Tepis Kabar Burung Soal Efek Samping Vaksin Covid-19, Ariel Noah Tenangkan Publik: Tidak Terbukti

ariel noah efek samping vaksin Covid-19

Menjadi artis yang ikut vaksinasi Covid-19 tahap pertama, Ariel Noah telah disuntik vaksin pada hari Kamis lalu, (14/1). Selepas mendapatkan tawaran vaksinasi, tanpa pikir panjang Ariel langsung mengambil kesempatan itu. Di tengah simpang-siur kabar tentang efek samping vaksin Covid-19, Ariel tetap mengikuti vaksinasi. Apalagi usai divaksin, Ariel menemukan kebenaran: nggak ada yang perlu dikhawatirkan soal efek samping vaksin.

Advertisement

Semenjak penyuntikan perdana vaksin Covid-19 di Indonesia dua hari lalu, polemik soal efek sampingnya bergulir panas di jagat maya. Sepintas kita tahu masyarakat terbagi menjadi dua kubu: pro dan kontra vaksin. Selama ini muncul perdebatan, vaksin memberikan efek samping yang berbahaya. Nggak sedikit orang menduga vaksin dapat menyebabkan kelumpuhan dan kematian. Bahkan warga Twitter sempat mencuitkan kalau vaksin mengubah manusia jadi titan atau raksasa pemakan manusia.

Nggak mau terjebak polemik, Ariel Noah mengikuti vaksinasi Covid-19. Setelah penyuntikan, Ariel nggak merasakan efek samping yang kerap digemborkan di media sosial

Kabar vaksinasi Ariel Noah disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Melalui akun Instagram, Kang Emil membagikan momen penyuntikan Ariel di Rumah Sakit Kesehatan Ibu dan Anak, Bandung. Alasan Ariel menerima vaksinasi karena nggak mau terjebak  polemik soal efek samping vaksin. Alih-alih terhanyut arus informasi yang ada, Ariel ingin membuktikan  sendiri kebenarannya.

Advertisement

“Setelah vaksin sebenarnya belum ngerasain apa-apa. Masih gitu- gitu aja. Tidak sakit atau efek sampingnya. Kenapa saya berani maju, karena saya tidak mau menduga-duga,” terang Ariel, dikutip dari Tempo.

Nyatanya Ariel nggak merasakan efek samping vaksin yang disebut-sebut berbahaya. Sebagai langkah antisipatif, sebelumnya Ariel berkonsultasi dengan rekan yang berprofesi sebagai tenaga medis nih. Setelah mendapatkan penjelasan yang logis soal vaksin, ia semakin yakin untuk menerima tawaran vaksinasi waktu itu.

“Begitu dengar pertama kali kata vaksin semuanya menunggu. Dikasih kesempatan bisa pertama kali dapat, saya maju duluan,” lanjut Ariel.

Advertisement

Untuk menenangkan publik, Ariel Noah meyakinkan efek samping yang beredar tidak terbukti. Ariel menyarankan, ada baiknya tanya ke ahli daripada termakan kabar hoaks

Ariel Noah disuntik vakisn Covid-19| credit: @ridwankamil via www.instagram.com

Setelah mengalami vaksinasi, Ariel mengajak publik untuk lebih tenang. Soalnya efek samping yang dikhawatirkan selama ini tidak terbukti. Makanya, Ariel meminta orang-orang nggak perlu ragu disuntik vaksin. Selain itu, Ariel menyarankan untuk bertanya terlebih dahulu kepada ahli medis. Ketimbang termakan kabar hoaks yang nggak bertanggung jawab.

“Dengan ikut serta divaksin inilah ajakan lebih nyata. Berita-berita yang beredar yang lainnya tidak terbukti efek sampingnya. Sebisa mungkin tanyakan segala sesuatu pada ahli. Jangan dengar sembarangan,” kata Ariel, dinukil dari Tempo.

Lagipula vaksin Covid-19 telah teruji Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga dua lembaga itu telah memastikan vaksin aman dari sisi ilmiah maupun keagamaan. Meskipun vaksin Covid-19 Sinovac memiliki tingkat kemanjuran atau efikasi nggak sampai 100 % yakni berkisar 65 %. Tapi angka ini terbilang tinggi karena sudah melewati standar efikasi dari WHO.

Menurut Ariel, vaksin memang nggak bikin keadaan berubah normal seperti semula. Namun vaksinasi adalah langkah awal yang patut dicoba. Vaksinasi ibarat jalan untuk mengakhiri pandemi dan membuka gerbang kemungkinan: kehidupan bisa kembali normal.

Kita memang harus pintar-pintar mencari tahu kebenaran di balik semua informasi yang beredar, ya. Jangan sampai kita menelan mentah-mentah informasi yang ada terutama soal vaksin. Nggak apa-apa lo, menanyakan kepada tenaga ahli yang berprofesional biar nggak terbawa arus informasi~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE