6 Fakta Elkan Baggott, Pemain Timnas yang Sumbang Gol di AFF

6 Fakta Elkan Baggott

Babak penyisihan AFF Championship Indonesia vs Malaysia baru saja berlangsung pada Minggu (19/12/2021). Kabar baik, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan tersebut dengan skor terakhir 4-1. Goal cantik ini diberikan oleh Irfan Jaya pada menit ke-36 dan 43, Pratama Arhan pada menit ke-50 dan ditutup Elkan Baggott pada menit ke-82.

Advertisement

Penampilan Elkan Baggott pada menit ke-46 sontak langsung menarik perhatian karena perawakannya yang tinggi dan gagah.  Elkan semakin mencuri perhatian karena sukses menjadi penyumbang terakhir di goal lawan. Yuk kita kenalan dengan sosok Elkan lebih dekat!

1. Elkan masih berusia 19 tahun, ia lahir di Thailand pada 23 Oktober 2002

Elkan Baggott berlatih sepak bola / Credit: IG Elkan Baggot

Pria yang berhasil curi perhatian karena parasnya yang tampan dan juga tingginya yang mencapai 194 cm ini ternyata masih berusia 19 tahun. Walaupun tak miliki darah Thailand, ia diketahui terlahir di negeri gajah putih tersebut. Di umur yang ke-19 tahun tersebut ia berhasil menempati posisi bek di tim nasional Indonesia.

2. Memiliki orang tua dari dua negara yang berbeda, Elkan pernah tinggal di Indonesia

Elkan Baggott di Jakarta / Credit: IG Elkan Baggot

Elkan terkenal memiliki wajah blasteran yang didapatkannya dari sang ayah. Sang ayah berasal dari negara Inggris, sedangkan ibunya merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Karena sang ibu berasal dari Indonesia, Elkan pun pernah tinggal di Tanah Air selama beberapa tahun sewaktu kecil, tepatnya Bintaro, Tangerang Selatan. Dia bahkan pernah bersekolah di British School of Jakarta hingga 2008.

Advertisement

3. Memilih menjadi WNI, Elkan Baggot diketahui telah memiliki KTP Indonesia

Elkan Baggott / Credit: IG Elkan Baggot

Elkan banyak menghabiskan waktu masa kecil di negara sang ayah, di Inggris setelah pindah dari Indonesia di umurnya yang masih muda. Namun kini diketahui Elkan memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan alasan keluarga. Selain itu, pun mengungkapkan jika ia mendapat banyak dukungan dari para penggemarnya di Indonesia, hal ini membuat Elkan merasa berada di negara sendiri. Elkan baru saja mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia pada 9 November 2021

4. Merupakan aset masa depan klub kasta ketiga Inggris, Ipswich Town. Tempatnya debut secara profesional

Elkan Baggott / Credit: IG Elkan Baggot

Elkan kini bermain untuk klub kasta ketiga Inggris, Ipswich Town yang kemampuannya telah diakui oleh berbagai pihak. Mantan Pelatih Ipswich Town, Paul Lambert, pernah melayangkan pujian pada kemampuan Elkan saat pemain Indonesia itu debut di Trofi EFL 2020-2021. Selain Lambert, mantan rekan setim Elkan, Jack Lankester, juga memuji penampilan Elkan.

5. Terkenal di media sosial Instagram, kini pengikutnya mencapai 324 ribu

Elkan Baggott terkenal di Instagram / Credit: IG Elkan Baggot

Elkan merupakan pemuda yang baru saja membangun karier sepakbola, akan tetapi ia memiliki banyak pengikut di Instagram. Instagram Elkan @elkanbaggott kini memiliki 324 ribu pengikut. Media ternama di Inggris, The Sun pernah keheranan dengan popularitas Elkan karena dia kurang begitu dikenal di Inggris.

Advertisement

6. Elkan pernah menolak untuk memenuhi panggilan perkuat Timnas Indonesia, ia telah meminta maaf

Elkan Baggott turut bermain untuk Indonesia pada AFF Suzuki Cup 2020 / Credit: IG Elkan Baggot

Elkan pernah tidak memenuhi panggilan untuk memperkuat Timnas Indonesia beberapa waktu lalu sontak hal ini menimbulkan kontroversi di Indonesia. Namun, Elkan telah menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada PSSI pada akhir Oktober 2021. Permintaan maaf itu disampaikan melalui surat yang ditujukan kepada PSSI.

Nah itu tadi beberapa fakta menarik mengenai Elkan Baggott, bek yang sukses curi perhatian dengan goal cantiknya sebagai penutup pertandingan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE