Artis-artis ini Serukan Dukungan untuk Ukraina yang Berkonflik dengan Rusia

Mereka prihatin dengan rakyat sipil yang turut jadi korban

Konflik Rusia dan Ukraina semakin memanas apalagi ditambah dengan serangan militer pada Kamis (24/2). Tentunya hal ini memicu ketegangan baik antar kedua negara maupun secara internasional.

Banyak korban sipil yang berjatuhan di Ukraina memicu beberapa selebritas turut mengungkapkan keprihatinannya. Beberapa dari mereka mengutarakan hal tersebut melalui media sosialnya dan berharap kedamaian lekas terwujud.

Selebritas tersebut diantaranya Angelina Jolie, Choi Siwon dan juga Cardi B. Apa saja yang mereka sampaikan? Simak artikel di bawah ini.

ADVERTISEMENT

1. Angelina Jolie berusaha pastikan perlindungan untuk para pengungsi

Seleb yang bereaksi terhadap serangan Rusia ke Ukraina

Angelina Jolie / Credit: IG Angelina Jolie

Angelina Jolie diketahui sebagai duta organisasi pengungsi PBB, UNHCR turut menyuarakan suaranya di Instagram. Ia berdoa untuk keselamatan orang-orang Ukraina yang kini sedang dalam keadaan chaos. 

“Seperti kalian semua, saya berdoa untuk orang-orang di Ukraina,” tulis Angelina Jolie, Jumat (25/2) waktu setempat.

Selanjutnya, ia akan melakukan kerja sama dengan dengan United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) dalam memberikan perlindungan kepada para korban perang.

“Fokus saya bersama rekan-rekan UNHCR bahwa segala kemungkinan dilakukan untuk memastikan perlindungan dan hak asasi bagi mereka yang terlantar dan para pengungsi di wilayah tersebut,” kata Jolie.

“Kami telah menerima laporan korban dan orang-orang mulai meninggalkan rumah untuk mencari perlindungan,” sambung aktris dan juga ibu dari 6 anak tersebut. Ia kemudian menutup pernyataannya dengan mengingatkan tentang hukum internasional yang berlaku.

“Ini terlalu dini untuk mengetahui apa yang akan terjadi, tetapi pentingnya momen ini – untuk masyarakat Ukraina dan aturan hukum internasional – tidak dapat dilebih-lebihkan,” tutup Jolie.

ADVERTISEMENT

2. Siwon suarakan anak-anak Ukraina yang butuh perdamaian

Sebelumnya  Choi Siwon yang juga duta PBB untuk masalah anak-anak UNICEF, mengunggah video yang menyorot akibat dari serangan itu. Di video itu memperlihatkan, tiga hal yang dilakukan UNICEF untuk mendukung anak-anak Ukraina.

Dalam video terlihat pihak UNICEF memastikan kesediaan air bersih, pemenuhan kesehatan dan mengusahakan sekolah-sekolah darurat, serta memberikan layanan konseling psikologis bagi anak-anak. 

Tak lupa di kolom caption Siwon menyertakan pesan pada dunia perihal anak-anak di Ukraina.

Choi Siwon mengambil kalimat penting di akhir video itu untuk dipindahkannya di keterangan unggahan di akun Instagramnya, beberapa jam lalu. “Anak-anak Ukraina sangat membutuhkan perdamaian sekarang,” tulisnya pada Jumat (25/2)

ADVERTISEMENT

3. Cardi B yang minta pemimpin dunia berhenti salah gunakan kekuasaan

Seleb yang bereaksi terhadap serangan Rusia ke Ukraina

Cardi B ingin pemimpin dunia hentikan penyalahgunaan kekuasaan / Credit: Twitter Cardi B

Menanggapi situasi yang terjadi, Cardi B menegaskan bahwa pemimpin dunia harusnya lebih mementingkan dampak dan kesulitan yang tengah dihadapi masyarakat dunia saat ini. Menurutnya, lebih baik mengesampingkan ego untuk berperang atau bertikai yang hanya menimbulkan beban dan kekacauan.

“Semoga para pemimpin dunia ini berhenti menyalahgunakan kekuasaan dan mulai berpikir tentang siapa yang benar-benar merasakan dampaknya (rakyat),” kata penyanyi asal Amerika tersebut.

Di akhir cuitannya ia menegaskan kalau perang, sanksi hingga invasi merupakan hal yang harusnya dipikirkan terakhir oleh para pemimpin dunia.

“Perang, sanksi, invasi harus menjadi hal terakhir yang harus dikhawatirkan oleh para pemimpin ini,” demikian tweet Cardi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung