Artis Indonesia yang Paling Banyak Mendapat Penghargaan. Bertalenta!

Salah satu cara mengapresiasi karya dan kemampuan para seniman adalah dengan menganugerahi mereka piala penghargaan. Selain mendukung, penghargaan itu juga sekaligus menjaring pasar baru agar nama mereka semakin dikenal luas.

Advertisement

Deretan artis Indonesia di bawah ini sukses memboyong banyak sekali piala penghargaan atas kemampuan mereka di bidang masing-masing. Ada siapa aja? Berikut ini daftar lengkapnya.

1. Raisa Andriana sudah menyabet total 56 penghargaan dalam bidang musik. Tujuh belas di antaranya berasal dari AMI Awards

Penghargaan Raisa Andriana

Penghargaan Raisa Andriana | Credit: Instagram @raisa6690

Penyanyi Raisa Andriana mulai dikenal publik sejak lagu debutnya yang berjudul Serba Salah. Selama berkarier dari tahun 2011, ia sudah memboyong total 56 penghargaan musik. Penghargaan paling banyak datang dari ajang musik paling bergengsi di Indonesia, Anugerah Musik Indonesia (AMI Awards). Tahun 2021 saja Raisa memborong tiga penghargaan untuk kategori Karya Produksi Terbaik, Album Terbaik, dan Artis Solo Wanita Pop Terbaik.

2. Isyana Sarasvati pernah mendapat penghargaan internasional dari Mnet Asian Music Award

Penghargaan Isyana Sarasvati

Penghargaan Isyana Sarasvati | Credit: Instagram @isyanasarasvati

Penyanyi Isyana Sarasvati berhasil membuktikan kemampuan bernyanyinya dengan memborong total 35 penghargaan selama berkarier. Tidak hanya dari Indonesia, Isyana juga mendapat pengakuan dari internasional. Tahun 2016 ia meraih penghargaan Mnet Asian Music Award (MAMA) untuk kategori Female Singer of The Year dan 2017 untuk kategori Best Composer of The Year.

Advertisement

3. Anggun Cipta, penyanyi Indonesia pertama yang mendunia

Penghargaan Anggun Cipta

Penghargaan Anggun Cipta | Credit: Instagram @anggun_cipta

Sejak memutuskan untuk go international, Anggun Cipta makin melebarkan sayap kariernya. Total 26 penghargaan sudah ia kantongi. Beberapa di antaranya merupakan penghargaan bergengsi di dunia seperti World’s Best Selling Indonesian Artist 2014 dari World Music Awards dan The Woman Inspire Award 2002 oleh Beacon of Light Awards.

4. Meski tidak pernah jadi tujuan, Agnezmo sukses memboyong 194 piala selama berkarier

Rak piala Agnezmo

Rak piala Agnezmo | Credit: Instagram @agnezmo

Penyanyi Agnezmo menuai decak kagum setelah mengungkap deretan piala yang ia dapatkan sebagai penyanyi. Ia berhasil meraih penghargaan dalam negeri seperti AMI Awards dan Panasonic Gobel Award. Di luar negeri pun Agnezmo diakui lewat sederet penghargaan seperti iHeart Radio Music Social Award tahun 2019, Artis Asia Terbaik dari Indonesia dari MAMA tahun 2012 dan 2017.

5. Ayu Ting Ting sukses memboyong 10 penghargaan sebagai penyanyi dangdut

Penghargaan Ayu Ting Ting

Penghargaan Ayu Ting Ting | Credit: Instagram @ayutingting92

Nama Ayu Ting Ting bisa dijadikan salah satu penyanyi dangdut yang membuktikan kebolehannya lewat prestasi. Ayu berhasil meraih total 10 penghargaan lewat kemampuan bernyanyinya. Tahun 2021 lalu ia memenangkan penghargaan Artis Solo Pria/Wanita/Grup/Kolaborasi Dangdut Elektro Terbaik dari AMI Awards.

Advertisement

6. Raffi Ahmad meraih penghargaan pembawa acara terbaik 5 tahun berturut-turut

Penghargaan Raffi Ahmad

Penghargaan Raffi Ahmad | Credit: Instagram @raffinagita1717

Sepak terjang Raffi Ahmad dalam dunia presenter jangan diragukan lagi. Apalagi sempat terungkap jumlah honor Rp5,5 miliar per 45 menit nge-host  yang ia dapatkan. Tidak heran, selama perjalanan kariernya, Raffi sukses mengantongi total 83 penghargaan. Ia juga dinobatkan sebagai pembawa acara terbaik lima tahun berturut-turut dalam ajang Panasonic Gobel Award (2013-2017).

7. Prilly Latuconsina sukses menyabet penghargaan di usia muda

Penghargaan Prilly Latuconsina

Penghargaan Prilly Latuconsina | Credit: Instagram @prillylatuconsina96

Aktris Prilly Latuconsina adalah salah satu insan muda perfilman Indonesia yang punya prestasi mengagumkan. Di umurnya yang masih 25 tahun, Prilly sukses menyabet total 20 penghargaan. Di antaranya yaitu Aktris Favorit Panasonic Gobel Award 2017 dan Aktris Terfavorit Pilihan Penonton dari Piala Citra 2021.

8. Rizky Febian  kantongi total 12 piala penghargaan

Penghargaan Rizky Febian

Penghargaan Rizky Febian | Credit: Instagram @rizkyfbian

Rizky Febian membuktikan dirinya bisa sukses tanpa dibayang-bayangi nama besar sang ayah, Sule. Lewat dunia tarik suara, Rizky Febian sudah menyabet total 12 penghargaan. Selain AMI Awards, Rizky juga jadi Artis Asia Terbaik dari Indonesia oleh MAMA 2020.

9. Christine Hakim didaulat sebagai aktris penerima Piala Citra terbanyak sepanjang sejarah

Penghargaan Christine Hakim

Penghargaan Christine Hakim | Credit: Instagram @christinehakimofficial

Aktris senior Christine Hakim merupakan langganan pemenang Piala Citra dari ajang bergengsi Festival Film Indonesia. Total 10 penghargaan yang ia raih dan semuanya berasal dari kategori Pemeran Utama Terbaik. Legend!

10. Tidak hanya di Indonesia, mancanegara juga mengakui kehebatan akting Reza Rahadian

Penghargan Reza Rahadian

Penghargan Reza Rahadian | Credit: Instagram @officialpilarez

Aktor berbakat satu ini sudah malang melintang di berbagai genre film Indonesia. Selama kariernya itu, ia sudah meraih total 41 piala penghargaan. Tiga di antaranya merupakan Piala Citra. Ia juga pernah didaulat sebagai Aktor Terbaik oleh Asia Pacific Film Festival tahun 2017.

Wah, kemampuan dan kerja keras artis Indonesia ini memang layak diberikan penghargaan. Semoga karier mereka semakin cemerlang dan terus menginspirasi warga Indonesia ya!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung