7 Pembalap Indonesia yang Berhasil Go Internasional, Ada Idolamu?

Ternyata tidak sedikit kok pembalap Indonesia yang sudah berhasil menorehkan prestasi internasional

Baru-baru ini, Jerome Polin disentil oleh pembalap Indonesia yang bernama Sean Gelael atas cuitannya di Twitter yang menanyakan perihal adakah pembalap Indonesia yang berhasil go internasional. Cuitan Jerome itu dianggap Sean tidak menghormati pembalap lainnya yang sudah berjuang mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

Advertisement

Atas cuitan yang ia lontarkan itu, yang kemudian menjadi ramai diperbincangkan di jagat maya, Jerome kemudian mengambil langkah bijak untuk segera menghubungi dan meminta maaf kepada Sean lewat DM di Instagram. Dari kejadian ini, akhirnya Jerome bisa berdiskusi dan banyak belajar dari apa yang terjadi.

Nah, buat Sobat Hipwee yang belum tahu nih siapa saja deretan pembalap Indonesia yang sudah berkiprah di dunia Internasional, yuk simak artikel dibawah ini.

1. Rio Haryanto

Pembalap Indonesia

Foto Rio Haryanto via Instagram via www.instagram.com

Rio Haryanto merupakan pembalap Indonesia pertama yang terjun di ajang balap mobil bergengsi dunia, yaitu Formula 1 pada tahun 2016 lalu. Sayangnya, ia belum mampu mencetak poin dari 12 kali balapan. Kurangnya sponsor membuat Rio harus rela untuk tidak meneruskan perjalanannya berlaga di Formula 1.

Advertisement

2. Sean Gelael

Pembalap Indonesia

Foto Sean Gelael via Instagram via www.instagram.com

Sean Gelael merupakan putra dari pembalap senior Ricardo Gelael. Ia memulai kariernya dengan mengikuti sang ayah balapan reli sebagai navigator. Berawal dari sana, ia turun di kejuaran-kejuaraan gokar baik nasional maupun internasional.

Kemudian pada tahun 2013, Sean memutuskan pindah ke Eropa untuk mengikuti kejuaraan seperti Formula 3, World Series by Renault, GP2 Series, dan Asian dan European Le Mans Series.

3. Ananda Mikola

Pembalap Indonesia

Foto Ananda Mikola via Instagram via www.instagram.com

Ananda Mikola merupakan pembalap Indonesia di A1 Grand Prix pada tahun 2005-2006. Ia sempat turun beberapa kali di kejuaraan Internasional seperti Formula Asia, Formula 3, dan Formula 3000 International. Namun kini ia memutuskan mundur dari dunia balap, dan  menjadi Wakil Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia.

Advertisement

4. Rifat Sungkar

Pembalap Indonesia

Foto Rifat Sungkar via Instagram via www.instagram.com

Rifat Sungkar merupakan Putra dari Helmy Sungkar, mantan promotor balap Nasional. Rifat sempat menjadi juara Nasional Sprint Rally 2021 lali. Ia sudah mengoleksi lebih dari lima gelar kampiun ajang ini. Pengalamannya di dunia balap ini membuatnya mendirikan sekolah mengemudi yang diberi nama Rifat Driving School. Tujuan sekolah mengemudi ini untuk mengajarkan teknik mengemudi yang baik dan benar. Wah, keren nih!

5. Doni Tata Pradita

Pembalap Indonesia

Foto Doni Tata Pradita via Instagram via www.instagram.com

Doni Tata Pradita merupakan pembalap Indonesia pertama yang mengikuti MotoGp 250 cc, Moto2, dan MotoGp 125 cc. Dari 16 lomba yang ia ikuti pada musim 2008, Doni Tata mampu mencetak 1 poin, tepatnya saat finis di posisi ke-15 GP Cina. Kemudian pada tahun 2013, ia bersama Tim Federal Oil Gresini turun di kelas Moto2 dan kembali hanya merebut 1 poin saat finis ke-15 di GP Australia.

6. Andi Gilang

Pembalap Indonesia

Foto Andi Gilang via Instagram via www.instagram.com

Pembalap yang satu ini sudah merasakan persaingan di Eropa pada tahun 2018. Di tahun 2019 ia memutuskan untuk kembali ke Asia dan berkiprah di Supersport 600 Asia Road Racing Championship (SS600 ARRC) sambil wildcard di CEV Moto2.

Hingga akhirnya ia mendapatkan kesempatan untuk berkiprah di Moto2 World Championship sepanjang 2020 di bawah naungan Idemitsu Honda Team Asia. Sayangnya, pasa 2021 ia harus turun gelanggang dan berkiprah di Moto3.

7. Alexandra Asmasoebrata

Pembalap Indonesia

Foto Alexandra Asmasoebrata via Instagram via www.instagram.com

Gak Cuma pembalap cowok ni, Indonesia juga punya pembalap cewek, lo. Cewek yang akrab disapa Andra ini punya segudang prestasi di dunia balap. Prestasi terbaiknya, yaitu Juara 1 di China Formula Campus Division dan Peringkat ke-13 di World Championship Junior Rotax MAX. Kerennya lagi ni, nama Alexandra Asmasoebrata sempat masuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai pembalap wanita pertama di Indonesia, lho.

Nah, itu dia nih beberapa pembalap Indonesia yang sudah berhasil go Internasional. Siapa lagi nih pembalap Indonesia yang kamu tahu? Dari beberapa nama diatas ada yang menjadi idolamu, nggak?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE