Baru Aja Rilis Lagu Baru, Ariel Noah Geram Karena CD Bajakannya Udah Ramai di Pasaran

CD bajakan lagu Ariel Noah

Pembajakan karya musik di Indonesia memang masih marak. Tentu aja itu merugikan musisi. Sayangnya belum banyak yang sadar. Nah, Ariel NOAH berusaha ngasih pengertian ke orang-orang mengenai CD bajakan ini. NOAH baru aja merilis single berjudul Wanitaku pada bulan Juni. Dan tak lama setelahnya CD bajakan NOAH udah dijual bebas. Lucunya, sampulnya masih bertuliskan stop piracy atau hentikan pembajakan.

Advertisement

Lewat Instagram, mantan pacar Luna Maya ini mengunggah dua foto yang dilengkapi caption panjang pada Rabu (3/7). Ia ngasih tahu soal realita tentang pembajakan musik di Indonesia dan cara buat mengatasinya.

Ariel NOAH menceritakan realita pembajakan musik di Indonesia. Ternyata nggak hanya merugikan para musisi, tapi juga seluruh orang yang terlibat dalam pembuatan CD musiknya

View this post on Instagram

Satu lagi deh nih buat yg minta harga CD lebih murah. Kita bisa saja menurunkan kualitas cd dan cover sehingga lebih murah, tapi tetap semurah murahnya CD dari kita, akan lebih murah CD bajakan, *KENAPA?* , *KARENA PEMBAJAK GAK PERLU BAYAR PAJAK* , kecuali kalau kita gak perlu bayar pajak juga, baru bisa bersaing harga, itu pun kita musti tetap ada biaya pembuatan karya, bukan tinggal copy paste di cetak. Dan ini berlaku pada semua platform digital, platform digital resmi seperti joox, spotify, itunes, itu semuanya bayar pajak juga. Klo yg download gratis itu gak bayar pajak. Jadi klo masalah saingan harga, kalau yg gak bayar pajak ya pasti lebih murah. Ah ya sudahlah, saya mau minum kopi lagi.

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Dengan geram, Ariel mengungkap alasan CD bajakan masih beredar sampai sekarang. Ternyata biaya produksinya lebih rendah dari CD asli karena nggak perlu bayar pajak. Jadi bisa dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Di Indonesia, masih banyak orang yang mentingin harga dibanding kualitas. Nggak heran kalau CD bajakan laris-manis. Walaupun para musisi nurunin kualitas CD dan cover biar bisa bersaing, harganya nggak bakal bisa lebih murah dari CD bajakan.

Advertisement

Ariel juga bercerita tentang kerugian yang ditimbulkan. Nggak hanya para musisi yang rugi, tapi juga seluruh orang yang terlibat dalam produksi CD musiknya.

“Gausah pakai alibi rejeki orang kecil dagang cd bajakan pinggir jalan. Puluhan pegawai musica di bagian gudang CD yg kena PHK gara2 penurunan penjualan cd asli juga orang kecil, supir2 bagian distribusi yg kena PHK juga orang kecil,” tulis Ariel di Instagram.

Buat mengatasi masalah pembajakan musik, Ariel bilang kalau pembelilah yang harus sadar. Itu jalan keluar satu-satunya

View this post on Instagram

Udh gak jaman sih memang dengerin CD, tapi tetep aja nyebelin. Gausah pakai alibi rejeki orang kecil dagang cd bajakan pinggir jalan. Puluhan pegawai musica di bagian gudang CD yg kena PHK gara2 penurunan penjualan cd asli juga orang kecil, supir2 bagian distribusi yg kena PHK juga orang kecil. Kalau melihat Musik Noah/ band lain dibajak, jangan hanya membandingkan dgn kesejahteraan si pemusik tersebut, ada banyak orang ikut kerja disitu. CATATAN: yg produksi CD bajakan GAK MUNGKIN orang kecil!! modalnya pasti besar. Dengan kondisi tidak banyak perubahan situasi pembajakan di indonesia, sepertinya hanya satu jalan keluar, Pembeli nya yg harus Sadar! Klo ga ada yg beli kan ntar bangkrut juga yg bajak, klo yg bajak gak bangkrut2, Berarti? Masih banyak yg beli ?. Jadi males ini nyelesaiin satu lagu lagi, lo gak tau brp dus itu kopi torabika gw abisin buat begadang bikin lagu ?, Ah sudahlah saya mau tidur.

A post shared by Ariel Noah (@ariel_inst) on

Advertisement

“CATATAN: yg produksi CD bajakan GAK MUNGKIN orang kecil!! modalnya pasti besar. Dengan kondisi tidak banyak perubahan situasi pembajakan di indonesia, sepertinya hanya satu jalan keluar, Pembeli nya yg harus Sadar!” tulis Ariel di Instagram.

Menurut Ariel, itu jalan keluar satu-satunya buat mengatasi pembajakan musik. Pembeli harus sadar kalau beli CD bajakan itu salah karena merugikan musisi dan segenap kru produksinya. Kalau pembeli udah sadar, otomatis permintaan buat CD bajakan bakal menurun. Pada akhirnya perusahaan-perusahaan ilegal itu bakal bangkrut sendiri.

Para musisi dan penggemar mendukung pendapat Ariel. Ternyata banyak juga lo yang udah nggak mau beli CD bajakan dan memilih cara legal buat menikmati musik

Komentar di Instagram Ariel via www.instagram.com

Sejumlah warganet pun turut berkomentar, termasuk kalangan sesama musisi.  Pasha Ungu misalnya, yang turut mengajak publik untuk membeli CD yang asli agar musisinya juga semangat bikin lagu atau album baru. Para penggemar juga angkat bicara. Menurut akun @stphncold, punya CD original itu rasanya beda karena jadi ada rasa bangga tersendiri. Hal itu didukung @vahmier yang berkata kalau CD original memang mahal, tapi sangat berkualitas dibanding CD bajakan yang suaranya kurang enak.

Semoga makin banyak orang-orang yang beli CD original ya! Jadi para musisi dan para krunya bakal lebih sejahtera. Gimana denganmu, udah sadar buat menghindari beli CD bajakan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE