7 Artis Korea yang Tersandung Skandal hingga Pengaruhi Karier. Terbaru Kim Seon-ho

Artis Korea tersandung skandal

Gemerlapnya dunia hiburan Korea Selatan seakan menuntut semua artis yang ada di sana untuk selalu sempurna. Jika artis Korea yang tersandung skandal maka akan sangat berpengaruh pada keberjalanan kariernya. Sanksi yang diterima mulai dari hujatan, pengurangan jam tayang di televisi, dibatalkannya berbagai kontrak hingga dipaksa vakum dari dunia hiburan.

Advertisement

Berbagai macam sanksi yang membayangi membuat artis Korea sangat menjaga image-nya. Akan tetapi sebaik-baiknya mereka menjaga image, tuduhan bisa tetap terjadi. Seperti yang baru saja dialami oleh Kim Seon-ho, pemeran Hometown ChaChaCha yang tersandung skandal dimana ia menyuruh pacarnya untuk aborsi. Selain Seonho, berikut beberapa artis Korea yang pernah tersandung kasus skandal yang berdampak pada kariernya.

1. Kim Seon-ho yang harus rela kariernya meredup karena skandal aborsi


Setelah menyelesaikan perannya di  drama Hometown ChaChaCha, aktor Kim Seon-ho tersandung skandal. Ia dituduh menjadi pemilik inisial aktor K yang memaksa kekasihnya berinisial A untuk melakukan aborsi. Tak membantah, pada Rabu (20/10), Kim Seon-ho membenarkan tuduhan tersebut.

Advertisement

Buntut dari skandal aborsi yang menyeret namanya, Kim Seon-ho dipastikan tidak lagi terlibat dalam beberapa proyek film mendatang. Mulai dari film 2 O’clock Date, Dog Days hingga Sad Tropical. Tak hanya drama, ia turut meninggalkan program hiburan 2 Days 1 Night yang tayang di KBS2 serta putusnya kontrak dari berbagai macam brand.

2. Dikenal sebagai sad boy, Ji Soo harus rela akhiri kontrak karena kasus bullying-nya semasa sekolah

View this post on Instagram

A post shared by Jisoo (@actor_jisoo)

Advertisement


Peran aktor Ji Soo pada River Where the Moon Rises (2021) harus digantikan karena kasus pelecehan seksual dan perundungan yang dilakukannya ketika masih duduk di bangku sekolah. Setelah terkena skandal ia dituntut ganti rugi pada rumah produksi Victory Contents karena diduga menyebabkan kerugian sebesar 3 miliar won (sekitar Rp38 miliar). Tak perlu menunggu lama kontrak eksklusifnya dengan  KeyEast Entertainment juga harus berakhir.

3. Terkenal sebagai salah satu tokoh di drama Nevertheless ternyata peran Kim Min-gwi telah dikurangi karena skandal perselingkuhan dan pelanggaran protokol kesehatan


Aktor Kim Min-gwi yang berperan sebagai Nam Gyu-hyun di Nevertheless sempat menjadi perbincangan karena perbuatannya di masa lalu. Berawal dari sebuah unggahan, seseorang mengungkapkan tudingan bahwa salah satu aktor drama Nevertheless telah berselingkuh, bersikap kasar, dan melanggar protokol kesehatan.

Kontroversi itu pun menjadi viral, hingga akhirnya Kim Min-gwi membuat surat permohonan maaf. Aktor kelahiran 1994 itu mengakui kesalahannya terkait selingkuh namun tidak dengan pelanggaran karantina saat dinyatakan positif Covid-19 pada bulan Mei. Hal ini berimbas pada durasinya di Nevertheless yang dipotong.

4. Melakukan pelecehan seksual pada dua wanita, Kang Ji-hwan dijatuhi hukuman penjara selama 3 tahun


Pada 2019, Kang Ji-hwan ditangkap atas tuduhan pelecehan seksual terhadap dua wanita, salah satunya merupakan staf agensinya sendiri. Aktor 43 tahun ini sempat membantah tuduhan tersebut tapi akhirnya dia mengakuinya. Usai terbukti melakukan pelecehan seksual. Kang Ji-hwan dijatuhi hukuman percobaan selama tiga tahun oleh Mahkamah Agung Korea Selatan. Pemutusan kontrak langsung terjadi mulai dari drama Joseon Survival (2019), juga dari agensi Huayi Brothers Korea yang menaunginya.

5. Vonis 6 tahun penjara diberikan pada penyanyi Jung Joon-young karena kasus pemerkosaan

Penyanyi dan bintang reality TV Jung Joon-young mundur dari dunia keartisan setelah terungkap skandal kalau dia diam-diam merekam aktivitas seksnya bersama beberapa wanita, video itu lalu disebar di grup chat online. Setelah mengakui perbuatannya, agensi MAKEUS Entertainment, langsung memutus kontrak pada 13 Maret 2019. Bahkan tak hanya sanksi sosial, ia juga dikenai hukuman penjara terkait kasus pemerkosaan.

Diketahui ia melakukan asusila tersebut tanpa persetujuan.  Ia juga mendapatkan hukuman 6 tahun penjara karena melakukan pemerkosaan terhadap orang yang tidak bisa melawan.

6. Terkenal memainkan berbagai drama dan juga film, Seo Yea-Ji pernah tersandung kasus gaslighting dan berperilaku buruk pada mantan kekasih


Buntut dari kasus ini adalah  Seo Yea-ji yang memutuskan untuk mundur dari perannya di drama OCN, Island. Kontroversi yang menimpa Seo Yea-ji berawal dari dugaan mengendalikan mantan kekasih, aktor Kim Jung-hyun pada 2018 lalu. Kasus ini diketahui dari pesan singkat Seo Yea-ji dan Kim Jung-hyun yang tersebar di media.

Telah ada sejumlah perusahaan dan label sudah memutuskan hubungan kerja dengan bintang drama Korea It’s Okay to Not Be Okay itu. Termasuk sejumlah merek kosmetik seperti LUNA, Inner Flora, dan AER sudah menghapus semua konten yang terkait dengan Seo Yea-ji di situs online maupun media promosi lainnya. Setelah rehat dua bulan kini ia telah kembali ke dunia hiburan.

7. Kasus Shin Jimin, mantan anggota idol group yang tersandung kasus perundungan, kini ia telah mundur dari dunia hiburan


Sikap bully Jimin terungkap karena unggahan Mina di Instagram pada 3 Juli 2020. Dalam curhatannya, mantan personel AOA itu mengungkap bagaimana ia bertahan menjadi korban bullying Jimin selama 10 tahun. Mina turut menceritakan tentang percobaan bunuh diri yang dilakukannya karena perundungan tersebut. Setelahnya ia langsung mundur dari dunia hiburan.

Di Korea Selatan ketika seorang artis terkena kasus maka akan sangat berpengaruh dengan perjalanan kariernya. Bahkan tak jarang dari mereka memutuskan untuk mundur dari dunia hiburan untuk selamanya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE