Dukung Demo Mahasiswa, Ananda eks Banda Neira Galang Donasi Lebih 175 Juta. Langsung Dialirkan!

Ananda eks Banda Neira galang dana

Mantan personel grup band Banda Neira, Ananda Badudu, akhir-akhir ini membuat heboh warganet setelah aksinya menggalang dana guna membantu jalannya aksi massa yang dilakukan oleh ribuan mahasiswa sejak beberapa hari lalu. Sempat menuai pro kontra pada awal aksinya karena dinilai rawan disusupi oleh kepentingan tertentu, langkah Ananda Badudu untuk menggalang dana ini ternyata malah didukung oleh banyak pihak.

Advertisement

Tak main-main, dana yang berhasil dikumpulkan lebih dari 100 juta rupiah bahkan dialirkan langsung kepada para demonstran. Selain itu, ia juga mengumumkan perihal transparansi dana tersebut untuk apa saja melalui akun Twitter pribadinya. Karena aksinya tersebut, banyak yang menilai sosok Ananda adalah pahlawan demokrasi saat ini.

Pada awalnya, Ananda Badudu menggalang dana pada tanggal 22 September 2019

Ananda Badudu mengumumkan penggalangan dana via twitter.com

“Merawat harapan dengan cara apapun yang kita bisa, kalau kamu merasa aspirasi mahasiswa sejalan dengan aspirasimu, kamu bisa bantu mereka lewat crowdfunding di tautan ini ya guys”, Tulis Ananda dalam akun Twitter pribadinya

Ananda membuka penggalangan dananya tersebut melalui platform KitaBisa pada tanggal 22 September lalu. Hal itu ia lakukan sebagai salah satu figur publik untuk mendukung aksi mahasiswa di DPR yang berlangsung pada tanggal 23-24 September lalu. Adapun keterangannya, ia menuliskan bahwa dirinya mengumpulkan dana tersebut untuk menyediakan makanan, minuman, hingga perlengkapan lain seperti kendaraan untuk mobilitas serta sound system yang diperlukan oleh para demonstran ketika di lapangan.

Diketahui oleh publik bahwa Ananda Badudu ini memang seorang pemuda yang kritis dan melek akan isu-isu terkini. Aksinya tersebut juga merupakan keresahannya atas kejadian yang baru-baru ini terjadi.

Aksi massa terus bergulir, Ananda berhasil mengumpulkan lebih dari 170 juta rupiah per tanggal 24 September lalu

Total dana yang berhasil dikumpulkan oleh Ananda Badudu via twitter.com

Meski pada awalnya hanya menargetkan dana sebesar 50 juta rupiah, namun karena aksi massa yang terjadi di berbagai kota di Indonesia ini terus bergulir hingga hari ini, Ananda pun sempat memperpanjang dan membuka kembali penggalangan dana tersebut. Bahkan, hingga tanggal 24 September malam tadi, dana yang berhasil dikumpulkan oleh Ananda lebih dari 170 juta rupiah.

Aksinya tersebut pun akhirnya banyak diapresiasi oleh berbagai pihak. Tak cukup sampai di situ, beberapa orang bahkan menggunakan cara yang sama seperti Ananda untuk membantu para demonstran di kota-kota lain.

Advertisement

Tak perlu khawatir, dana yang terkumpul langsung disalurkan kepada para demonstran kok. Transparansinya pun juga diumumkan secara rinci

Aliran dana dari Ananda Badudu via twitter.com

Menanggapi aksi yang dilakukan oleh Ananda Badudu, sebelumnya memang banyak pihak yang mengkhawatirkan tentang transparansi dana yang akan dialirkan. Namun, dalam 3 hari berturut-turut ini, Ananda secara rutin mengunggah update perihal distribusi dana tersebut. Dalam beberapa cuitannya ia juga menjelaskan ke mana dana tersebut dialirkan dan digunakan untuk tujuan apa saja. Bahkan dalam keterbatasan, ia juga mengumpulkan bukti-bukti nota yang berhasil disetorkan oleh beberapa pihak yang dibantunya secara langsung.

Masing-masing kita punya cara sendiri untuk menunjukkan penolakan terhadap RKUHP ini. Dan bagi Ananda, menggalang donasi adalah salah satunya. Salut!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE