Ari Lasso dan Istri Beda Agama, Tetap Junjung Toleransi dalam Keluarga

Mereka bahkan membebaskan anak-anaknya dalam memilih agama

Rumah tangga Ari Lasso dan istrinya Vitta Dessy selama ini jauh dari gosip miring. Belakangan ini sang istri memang lebih banyak meluangkan waktunya untuk mengurus Ari Lasso yang baru pulih dari kanker limfoma.

Advertisement

Namun, keduanya ternyata punya kisah unik. Mulai dari tetap memutuskan berbeda agama ketika menikah sampai melangsungkan pesta pernikahan hingga tiga kali.

Kok bisa? Ari Lasso sendiri pernah membeberkannya. Yuk, simak ceritanya.

Tidak disangka dulunya ternyata Ari Lasso bukan berniat untuk mendekati Vitta Dessy, melainkan kembarannya

Ari Lasso dan Vitta Dessy

Ari Lasso dan Vitta Dessy | Credit: Instagram @vitta_dessy

Ari Lasso dan Vitta Dessy mulai menjalin hubungan sejak tahun 1996. Waktu itu, Vita ternyata juga sedang punya pacar tapi tetap melanjutkan hubungan asmaranya dengan Ari.

Advertisement

Namun, sebelum keduanya berpacaran, Ari mengaku sempat salah orang saat pedekate (pendekatan). Awalnya ia ingin menghubungi kembarannya Vitta, tapi malah kepincut sama Vita. Fakta ini ia ungkapkan saat berbincang dengan Luna Maya di salah satu video YouTube.

“Dan itu pun salah sasaran sebenarnya. Yang aku telefon, yang aku maksud itu kembarannya. Jadi, dia itu (Vitta Dessy) kembar guys,” ungkap Ari.

Pernikahan mereka tidak direstui oleh kedua orang tua karena perbedaan agama dan masa lalu Ari Lasso

Ari Lasso dan Vitta Dessy sempat tak direstui

Ari Lasso dan Vitta Dessy sempat tak direstui | Credit: Instagram @vitta_dessy

Advertisement

Ketika ingin melangkah ke jenjang yang lebih serius, hubungan keduanya ditentang oleh orang tua lantaran Ari dan Vitta beda agama. Diketahui Ari memeluk agama Kristen Protestan sedangkan Vitta menganut Islam.

Terlebih lagi saat itu Ari hanya bekerja sebagai anak band dan dikenal sebagai pengguna narkotika. Akhirnya, mereka memilih untuk menikah diam-diam pada Februari 1999.

Baca konten menarik seputar pernikahan dari bapak2ID: Dik, Ini 5 Bocoran Pernikahan Minim Drama Salah Paham dari Sudut Pandang Bapak

Imbas dari perbedaan agama, pernikahan mereka digelar sampai tiga kali

Pernikahan Ari Lasso dan Vitta Dessy digelar sampai 3 kali

Pernikahan Ari Lasso dan Vitta Dessy digelar sampai 3 kali | Credit: Instagram @vitta_dessy

Ari dan Vitta memutuskan untuk tetap menganut agama masing-masing. Akibatnya, pernikahan mereka harus digelar tiga kali di tempat dan waktu berbeda.

“Tanggal pernikahan sampai sekarang masih menjadi sengketa antara aku dan Vitta. Karena kita tiga kali menikah. Di gereja, di rumah, di catatan sipil,” cerita Ari.

Oleh karena itu, mereka selalu bingung setiap ditanya kapan merayakan anniversary pernikahan. Sebenarnya, mereka punya patokan tanggal yaitu 10 hari sebelum Valentine. Namun, tetap saja tidak ada kejelasan.

“Aku selalu menganggap tanggal 8. Tapi istriku tiap aku ucapin tanggal 8, marah. Aku ngucapin tanggal 10 juga salah. Patokannya itu kita nikah 10 hari sebelum Valentine. Sebelum Valentine itulah yang membuat muncul antara tanggal 10, 24, atau 4. Yang penting itu di Februari,” ungkap Ari.

Rumah tangga yang mereka bangun akhirnya menumbuhkan keluarga yang penuh toleransi

Keluarga lengkap Ari Lasso dan Vitta Dessy

Keluarga lengkap Ari Lasso dan Vitta Dessy | Credit: Instagram @vitta_dessy

Ari Lasso dan Vitta Dessy telah dikaruniai 5 buah hati. Ari membebaskan anak-anaknya untuk memilih keyakinan masing-masing seperti yang orang tuanya lakukan. Belakangan diketahui Ola Lasso, sang putri sulung memilih agama Katholik yang justru berbeda dari kedua orang tuanya.

Ari selalu berpegang pada prinsip bahwa toleransi beragama dalam keluarga itu penting. Justru lewat perbedaan itulah tali silaturahmi bisa semakin erat, pikirnya.

“Toleransi dalam beragama di keluarga itu penting. Karena di keluarga aku dan istri sendiri banyak saudara yang muslim. Bagi kami semua agama baik dan mengajarkan cinta kasih,” jelasnya.

Musisi ini juga berbagi pengalaman di masa lalu ketika rumahnya sering dijadikan tempat salat Ied, tarawih, bahkan ramah tamah saat merayakan Natal.

“Rumahku yang lama itu dipakai salat Ied, salat tarawih. Terus kalau Natal tetanggaku pada datang juga ngerayain di rumah itu,” kenang Ari.

Walaupun mungkin terdengar aman dan damai-damai saja, tentu butuh kedewasaan dan penerimaan yang tiada henti untuk menyatukan dua sejoli yang berbeda keyakinan ini. Salut sama toleransi yang nyata dari keluarga Ari dan Vitta!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE