Biodata Taylor Swift, Musisi Amerika yang Karyanya Selalu Relate dengan Kita

Jika sobat Hipwee mendengar nama Taylor Swift, maka yang akan muncul dipikiran kita adalah seorang penyanyi wanita cantik yang membuat banyak lagu populer dan memiliki banyak penghargaan bergengsi.

Advertisement

Penyanyi yang juga merupakan penulis lagu ini memang sudah dianggap sebagai bagian penting dalam dunia musik. Bahkan banyak pengamat mengatakan bahwa Taylor Swift adalah industri musik itu sendiri.

Biografi Taylor Swift

Credit: @taylorswift

Taylor Swift memiliki nama asli Taylor Alison Swift, dia lahir pada tanggal 13 Desember 1989di Reading, Pennsylvania. Namun dia dibesarkan di Wyomissing, Pennsylvania. Orang tua Taylor bernama Scott Kingsley Swift dan Andrea Gardner Swift, dia juga memiliki adik bernama Austin.

Kecintaan Taylor Swift terhadap dunia musik sudah tumbuh sejak usianya kecil. Dia pernah menyanyikan lagu “I Just Can’t Wait to Be King”  yang merupakan soundtrack film “The Lion King” dihadapan wisatawan dan berhasil menghibur mereka.

Advertisement

Taylor Swift mulai menulis lagu pada usia sepuluh tahun

Pada waktu itu dia mulai tekun dalam menulis lagu dan sering mengikuti kontes karaoke, lomba menulis lagu, ataupun festival musik lainnya.

Mengutip dari situs Riwayatmu.com, Saat berumur sebelas tahun, tepatnya di tahun 2005, Taylor bersama ibunya pindah ke Nasville untuk mengunjungi label-label rekaman yang ada disana. Hal ini dikarenakan kecintaan Taylor pada musik country, dan Nashville adalah pusat musik country.

Perjalanan karir Taylor Swift

Credit: @taylorswift

Advertisement

Melansir dari tirto.id, pada tahun 2006 Taylor Swift menandatangani kontrak dengan label independen Big Machine Records dan menjadi penulis lagu termuda yang dipekerjakan oleh Sony/ATV Music publishing house.Perilisan album self-titled debut pada tahun tersebut juga membuatnya menjadi bintang musik country.

Lewat single ketiganya yang berjudul “Our Song” menjadikan Taylor sebagai orang termuda yang menulis dan menampilkan lagu nomor satu di Hot Country Songs chart. Dia juga menerima nominasi Best New Artist di Grammy Award di tahun tersebut.

Setelah berhasil dengan musik-musik contry, Taylor kemudian mencoba hal baru dengan menggabungkan genre country dan pop. Pada era ini banyak lagu populer yang dia ciptakan seperti You Belong With Me, Enchanted, dan Love Stor.

Walaupun begitu, setelah album Red menuju album 1989, Taylor Swift melakukan transisi dalam albumnya yang baru “Reputation”. Disini dia melakukan gebrakan dengan meluncurkan singlenya yaitu “Look What You Made Me Do”.

Pada dua album terakhirnya yaitu “Folkfore” dan “Evermore“, Taylor memberi gambaran baru pada fase karirnya. Dia kembali dengan pesona lagu dan suara gitar dalam lagu-lagu di kedua album tersebut.

Penghargaan Taylor Swift

Sejak berkarir di dunia musik, Taylor Swift sudah mendapatkan banyak nominasi dan penghargaan dari berbagai acara penghargaan musik.

Diantaranya adalah American Music Awards, BRIT Awards, Country Music Association Awards, Billboard Music Awards, BMI Awards, dan masih banyak lagi.

Nah, begitulah biografi dan perjalanan singkat dari superstar musik pop Taylor Swift. Menurut sobat Hipwee, apa judul lagu terbaik dari Taylor Swift? Yuk tulis di komentar!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE