Jarang Muncul di Dunia Hiburan, 6 Artis ini Putuskan Jadi Peternak dan Petani. Investasi Masa Depan!

Artis pilih jadi petani

Menjadi seorang figur publik bagi sebagian orang memang menyenangkan. Apalagi jika berada di puncak popularitas di mana tawaran pekerjaan akan datang dengan sendirinya. Namun, ketenaran yang dimiliki tak selamanya menjamin hidup. Maka artis pun perlu berputar otak untuk menghasilkan bisnis lain sebagai investasi jangka panjang.

Advertisement

Hal inilah yang dialami beberapa artis di Indonesia. Mereka memilih vakum dari gemerlapnya kehidupan figur publik dan memilih menekuni usaha lain yang lebih disukai dan menjanjikan. Beberapa artis ini justru terlihat menyibukkan diri dengan profesi yang baru. Mulai dari bertani hingga berternak hewan misalnya, mereka mencoba peruntungan dengan bercocok tanam di kampung halaman. Lantas, siapa saja daftar artis Indonesia yang banting setir menjadi petani? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Setelah mundur dari Opera Van Java (OVJ), Azis Gagap memilih pulang kampung untuk budidaya hewan ternak sekaligus bertani

Sempat mengumumkan mundur dari industri hiburan, diketahui Azis Gagap kini lebih fokus untuk mengelola peternakan dan pertaniannya. Azis ternyata memiiki beberapa kolam budidaya ikan lele, nila dan gurame untuk dijual.

Advertisement

Pemilik nama lengkap Muhammad Azis ini diketahui punya pondok pesantren yang juga membuka ternak sapi potong, termasuk untuk penyediaan hewan kurban. Ia juga mengelola pertanian untuk membantu perekonomian pondok pesantrennya. Menariknya, para santri diberi kegiatan menanam pohon kamboja dan tanaman hias lain untuk dibudidaya kembali.

2. Aktor yang melejit ketika membintangi Wiro Sableng tahun 1990-an. Ken Ken kini lebih senang menjadi petani sayuran di kampung halaman

Ken Ken menjadi petani | Credit: Tabloidsinartani

Pemilik nama lengkap Herning Sukendro ini mulai melejit sejak membintangi “Wiro Sableng”. Saat menjadi artis ia sempat terjerumus dengan obat-obatan terlarang. Ia pun sempat bangkrut hingga berutang sana-sini untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Beruntungnya dengan niat yang kuat, ia mampu bangkit dari keterpurukan. Kini ia sukses menjadi petani di sebuah desa terpencil wilayah Cimande, Caringin, Bogor.

3. Komedian Akri Patrio telah meninggalkan industri hiburan dan beralih sebagai seorang pendakwah. Ia juga diketahui berternak di tempat kelahirannya

Akri Patrio bertani | Credit: Instagram

Advertisement

Akri dikenal sebagai anggota dari grup lawak Patrio yang juga beranggotakan Parto dan Eko. Pemilik nama asli Muhammad Akari Falaq itu memutuskan pensiun dari dunia hiburan dan banting stir menjadi seorang pendakwah. Diketahui, Akri saat ini juga fokus mengurusi hewan ternaknya mulai dari mencari pakan ternak hingga membersihkan kandang.

4. Aktor senior Mark Sungkar lebih memilih pindah ke daerah Puncak dan menggeluti dunia pertanian hidroponik

Ayah Shireen dan Zaskia Sungkar ini sebenarnya sudah dikenal sebagai pejuang bagi pertanian di Indonesia. Ia telah terjun ke budidaya tanaman sejak usianya yang masih muda, yakni 25 tahun. Setelah vakum dari industri hiburan, ia langsung fokus ke bidang yang disenanginya tersebut. Setelah pernikahan ketiganya, Mark memutuskan pindah ke wilayah Puncak menggeluti dunia petani dan budidaya tanaman hidroponik.

5. Penyanyi dangdut Novi Listiana lebih memilih beralih profesi sebagai petani. Ia pun kerap aktif membagikan kegiatan di TikTok pribadi

Novi Litiana bertani | Credit: TikTok

Penyanyi dangdut yang mulai merintis karier sejak 2014 ini akhirnya putuskan untuk menjadi petani di Boyolali, Jawa Tengah. Dikatakan bahwa keputusan ini membuat dirinya lebih bahagia. Novi juga memantapkan diri mengubah penampilan dengan memakai hijab. Aktivitas yang kerap ia bagikan ke TikTok bahkan disambut dengan respons positif. Terhitung, kini ia telah mempunyai lebih dari 241,1 ribu pengikut.

6. Semenjak pandemi Covid-19. Narji Cagur memutuskan untuk menjadi petani. Bahkan ia telah mempunyai investasi tanah di Pekalongan

Pelawak yang dikenal sebagai anggota grup Cagur, kini lebih berfokus untuk menjalani profesi baru. Ia disibukkan dengan bertani sayur-sayuran dan mendalami budidaya tanaman hias. Sayuran yang ditanam Narji dan tetangganya di Pekalongan sempat ia unggah melalui kanal YouTube miliknya. Dikatakan, jika Narji mendapat keuntungan sekaligus kesenangan dari pekerjaan barunya tersebut.

“Karena itu satu sektor yang membuat saya senang badan bergerak, kena udara, keluar keringat, hasilnya bisa dinikmati untuk kebutuhan sehari-hari,” pungkasnya seperti dikutip dari Insertlive, Selasa (28/9).

Nah, itu dia deretan artis Tanah Air yang memutuskan untuk menjadi peternak dan petani. Meski berbeda dengan profesinya dahulu, usahanya kali ini justru membuat mereka jauh lebih senang dalam menikmati hidup. Mereka juga membuktikan bisa menjadi petani sukses jika mau berusaha. Sukses terus ya!

Baca sepuasnya konten-konten eksklusif Hipwee, bebas dari iklan, dengan berlangganan Hipwee Premium.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE