Cara Halus Maudy Ayunda Menolak Saat Diminta Ibunya untuk Jadi Ibu Rumah Tangga Setelah Menikah

Maudy Ayunda dikenal sebagai artis yang aktif berkarya dalam berbagai bidang, mulai dari musik, film, hingga pendidikan. Kiprahnya dalam berbagai hal tersebut sudah dimulai sejak lama. Bahkan lulusan Oxford University ini menikah, dia tetap melanjutkan karier tersebut.

Namun ternyata, Maudy Ayunda sempat diminta oleh ibunya untuk berhenti dari pekerjaannya setelah menikah. Sang ibu ingin putri sulungnya itu fokus menjadi ibu rumah tangga lantaran peran tersebut sesuai dengan ajaran agama. Merespons permintaan ibunya, Maudy Ayunda nggak langsung menolak terang-terangan. Dia memilih mengajak sang ibu untuk berdiskusi. Seperti apa obrolan keduanya? Simak artikel berikut ini, ya!

ADVERTISEMENT

Ibunda Maudy Ayunda ingin sang putri fokus jadi ibu rumah tangga setelah menikah agar nggak terlalu repot

Mama Muren sempat ingin Maudy Ayunda jadi IRT

Mama Muren sempat ingin Maudy Ayunda jadi IRT | Credit: YouTube Maudy Ayunda

Ibunda Maudy Ayunda, Mauren Jasmadi dikenal sebagai sosok orang tua yang mendorong anak-anaknya untuk mengeksplor banyak hal. Bahkan, dia adalah sosok penting yang mengenalkan Maudy Ayunda ke dunia hiburan. Kalau nggak karena sang mama, Maudy sempat bercerita kalau dia akan jadi anak yang hanya fokus sekolah tanpa melihat potensi diri di bidang lain.

Namun, perempuan yang akrab disapa Mama Mauren ini rupanya punya pandangan tersendiri untuk masa depan Maudy ketika putrinya itu sudah berumah tangga. Mama Mauren ingin Maudy berhenti bekerja dan fokus menjadi ibu rumah tangga saja ketika kelak sudah menikah. Pandangan itu bersumber dari gambaran Mama Mauren soal kehidupan ibu-ibu pada zamannya.

“Sama kamu itu kita bisa jadi teman diskusi. Karena kamu selalu memberi feedback dan kadang-kadang memberi mama ilmu. Ingat nggak dulu, mama kan ibu-ibu jadul juga, kadang-kadang mama juga bilang, nanti habis nikah mama pengen deh kamu jadi ibu rumah tangga aja deh. Jangan repot-repot,” kata Mama Mauren (22/12/2022), dilansir dari YouTube Maudy Ayunda.

Selain itu, Mama Mauren menjelaskan kalau istri yang fokus menjadi ibu rumah tangga itu sesuai dengan ajaran agama. Menanggapi pandangan sang mama, Maudy Ayunda ternyata nggak setuju. Namun, ia bisa menolak pendapat tersebut dengan cara yang lebih halus dan bahkan sampai membukakan pikiran sang mama.

ADVERTISEMENT

Maudy Ayunda singgung cerita dua istri Rasulullah yang tetap bekerja dan berkarya meskipun menyandang status istri

Cara halus Maudy Ayunda tolak pandangan ibunya

Cara halus Maudy Ayunda tolak pandangan ibunya | Credit: YouTube Maudy Ayunda

Maudy Ayunda punya opininya sendiri dan berbeda dari sang ibunda. Menurut Maudy, seorang istri juga bisa tetap bekerja dan berkarya setelah menikah. Ia mengambil kisah Siti Khadijah dan Siti Aisyah, dua istri Nabi Muhammad. Sebagai istri, mereka masih melanjutkan pekerjaan yang pernah mereka lakukan sebelum dipinang oleh Nabi Muhammad. Seperti dalam kisah Khadijah, Maudy bercerita kalau istri nabi itu merupakan saudagar kaya raya sehingga tentu butuh kepintaran dan bekerja untuk terus melanjutkan kariernya.

“Tiba-tiba kamu bisa ngasih pandangan yang, ‘Mah, kayaknya mama salah deh. Mama tahu nggak, Siti Khodijah itu sebelum menikah sama Rasulullah itu sadagar kaya raya. Gimana bisa dia jadi saudagar kaya raya kalau dia nggak pintar, tapi dia pintar.’ Kamu bilang gitu,” kata Mama Muren mengenang ucapan Maudy.

Saat itu, Maudy mengisahkan kalau uang Khadijah juga dimanfaatkan untuk membantu membiayai syiar Nabi Muhammad dalam menyebarkan agama Islam. Dengan begitu, hubungan suami istri mereka menjadi setara karena ada kerja sama yang seimbang. Begitu juga dengan Aisyah. Istri Nabi Muhammad yang satu ini bahkan ikut turun menjadi panglima perang setelah Nabi Muhammad wafat. Mendengar penuturan Maudy, Mama Muren pun ikut tercerahkan dengan pandangan putrinya.

“Karena dia tukang baca buku, gue yang tadinya mau nyeramahin dia, jadi ‘oh gitu’. Jadi buyar deh semua. Jadi anaknya kamu tuh menurut mama bisa memberikan mama pencerahan, kita bisa sharing. Kadang-kadang mama tadinya nggak tahu, jadi tahu,” lanjut Mama Muren.

Dari sesi sharing bersama sang putri, Mama Muren pun mengerti dinamika berbeda dari hubungan suami istri. Bahwa pernikahan nggak seharusnya jadi pengalang bagi seorang perempuan untuk tetap melanjutkan karier dan karyanya. Kini, Maudy Ayunda telah resmi membangun rumah tangga dengan sang suami Jesse Choi pada 22 Mei 2022 lalu. Keduanya sempat mengenyam pendidikan di kampus yang sama yakni Stanford University.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Writing...