Perkembangan Internet, semakin hari semakin bertambah pesat. Perdagangan dan kerja-kerja yang biasa dilakukan di dunia nyata (offline) pun seolah semakin beralih ke dunia maya (online).

Berdasarkan data Kompas.com, Menurut lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter di Indonesia sendiri mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 terbesar di dunia dalam hal jumlah pengguna internet. Pada tahun 2017, e-Marketer memperkirakan netter Indonesia mencapai 112 juta orang. Keenam negara pengguna terbesar pengguna internet tersebut yaitu Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil, Jepang, dan Indonesia.

Advertisement

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Salah satu bagian dari Internet, selain media social yang mengalami peningkatan tajam yaitu pembuatan website baik yang bebayar atau gratis. Dalam artikel ini, akan dibahas 9 langkah rahasia lengkap dalam membuat blog hingga menghasilkan pendapatan besar dari blog. 9 rahasia langkah tersebut yaitu

Langkah 1: Menyiapkan Blog Anda

Advertisement

Sebelum memulai lebih panjang, bayangkan dulu, sebuah kehidupan di mana A\anda dibayar untuk menulis tentang segala sesuatu yang menarik minat anda, kapan pun anda mau, dan dimanapun anda berada.

Pada artikel ini, kita akan melihat profitabilitas sebuah blog dan membuat blog kita sendiri tanpa biaya apapun! Tertarik? Baca selengkapnya sampai selesai!

Dalam menyiapkan blog, Anda bisa mendapatkan blog secara gratis melalui www.blogger.com atau www.wordpress.com lalu ikuti petunjuk pendaftarannya, cukup dengan mengisi data-data yang telah Anda miliki.

Bagian 2 – Konten Blog

Setelah anda punya blog, yang perlu anda mengerti bahwa tidak ada ruang lingkup tertentu yang seharusnya dimiliki blog, yang berarti anda dapat menulis tentang apa pun yang anda minati.

Jadi, untuk menarik lebih banyak pengunjung dan juga agar pengunjung tetap datang kembali, yaitu langkah pertama, ibaratkan kamu sedang berbicara atau ngobrol santai dengan teman kamu, sehingga membuat mereka merasa nyaman.

Namun, yang paling penting yang harus anda ketahui adalah orang-orang pada dasarnya suka membaca tulisan-tulisan yang "ringan" hampir sepanjang waktu. Anda lihat, ketika orang masuk ke blog anda, mereka tidak hanya mencari informasi, mereka juga mencari informasi yang bisa mereka dapatkan dengan mudah, serta lebih baik, tentunya dengan suasana yang santai.

Selain itu, miliki kepribadian khas di blog anda dan bangun branding diri anda. Ini sangat mirip dengan membuat nama merek anda sendiri, di mana orang segera mengingat nama blog anda ketika mereka perlu mengetahui informasi yang ada hubungannya dengan blog anda.

Bagian 3 – Brainstorming Konten Blog

Ingat blog anda perlu diperbarui secara berkala untuk mempertahankan pembacanya! Sehingga, anda harus selalu menemukan topik segar untuk ditulis.

Cara terbaik agar selalu dapat ide adalah menulis atau membuat blog yang memang kita sukai atau kita memang tertarik dengannya.

1.) Lihat link Blog terkait, bisa disearch dengan link :

http://blogsearch.google.com/ atau www.technorati.com

2.) Dapatkan ide juga melalui artikel berita yang berkaitan dengan niche anda di koran lokal atau online melalui situs seperti http://news.google.com dan http://news.yahoo.com

3.) Anda juga dapat melakukan percakapan dengan orang-orang dengan minat yang sama seperti anda.

Ingatlah untuk tetap mengikuti momentum posting anda setidaknya sekali per-hari (atau lebih jika Anda memiliki banyak konten untuk ditulis) sehingga mesin pencari utama akan mengetahui bahwa blog anda memiliki konten segar setiap hari. Ini akan menarik mesin pencari untuk menuju ke link halaman blog anda secara lebih sering, sehingga mendapatkan lalu lintas (traffic) secara ekstra ke blog anda.

Bagian 4 – On Page Search Engine Optimization

Sekali lagi, mohon diperhatikan betapapun bagusnya konten anda, jika tidak ada yang membacanya, anda tidak bisa menghasilkan keuntungan darinya. Lalu lintas adalah sumber kehidupan blog anda. Untuk menarik orang, anda harus menawarkan informasi yang juga menarik.

Para pengunjung, biasanya akan mencari menggunakan mesin pencari seperti www.google.com, www.yahoo.com, dan www.msn.com, serta lain sebagainya. Jadi, untuk mendapatkan orang-orang ini di blog anda, blog anda harus mendapat peringkat tinggi atau berada di halaman pertama di halaman hasil pencarian dari mesin pencari. Karena ketika orang-orang ini mencari informasi melalui mesin pencari dan melihat situs anda di antara hasil teratas, mereka secara alami akan mengklik ke blog anda!

Seni mendapatkan blog atau situs anda ke peringkat tinggi di halaman hasil pencarian disebut optimasi mesin pencari atau disebut SEO (Search Engine Optimation).

SEO ini meliputi kata kunci (keyword) yang sering digunakan, jadi anda bisa mengeceknya melalui google keyword planner, google search, dan lainnya.

Namun, ini adalah hal yang paling penting dari semuanya. Selalu ingat bahwa anda sedang menulis untuk orang-orang kehidupan nyata yang membaca blog anda untuk mendapatkan informasi, jadi sangat bodoh untuk spam blog anda. Sebenarnya, jika anda melakukannya, mesin pencari akan menurunkan peringkat blog anda, lebih jauh lagi sampai terlupakan … Jadi ingatlah! Menulis untuk manusia, bukan untuk mesin pencari!

Bagian 5 – Offpage Search Engine Optimization

Sekarang, kita beralih ke optimasi mesin pencari off page. Artinya, faktor yang tidak ada di blog Anda namun sangat mempengaruhi peringkat mesin pencari Anda. Ada banyak faktor off page, tapi kita harus mempelajarinya satu per satu. Yang pertama dan yang paling jelas adalah jumlah link ke blog Anda.

Sebagai pedoman umum, semakin banyak link ke blog anda, maka semakin banyak pula mesin pencari yang menganggap anda sebagai otoritas di niche tertentu dan karenanya semakin tinggi peringkat blog anda.

Untuk melihat link terkait, dan lebih mudah untuk diakses oleh pendatang baru seperti Anda, bisa klik www.gizmodo.com.

Selain itu, untuk mengukur tingkat popularitas blog kita bisa menggunakan Google PageRank. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang hal ini di http://www.google.com/technology/. Yang menarik adalah semakin tinggi PageRank dari situs tertentu, robot Google lebih sering akan mengunjungi website Anda untuk mengindeksnya.

Tentu saja, PageRank dari sebuah halaman juga akan membantu untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari Google. Singkatnya, memiliki PageRank yang tinggi akan membawa anda mendapat banyak manfaat darinya.

Bagian 6 – Mendatangkan Traffic Lebih Banyak

Salah satu metode alternatif yang digunakan untuk mendapat traffic secara banyak yaitu dengan menggunakan direktori artikel. Direktori artikel ini seperti agregator yang mengumpulkan artikel dengan tema serupa di satu tempat, sehingga mereka menerima ribuan pengunjung berkualitas setiap hari.

Ketika anda mengirimkan artikel anda ke direktori ini, anda mengekspos nama anda ke ribuan pasang mata yang mengunjungi mereka secara gratis! Pada kebanyakan direktori artikel, anda juga diizinkan untuk menyertakan "kotak sumber daya" di mana anda dapat memasukkan rincian kontak anda, biografi sederhana dan sebagainya. Di sinilah anda benar-benar dapat memanfaatkan lalu lintas direktori artikel tersebut.

Beberapa direktori artikel yang bagus untuk anda untuk coba yaitu

a.) www.eZineArticles.com

b.) www.issue.com

c.) www.submityourarticle.com

Cara lain yang bagus untuk mendapatkan lalu lintas adalah bergabung dengan forum internet yang berbasis pada niche yang sesuai dengan anda. Untuk menemukan forum semacam ini, cukup masuk ke mesin pencari dan masukkan.

Anda juga bisa memanfaatkan teknik "blog and ping" yang semua orang bicarakan. Anda bisa melakukan ping ke banyak portal sekaligus dengan menggunakan www.pingomatic.com dan situs-situs lainnya.

Disamping itu, anda bisa melakukan Blogwalking yaitu anda dapat mengirim komentar mendalam di blog orang lain dan secara halus menyertakan tautan balik ke blog anda. Anda bisa membuatnya tampak seperti anda menunjuk ke blog anda sebagai referensi tambahan untuk subjek diskusi.

Selain itu, ada juga metode berbayar seperti membeli link dari halaman berpangkat tinggi atau memasang ruang iklan banner di situs penyedia jasa pengiklan. Satu hal yang perlu diingat saat membeli trafik berbayar adalah selalu menimbang keuntungan yang anda hasilkan dari iklan berbayar. Jika keuntungan anda tidak mengimbangi biaya, anda akan kehilangan uang, jadi pilih dengan bijak.

Bagian 7 – Mendapatkan Uang dari Blog Anda

Ketika anda telah bekerja keras untuk menghasilkan konten asli yang berkualitas baik di blog anda dan anda telah menarik jumlah lalu lintas yang layak dengan melakukannya. Namun perlu diingat, uang tidak akan keluar dari udara tipis hanya karena anda memiliki lalu lintas. Anda harus mengubah lalu lintas menjadi uang.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan keuntungan dari pengunjung blog anda, salah satunya yaitu program Adsense Google yang memungkinkan Anda melakukannya dengan mudah yaitu cukup hanya menjadi publisher dari iklan google. Pertama, kunjungi situs web mereka di http://adsense.google.com/. Mengenai penempatan iklan, bisa klik link https://www.google.com/support/adsense/bin/static.py?page=tips.html

Dengan semakin besar kemungkinan seseorang melihat iklan yang di pasang dalam blog anda, maka semakin besar, orang tersebut mengklik dan akhirnya semakin besar pula pendapatan uang yang dibayarkan ke akun google adsense anda.

Selain itu, cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari blog anda adalah dengan merekomendasikan produk ke pembaca atau pengunjung blog anda. Ketika pengunjung anda membeli dari pedagang yang anda rekomendasikan, anda akan mendapatkan komisi dari yang telah disepakati. Ini dikenal sebagai pemasaran afiliasi (Affiliate Marketing) dan sangat mudah untuk memulai karena Anda tidak perlu membuat produk atau layanan Anda sendiri.

Bagian 8 – Memperbesar Penghasilan di Blog

Pilihan pertama untuk menjadi publisher dalam beriklan, bisa melalui Chitika (www.chitika.com). Chitika adalah program periklanan kontekstual yang sangat inovatif karena bisa menyajikan iklan yang sangat detail.

Anda juga bisa menjadi affiliate untuk www.amazon.com. Amazon menawarkan berbagai macam produk. Sebagai langkah pertama, bergabunglah dengan program Associate mereka di sini: https://associates.amazon.com/gp/flex/associates/apply-login.html/

Begitu anda bergabung dengan mereka, anda bisa merujuk pengunjung ke mereka dan mendapatkan komisi hingga 10%. Ini tidak banyak tapi jika anda bisa mengatur jumlah pengunjung yang besar, penghasilan anda pun juga akan besar.

Anda dapat menggunakan template standar untuk menarik item terbaru yang sesuai dengan kriteria tertentu yang anda tetapkan, anda dapat menargetkan iklan anda untuk menampilkan barang tertentu yang sedang dijual atau anda hanya bisa hanya memasang link referral anda ke posting blog anda.

Terakhir, anda bisa menjual ruang iklan di blog anda jika blog anda benar-benar populer. Jika anda berhasil menarik lalu lintas dalam jumlah besar seperti blog itu, anda pasti bisa membuat orang membeli ruang iklan di blog anda. Semakin banyak pengunjungnya, maka semakin mahal pula harga yang bisa anda terapkan.

Untuk mengukur berapa banyak tampilan halaman dan pengunjung yang anda dapatkan setiap hari, anda bisa gunakan alat gratis yang tersedia di www.statcounter.com.

Bagian 9 – Interaksi Antar Blogger

Seiring bertambahnya konten blog anda, orang-orang di niche anda pasti akan menyebutkan anda dalam suatu diskusi cerdas atau menarik di forum-forum atau grup blog. Ini, dalam arti tertentu, merupakan inisiasi sebuah interaksi. Ketika orang berbicara tentang anda, anda harus berterima kasih atas penyebutan dan membangun interaksi!

Bila anda menggunakan skrip pelacakan lalu lintas (traffic) seperti www.statcounter.com, anda dapat melihat dari mana saja pengunjung blog anda berasal. Jika sejumlah besar pengunjung berasal dari blog tertentu, anda dapat yakin mereka telah menyebutkan anda di posting terakhir mereka atau terhubung dengan anda dari halaman sidebar atau tautan. Maka, langkah terbaik bagi anda yaitu terus membangun jaringan dengannya, dan bisa berkolaborasi kedepannya.

Itulah, 9 langkah rahasia dalam membuat blog hingga mampu menghasilkan uang dari blog. Semoga ada manfaatnya, dan jangan lupa niatkan semua untuk ibadah kepada Allah Swt, sehingga selain dapat dunia, juga dapat Akhirat nantinya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya