Andika Kangen Band Lanjut Kuliah di Usia 39 Tahun, Alasannya Bikin Salut!

Semangat dalam menempuh pendidikan memang nggak ada kata terlambat, apalagi jika bicara soal usia. Bagaimana pun pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan. Maka nggak heran cukup banyak orang yang rela menempuh pendidikan meski usianya nggak muda lagi. Hal ini pula yang dilakukan oleh Andika Mahesa atau dikenal juga dengan Andika Kangen Band.

Advertisement

Semangat Andika dalam menuntut ilmu memang patut diacungi jempol. Di usianya yang kini menginjak 39 tahun, ia masih semangat untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi, loh. Baru-baru ini ia memamerkan jas almamater barunya, sekaligus mengungkap pandangannya soal pendidikan dan alasannya bertekad untuk kuliah.

Andika Kangen Band ingin menjadi contoh bagaimana kemauan dan semangat nggak bisa menghalanginya untuk belajar

Andika Kangen Band lanjut kuliah

Unggahan foto Andika | Foto tangkapan layar Instagram @babang_andikamahesa

Baru-baru ini, vokalis grup musik Kangen Band ini mengunggah foto dirinya mengenakan jas almamater suatu perguruan tinggi. Ternyata ia sedang memamerkan bahwa ia telah menjadi mahasiswa baru di suatu Universitas Terbuka di Lampung. Dalam keterangan unggahan itu, Andika turut menceritakan betapa ia masih semangat untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi.

“Saya ingin menjadi contoh bagaimana kemauan dan semangat bisa menghancurkan apapun penghalang untuk belajar,” tulis Andika dalam keterangan unggahan tersebut.

Advertisement

Lebih lanjut pelantun lagu Yolanda ini juga mengungkap pandangannya soal pendidikan. Bagi Andika, kuliah adalah suatu proses untuk memperbaiki logika berpikir, bukan soal menjadi pintar dan kebanggaan bisa menyandang gelar.

“Kuliah bukan tentang menjadi pintar, bukan tentang berbangga dengan rentetan gelar, tapi lebih dari itu. Ini tentang memperbaiki logika berpikir, sekali lagi logika berpikir dan mengejawantahkannya dalam mengatasi persoalan hidup,” imbuh Andika.

Andika Kangen Band memilih Universitas Terbuka karena harus kuliah sambil bekerja

Andika Kangen Band lanjut kuliah

Momen kelulusan ujian paket C Andika | Foto dari Instagram @babang_andikamahesa

Advertisement

Ketika seseorang memiliki kemauan yang kuat untuk belajar, berbagai kendala memang seolah nggak akan menghalangi. Seperti yang diungkap oleh Andika, kondisinya yang ingin menuntut ilmu tapi harus bekerja, akhirnya membuatnya memilih Universitas Terbuka.

“Saya dan banyak orang yang bernasib sama seperti saya, kami terkendala oleh tatap muka, terhalang dengan kehadiran fisik di kampus. Ingin menjadi mahasiswa dan meraih gelar sarjana, tapi kami harus bekerja,” kata Andika.

Kondisi tersebut membuatnya semakin mantap untuk melanjutkan pendidikan, meski ia tetap harus bekerja, tapi juga tetap bisa sambil kuliah. Apalagi saat ini dunia pendidikan sangat dimudahkan dengan teknologi, sehingga bisa belajar dengan metode daring. Diketahui bahwa Universitas Terbuka memang memiliki metode belajar yang berbeda dari kampus pada umumnya, karena mahasiswa nggak harus hadir tiap hari di kampus.

Semangat Andika untuk menempuh pendidikan memang patut diacungi jempol. Belum lama ini, ia bahkan mengunggah momen kelulusannya setelah menempuh ujian paket C. Andika sama sekali nggak gengsi membagikan salah satu pencapaian hidupnya itu, meski harus mengikuti ujian penyetaraan SMA.

Kini saat ia memutuskan kuliah dan resmi menjadi mahasiswa baru, semakin banyak yang kagum dan mendukung semangat Andika itu. Nggak sedikit dukungan dari kalangan selebritas dan juga warganet yang mengungkap salut dengan pandangan Andika terhadap pendidikan. Andika dianggap sebagai contoh yang baik dalam hal semangat menempuh pendidikan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE