Pandemi Mengkhawatirkan, Sejumlah Seleb Kembali Buka Donasi untuk Nakes dan Pasien Covid-19

Artis galang donasi untuk pandemi

Angka positif covid-19 di Indonesia kian hari kian melonjak. Pasien meninggal dunia pun kian bertambah dan fasilitas kesehatan untuk rujukan covid-19 pun semakin sesak. Bahkan rumah sakit di sejumlah kota sudah nggak bisa menampung pasien lagi. Hal tersebut tentu menjadi keprihatinan bagi semua lapisan masyarakat.

Advertisement

Kondisi ini tampaknya membuat sejumlah seleb Tanah Air kembali terketuk hatinya untuk membantu tenaga kesehatan (nakes) dan pasien covid-19 untuk bisa mendapat perawatan yang layak. Pasalnya, saat tahun 2020 lalu beberapa seleb juga pernah menggalang dana untuk membantu pemerintah mengatasi pandemi ini. Nah, kali ini sejumlah seleb juga kembali membuka donasi untuk membantu para nakes dan pasien covid-19.

1. Marshel Widianto mendedikasikan semua unggahan konten di media sosialnya untuk membantu para nakes dan pasien covid-19 serta bersedia menjadi penyalur bantuan

Komika asal Tanjung Priok ini menyampaikan keprihatinannya melalui video di Instagram pribadinya. Marshel mengungkap banyaknya follower di Instagramnya yang mengabarkan kondisi kurang baik di sekitar mereka akibat pandemi ini. Selain itu, secara terbuka Mashel menyampaikan kesediannya untuk membantu para nakes dan pasien covid-19 melalui konten-kontennya di media sosial. “Gue akan menyumbang postingan gue di YouTube, Twitter, TikTok dan juga Instagram gue untuk membantu para nakes dan pasien covid-19”, tutur Marshel dalam video yang ia unggah pada Senin (05/07).

Advertisement

Selain itu, Marshel juga mengajak seluruh pemilik produk apa pun yang bisa membantu nakes untuk turut menyumbang. ” Untuk seluruh brand yang bisa membantu gue, yang bisa memberikan karyanya entah itu masker, susu, vitamin, ambulas dan sebagainya yang diperlukan nakes dan juga sobat covid,” imbuh Marshel. Selain itu, ia juga secara terbuka bersedia mnjadi perantara bagi siapa saja yang ingin menyumbang dalam bentuk dana.

Diketahui sebelumnya, bahwa Marshel juga seorang penyitas covid pada Mei 2021 lalu. Sehingga Marshel cukup memahami situasi saat ini yang sedang darurat dan butuh pertolongan berbagai pihak. Di akhir video tersebut, Marshel mengajak warganet untuk turut membantu aksinya dengan meminta mereka untuk menandai berbagai pihak yang mungkin bisa menyumbangkan produk-produk yang dibutuhkan nakes. Bagi kamu ingin turut berpartisipasi dalam aksi solidaritas ini, sila hubungi Marshel melalui unggahan di media sosialnya.

“Mudah-mudahan ini menjadi hal yang terbaik untuk kita semua, mudah-mudahan akan ada impact-nya, setidaknya kita berjuang dulu. Kita yakin bisa melewati ini semua,” ujar Marshel.

Advertisement

2. Rachel Vennya terketuk menggalang dana untuk nakes dan masyarakat dalam menghadapi pandemi covid-19

Donasi yang diinisiasi Rachel Vennya | Credit by Rachel Vennya on kitabisa.com

Selebgram sekaligus pengusaha ini memang sudah langganan melakukan aksi solidaritas dengan menggalang dana untuk membantu berbagai kesulitan di masyarakat. Kali ini Rachel kembali menggandeng Kitabisa untuk membuka donasi guna membantu para nakes, pasien dan masyarakat secara luas dalam menghadapi pandemi ini.

Dalam keterangan di laman Kitabisa, Rachel mengaku prihatin karena banyak follower yang meminta bantuannya untuk menyebarkan kondisi darurat berbagai kebutuhan penanganan pasien. “Banyak yang DM (direct message) mulai dari minta toloh share buat kebutuhan pasien kayak bed rumah sakit, ruang ICU, tabung oksigen, sampai donor konvalesen. Aku jadi mikir apa yang bisa aku lakuin buat bantu keadaan ini?,” ujar Rachel di kutip dari Kitabisa.

Akhirnya Rachel memutuskan membuka donasi untuk membantu sejumlah rumah sakit yang membutuhkan tambahan fasilitas perawatan pasien, membantu para nakes dan masyarakat yang terdampak pandemi. Hingga saat ini, Rachel sudah berhasil mengumpulkan dana lebih dari Rp360 juta yang didapat dari 10553 donasi. Buat kamu yang ingin turut membantu dan berdonasi melalui platform yang digagas oleh Rachel, sila klik tautannya di sini.

3. Maia Estianty, Cathy Sharon dan teman-temannya membuka donasi untuk membantu nakes dan memperbanyak titik vaksin untuk masyarakat

Kondisi pandemi yang kembali memburuk membuat Maia dan Cathy merasakan keprihatinan saat melihat para nakes bekerja keras menyelamatkan pasien, fasilitas kesehatan yang kian menipis dan sulitnya mendapat vaksin di sejumlah daerah. Melalui yayasan Anak Bangsa Peduli yang merupakan gabungan dari tim Maia dan tim Cathy ini, mereka kemabali melakukan penggalangan dan untuk membantu nakes dan pasien covid-19.

Sebelumnya, yayasan ini telah berhasil menyalurkan bantuan APD untuk 203 rumah sakit saat awal pandemi 2020 lalu. Penggalangan dana saat ini, mereka fokuskan untuk membantu memenuhi kebutuhan yang menunjang kesehatan dan kinerja nakes serta memperluas titik vaksin yang bisa diakses masyarakat. Hingga saat ini, donasi yang berhasil terkumpul mencapai Rp443 juta dari target awal Rp1 miliar. Jika kamu ingin ikut berdonasi melalui yayasan yang diinisiasi Maia dan Cathy, sila klik tautannya di sini.

Semoga menghadapi pandemi dengan cara saling membantu sesama seperti ini bisa membuat kita semua lebih kuat menghadapi pandemi ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE