Videonya Menegur Seorang Kakek Viral, Baim Wong: Kalau Ada yang Tak Suka, Saya Minta Maaf

Baim Wong klarifikasi marahi kakek

Di tengah kebahagiaan keluarga Baim Wong usai putra keduanya lahir, aktor berusia 40 tahun tersebut justru mendapat pro kontra atas salah satu video yang diunggah ke YouTube. Dirinya ramai diperbincangkan usai dinilai tak sopan menegur seorang kakek yang meminta bantuan.

Advertisement

Potongan video itu pun dikritik warganet, pasalnya wajah sang kakek terekam kamera untuk kepentingan YouTube Baim Wong. Terlebih, ia terlihat mengabaikan pria tua tersebut. Suami Paula Verhoeven ini justru membagikan uang kepada sejumlah pengemudi ojek online dengan menyebut “Nih kerja kasih duit, kerja kasih duit. Jangan ngemis,” tutur Baim Wong dalam video miliknya. Warganet pun geram hingga membuat nama Baim menjadi trending topic di media sosial Twitter.

Sadar dirinya menuai hujatan, Baim Wong pun memberi klarifikasi. Menurutnya, jika orang-orang berada di posisinya, mungkin perspektif mereka akan berbeda

View this post on Instagram

A post shared by baim wong (@baimwong)

Melihat sang istri menjadi sasaran hujatan warganet, Baim merasa iba hingga mengungkapkan hal yang tak terekam kamera. Ia bercerita bahwa kala itu tengah mengajak putra sulungnya, Kiano Tiger Wong, berjalan-jalan dari rumah sakit.

Advertisement

Menurutnya, pria tua tersebut sudah mengikuti dari belakang. Pemain film “Bebas” ini sebenarnya sudah menegur si kakek untuk tidak meminta uang dengan cara seperti itu. Tapi kakek itu bersikukuh untuk meminta bantuan dengan berteriak “Baim minta uang dong, Baim minta uang dong”, sembari mengikuti motor yang ia kendarai.

“Tiba-tiba mendekati saya pakai motor dan itu mepet. Kita lagi jalan dan dia mepet kita, bahaya banget, ya. Saya lagi bawa anak lagi. Dan tiba-tiba minta uang, duh ampun. Kalau misal kalian ada di posisi saya, mungkin persepsinya akan beda banget, sih, melihat kejadian ini. Sangat berbeda lah dari cara dia ngomong, dari cerita dia minta, itu enggak banget sih,” pungkas Baim melaui unggahan di Instagram, Senin (11/10).

Advertisement

Melanjutkan, Baim tegaskan kalau tak suka ketika ada yang meminta karena dirinya dikenal suka berbagi rezeki. Ia pun lebih memilih menggubris seseorang yang memperlihatkan kelemahan untuk mendapatkan uang. Menurutnya, di luar sana banyak yang lebih tua dan punya kekurangan, tetapi punya daya juang lebih tinggi untuk bekerja demi mendapatkan rezeki.

“Menjadikan kelemahan untuk meminta uang sama saya. ‘Saya 77 tahun, saya sudah tua minta duit dong’ kayak gitulah istilahnya. Saya ngelakuin semuanya dengan hati, toh itu uang, uang saya juga. Itu persepsi saya. Mau enggak diterima, saya bilang nggak apa-apa. Tapi kembali saya tidak menyesali apa yang saya lakuin, beneran. Tapi kalau misalnya, ada pihak-pihak yang tidak suka, saya minta maaf. Menjadi diri saya apa adanya, enggak mau munafik,” sambungnya.

Pilih tak memberi bantuan memang sepenuhnya hak YouTuber ini. Namun, yang disayangkan warganet adalah ucapannya hingga mengunggah wajah si kakek ke dalam video

Sebelumnya, video yang viral menunjukkan perkataan Baim Wong yang terdengar kurang mengenakkan kepada pria tua. Dijelaskan bahwa sang kakek mengikuti lumayan jauh dari rumah sakit ke tempat tinggal. Setelah sampai, berselang 10-15 detik kakek tersebut muncul lagi untuk meminta uang. “Terus apa hubungannya sama saya, ngejar-ngejar saya minta uang. Mengikuti sampai berapa kilo tadi? Ngapain?,” tegas Baim.

Pria tua itu pun menjawab butuh dana untuk membantu jualan. “Minta dana saja untuk bantu jualan saya, saya jualan ini,” kata si kakek. “Jangan, ngapain ngemis-ngemis gitu,” timpal Baim Wong.

Usai mengatakan hal tersebut, ayah Kiano ini membagikan uang ke pengemudi ojek online yang ada di sekitar. Dia mengatakan driver ojol justru mau bekerja bukan untuk minta-minta. Pernyataan dan sikap itulah yang memantik amarah warganet. Tak sedikit yang menilai jika tak ingin memberikan bantuan, alangkah baiknya tak perlu mengucapkan hal semacam itu hingga diunggah untuk keperluan pribadi di YouTube.

Akibat peristiwa ini, banyak orang yang membuka donasi untuk pria tua itu. Salah satunya datang dari Uncle Teebob. Dalam keterangan di Instagram, pemilik nama asli Tubagus Zainal Arifin mengatakan sudah mendapat alamat orang terkait hingga membantu pengobatan kaki sang kakek bernama Suhud. Hingga kini dana yang terkumpul sudah mencapai Rp7 juta.

“Jangan memberi makan pada orang yang kekeyangan di depan orang kelaparan,” tutup Uncle Teebob dalam keterangan di Instagramnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE