Ingin Kasih 1 Cabang Usaha, Arief Muhammad Cari Kuli Bangunan yang Dipecat karena Tak Pakai Masker

Arief Muhammad cari kuli yang dipecat

Penyebaran virus corona yang meningkat di Indonesia membuat masyarakat cemas. Penerapan protokol kesehatan ditingkatkan dalam setiap lapisan, termasuk untuk mereka yang harus bekerja di luar rumah. Belakangan, ramai video di media sosial yang memperlihatkan kuli bangunan dipecat dari pekerjaannya lantaran kedapatan tak memakai masker saat bekerja.

Advertisement

Video itu pun menjadi viral ditanggapi oleh ribuan warganet. Pasalnya, alih-alih diberikan teguran atau peringatan pertama, pria tersebut justru harus rela kehilangan pekerjaan di tengah pandemi. Rupanya kasus itu sampai ke telinga pengusaha sekaligus YouTuber, Arief Muhammad. Tak berselang lama, ia mengunggah kembali dan meminta pengikutnya untuk mencari sosok yang terdapat dalam video.

Merasa iba, Arief Muhammad ingin mengajari kuli bangunan tersebut usaha dan memberikan modal secara cuma-cuma alias gratis

Melalui akun media sosial miliknya, Arief Muhammad melontarkan keinginan untuk memberikan uluran tangan kepada sosok yang ada di video. Dia meminta bantuan warganet untuk mencari tahu identitas sang pekerja supaya bisa dipertemukan. Suami Tiara Pangestika itu pengin mengajari kuli bangunan tersebut usaha, menggantikan pekerjaan yang hilang sebelumnya.

Advertisement

“Teman-teman ada yang kenal kah sama Mas di video ini? atau barangkali punya nomor yang bisa dihubungi? Kalau masnya berkenan saya mau ajarin usaha aja,” papar Arief Muhammad dikutip dari Instagramnya, Minggu (11/7).

Bukan hanya itu, sebagai pemilik usaha kuliner Arief juga menyampaikan niatnya untuk memberikan satu cabang secara cuma-cuma bagi kuli bangunan yang ada di video. Hal itu dilakukan supaya bisa berguna bagi kehidupan sang pekerja dan keluarganya dalam jangka waktu yang lama.

Advertisement

“Kasih satu cabang @acihuy.akang secara gratis. InsyaAllah berguna buat hidup Masnya dan keluarga,” papar Arief.

Sosok kuli bangunan itu dikatakan sedang proses verifikasi. Sebelumnya video pemecatan yang tersebar ditanggapi dengan pro dan kontra oleh masyarakat

Dalam video yang beredar terlihat seorang pria yang disebut pekerja proyek sedang mengemasi barang-barang ke dalam tas berwarna merah muda. Didampingi oleh petugas keamanan, dalam keterangan video dijelaskan bahwa pria tersebut dikeluarkan dari pekerjaannya lantaran kedapatan tak memakai masker. Dengan langkah linglung dan pasrah, kuli bangunan tersebut pergi.

“Kami dari tim sekuriti langsung ambil tindakan. Dikeluarkan dari proyek,” kata sekuriti.

Video yang telah ditonton oleh ratusan ribu orang dalam akun Jakarta Keras lantas menuai pro dan kontra. Tak sedikit yang menyayangkan pemecatan tersebut lantaran dianggap terlalu terburu-buru. Di sisi lain, juga juga ada yang respek dengan sikap tegas petugas perihal aturan protokol kesehatan.

“Miris ya, mereka ga tau aja kerja kuli plus pake masker itu rasanya engap,” kata akun @zidan***

“Harusnya teguran dulu jangan langsung dikeluarin, kecuali ini udah teguran ke sekian kalinya,” komentar @airotv***

“Ga tegas orang-orang pada ngeyel. Giliran tegas, jadi kasihan,” ujar salah satu akun yang kontra.

Menurut informasi yang diterima Arief Muhammad, pekerja tersebut bernama Drajat yang bertempat tinggal di Cirebon. Namun, karena tak mempunyai telepon selular proses verifikasi pun tak semudah dan secepat yang diharapkan. Semoga diberikan kemudahan untuk pencariannya, dan mas yang ada di dalam video bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE