Bela Ria Ricis dengan Perlihatkan Bukti Transfer, Ory Vitrio: Adsense Masuk Rekening Pesantren

Adsense vlog Ria Ricis untuk pesantren

Beberapa hari belakangan, YouTuber sekaligus adik kandung Oki Setiana Dewi menjadi perbincangan publik. Ria Ricis mendapat kritikan pedas terkait konten yang dibuat sepeninggal almarhum sang ayah.  Terhitung dalam jangka waktu 3 hari sudah ada setidaknya 5 video yang ditampilkan, menggambarkan situasi pasca almarhum Suliyanto berpulang.

Advertisement

Tak sedikit yang menyayangkan tindakan perempuan berusia 25 tahun tersebut, bahkan banyak warganet yang menyebut tak etis dengan mengeksploitasi seseorang yang telah tiada. Ditambah, dalam setiap videonya disematkan adsense atau iklan yang bisa lebih dari 10. Kritik tersebut pun sampai ke anggota keluarganya. Tak mau menjadi bola panas di kalangan masyarakat, pernyataan resmi pun dikeluarkan.

Suami Oki Setiana Dewi membela adik ipar yang belakangan dihujat. Ia pun memperlihatkan buki transfer, sebagian adsense yang masuk disumbangkan ke pesantren

Tak terima Ria Ricis dihujat lantaran konten sepeninggal ayahnya, Ory Vitrio lantas memberikan pandangan. Ia pun meminta warganet untuk tenang perihal iklan. Disebutkan bahwa sejak bertahun-tahun adsense yang didapat Ria Ricis dari YouTube-nya disumbangkan untuk pesantren penghafal Quran.

Advertisement

“Pada ramai @riaricis1795 buat konten papanya meninggal. Tenang, adsense sejak bertahun-tahun lalu, masuk ke rekening pesantren penghafal Quran,” tulisnya dalam keterangan di Instagram, Senin (7/6).

Dijelaskan bahwa tak semua uang hasil konten dinikmati oleh adik ipar sendirian. Dalam kesempatan itu ia pun menunjukkan hasil transferan dari Ria Ricis sebesar Rp200 juta dalam sehari atas nama almarhum papanya kepada pesantren. Tak hanya nominal tersebut yang dipublikasikan oleh ayah empat anak ini, dalam unggahan berikutnya diperlihatan Ricis menyumbang berkali-kali dengan nilai yang sama, yakni Rp50 juta.

Advertisement

Lantas ia menegaskan bahwa unggahan tersebut hanya sebagian kecil dari sedekah yang terlihat. Ory pun menjelaskan bahwa setiap uang yang masuk ke manajemen akan dikeluarkan 10 persen atau lebih untuk sedekah kepada penghafal Quran.

“Zakatnya tentu beda lagi. Belum lagi dari rekening pribadinya. Foto ini hanya sebagian dari sedekahnya yang ketahuan. Sedekah sembunyi-sembunyinya lebih banyak,”

Di akhir penuturan, Ory Vitrio meminta doa untuk keluarganya yang masih berduka setelah kepergian sang ayah tercinta.

Ada yang menilai Ricis beruntung punya kakak ipar yang peduli. Di sisi lain menganggap bahwa konten yang diunggah pada kanal publik, berarti harus bisa terbuka dengan banyak pandangan, termasuk sebuah kritikan

Selalu ada pro dan kontra dalam sebuah peristiwa. Dalam hal ini pun tak sedikit warganet yang masih menyayangkan sikap Ricis yang dikhawatirkan mewajarkan berita duka sebagai alat untuk menerima keuntungan dari adsense. Meski demikian, pernyataan Ori Vitrio pun dinilai memberi titik terang supaya tak ada anggapan dari warganet yang berujung fitnah.

“Icis beruntung punya kakak ipar sebaik itu, mau bela adik iparnya. Jarang-jarang,” kata akau @rara***

“Menurutku bukan lebih ke riya, tapi membungkam anggapan netizen yang nggak-nggak,” kata akun lain.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE