Armand Maulana Punya Gelar Bangsawan tapi Enggan Dipakai, ini Alasannya

Musisi Armand Maulana rupanya diam-diam punya gelar bangsawan. Selama ini ia lebih dikenal sebagai vokalis grup musik GIGI dan enggan menggunakan gelarnya.

Advertisement

Armand Maulana mengaku lebih nyaman dikenal sebagai masyarakat biasa. Maka dari itu, ia tidak mempopulerkan gelar bangsawan kesultanan Banten yang disematkan padanya.

Armand Maulana punya garis keturunan Kesultanan Banten

Alasan Armand Maulana tidak mau pakai gelar bangsawannya

Alasan Armand Maulana tidak mau pakai gelar bangsawannya | Credit: YouTube VINDES

Belum banyak yang tahu kalau pria berumur 50 tahun ini merupakan keturunan Kesultanan Banten. Armand memiliki nama lengkap H. Tubagus Armand Maulana. Gelar Tubagus disematkan karena Armand adalah salah satu keturunan bangsawan tersebut.

“Armand Maulana nama lengkapnya Haji Tubagus Armand Maulana,” ucap Desta, dikutip dari YouTube VINDES.

Advertisement

Selain enggan dipanggil dengan nama Tubagus, Armand juga menolak gelar haji miliknya diumbar-umbar.

“Nggak usah pake hajilah,” jawab Armand.

Alasan Armand Maulana tidak ingin gelar bangsawannya banyak diketahui

Alasan Armand Maulana tidak mau pakai gelar bangsawannya

Alasan Armand Maulana tidak mau pakai gelar bangsawannya | Credit: Instagram @armandmaulana04

Advertisement

Armand pun menjelaskan bahwa gelar Tubagus punya arti sama dengan gelar Raden untuk laki-laki keturunan bangsawan suku Jawa. Untuk versi perempuannya akan dipanggil Ratu, pungkas pria berdarah Sunda ini.

“Ada Tubagusnya. Kalau Tubagus kan (bangsawan) Banten. Kalau cewek (dipanggil) Ratu, kalau cowok Tubagus. Kalau di Jawa mah Raden,” ujar Armand.

Selama ini Armand tidak terlalu menonjolkan gelar tersebut sehingga Desta, sahabatnya pun baru mengetahuinya.

“Tiga puluh tahun kenal, gua baru tahu lu ada Tubagusnya. Dan akhirnya memakai nama samaran Armand Maulana,” balas Desta sambil bergurau.

Armand Maulana tidak menyamarkan namanya. Ia hanya tidak ingin dipanggil dengan nama Tubagus karena menurutnya kurang enak didengar. Apalagi saat diperkenalkan dalam acara manggung tertentu, ia lebih nyaman jika dipanggil Armand Maulana saja.

“Cuman kan nggak enak pas dipanggil, vokalis Gigi ‘Tubagus Armand Maulana’,” jawabnya.

Dilansir dari Tempo.com, gelar Tubagus berasal dari kata ‘ratu bagus’. Seiring berjalannya waktu sebutannya berubah jadi ‘Tubagus.’ Gelar ini digunakan sebagai pembeda lapisan sosial masyarakat Banten pada zaman dulu.

Gelar ini juga dihasilkan dari proses asimilasi gelar Habib (gelar untuk keturunan Rasulullah SAW). Ketika diterapkan untuk adat masyarakat Banten, sebutannya menjadi Tubagus. Gelar ini otomatis diberikan kepada orang yang punya hubungan darah dengan Kesultanan Banten.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE