Musisi Ternama Billie Eilish Ungkap Dirinya Idap Sindrom Tourette. Begini Penjelasan dan Pengobatannya

Billie Eilish Sindrom Tourette

Setiap hari ada saja hal baru yang mencuat dan jadi perbincangan publik. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan publik adalah penyakit sindrom Tourette yang diderita oleh penyanyi kenamaan Billie Eilish.

Billie Eilish, penyanyi asal Amerika Serikat adalah musisi yang terkenal dengan karya-karyanya yang menyentuh dan mengangkat isu anak muda hari ini. Namanya semakin dikenal setelah ia menorehkan sejumlah prestasi berkat musik yang ia ciptakan. Di balik kesuksesan dan kharismanya sebagai seorang musisi, Billie Eilish ternyata pernah merasa nggak percaya diri. Salah satu penyebabnya adalah penyakit sindrom Tourette yang ia derita. Meski demikian tampaknya kini Billie sudah berdamai dan mulai bisa menerima kondisinya. Lantas apa sih sindrom Tourette dan bagaimana cara mengobatinya?

ADVERTISEMENT

Sindrom Tourette adalah kondisi yang menyerang sistem syaraf yang membuat penderitanya melakukan tics. Tics sendiri adalah gerakan motorik yang sering berulang pada penderita tanpa bisa dikendalikan

Sindrom Tourette pernah membuat seorang Billie Eilish nggak percaya diri sampai ia enggan tampil di hadapan publik. Sindrom Tourette sendiri adalah kondisi yang berkaitan dengan sistem syaraf. Sampai sekarang masih belum diketahui apa sebenarnya penyebab dari sindrom Tourette sendiri. Biasanya para penderitanya akan melakukan tics.

Tics sendiri adalah kondisi berulang yang muncul pada tubuh seseorang tanpa bisa dikendalikan. Secara singkat orang yang mengidap sindrom Tourette nggak bisa mengendalikan gerakan-gerakan motorik tersebut. Dalam kasus Billie, tics yang keluar adalah berupa menggerakan alis ke atas berulang-ulang dan menggerakan bola matanya ke samping. Ia juga kadang menghentakan kepalanya ke sisi kiri atau kanan. Hal ini bisa dilihat saat Billie Eilish melakukan sesi wawancara dengan berbagai media.

ADVERTISEMENT

Sampai hari ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan sindrom Tourette. Kendati demikian para penderita sindrom ini masih bisa melakukan perawatan untuk mengelola tics yang sering muncul

Bagi para penderita sindrom Tourette, tics yang sering tiba-tiba muncul tanpa bisa dikendalikan cukup menyulitkan. Kondisi ini juga yang dikeluhkan oleh artis Indonesia Tora Sudiro saat ia kedapatan mengkonsumsi obat dumolid pada tahun 2017 silam. Terlepas dari itu, sindrom Tourette biasanya pertama kali muncul saat anak berusia 5-10 tahun. Gejala awal yang sering muncul adalah tics motorik di daerah kepala dan leher. Gejala ini juga bisa memburuk jika sang penderita merasa stress atau merasa senang berlebihan.

Sampai sekarang belum ada obat yang ampuh menyembuhkan sindrom Tourette. Kendati demikian biasanya gejala tics akan berkurang sedikit demi sedikit seiring bertambahnya umur sang penderita. Dalam beberapa kasus, ada juga sejumlah orang yang memiliki tics permanen. Meski belum ada obat, para penderita bisa melakukan beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengendalikan dan mengelola tics yang muncul.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.