin, annomuricin, anomurine, annomuricin, anonol, linoleic acid, gigantetronin, caclourine, gentisic acid, dan annohexocin

Daun sirsak bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti mencegah dan mengobati Kanker, mencegah dan mengobati Diabetes, asam urat, sakit punggung, infeksi, rematik, bisul, jerawat, menurangi rasa nyeri, kolestrol, jantung, stres, pegal linu, kista, menambah nafsu makan, cacingan, menambah stamina, meningkatkan kesuburan bagi wanita dan sel sperma pada pria, menguatkan sitem pencernaan, penyakit kuning, tekanan darah, mengatasi maag, hingga mencegah dan mengobati tumor sekalipun.

Ada beberapa cara untuk mengkonsumsinya sebagai obat luar dan dalam :

Advertisement

Pertama untuk obat dalam: ambil 7 sampai 15 lembar daun sirsak segar yang tidak layu dan tidak dimakan oleh serangga atau masih sehat, lalu rebus dengan air 3 gelas atau setara dengan 800 ml s/d 900 ml tergantung dari gelas. Lalu rebus hingga menjadi 1 s/d 2 gelas atau separuh dari rebusan, lalu minum lah selagi masih dalam keadaan hangat. Bisa dicampurkan dengan gula atau madu agar lebih nikmat.

Kedua tidak jauh berbeda dengan dengan cara pertama, yaitu untuk obat luar: ambil 7 sampai 15 lembar daun sirsak namun kali ini tidak direbus, melainkan dihaluskan atau diblender sampai benar-benar halus. Setelah diblender sampai halus, gunakan untuk masker atau tempelkan ke kulit yang terkena luka. Gunakan masker ini hingga kering lalu bilas dengan menggunakan handuk basah (agar tidak membuat luka semakin basah) sampai bersih.

Konsumsilah dengan teratur sampai penyakit atau kesulitan itu selesai, namun jangan terlalu sering untuk mengonsumsinya. Karena terlalu banyak mengkonsusmsi daun sirsak yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan rasa kantuk dan kehilangan kesadaran. Khususnya bagi penderita tensi darah dan ibu hamil tidak dianjurkan meminum teh daun sirsak ini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya