Tiba-Tiba Demam Tinggi dan Sempat Kritis, Chicco Jerikho Ungkap Syukur Bisa Sembuh dari Sepsis

Chicco Jerikho sempat kritis dan masuk HCU

Siapa pun pasti panik dan kebingungan jika kondisi tubuh tiba-tiba drop atau sakit. Di masa pandemi seperti ini, sedikit demam atau batuk saja bakal membuat kita kelimpungan dan overthinking. Terlebih lagi jika gejalanya demam tinggi hingga sesak napas seperti gejala umum Covid-19. Seperti pengalaman mengerikan yang baru saja dialami Chicco Jerikho. Aktor bertalenta ini mengejutkan semua orang dengan pengakuan bahwa ia sempat sakit parah beberapa waktu lalu.

Advertisement

Melalui unggahan di akun Instagram resminya Kamis lalu (8/10), Chicco bercerita bahwa dirinya tiba-tiba demam tinggi dan sesak napas sampai harus mendapatkan perawatan medis yang cukup serius. Chicco tidak menjelaskan kapan tepatnya ia sakit dan dirawat, namun suami dari aktris Putri Marino ini kini tak berhenti bersyukur karena telah berhasil melewatinya.

Chicco sempat alami demam tinggi dan sesak napas secara tiba-tiba belum lama ini, padahal seharian ia beraktivitas seperti biasa tanpa merasa sakit apa pun. Hasil PCR pun negatif

Advertisement

Siapa pun jika mengalami sakit parah secara tiba-tiba, pasti akan bingung dengan apa yang menimpa dirinya sendiri. Seperti yang dialami Chicco Jerikho sehingga ia harus dilarikan ke rumah sakit karena kondisi tubuhnya langsung drop tanpa gejala sebelumnya. Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Chicco menceritakan bahwa dirinya mengalami demam tinggi mencapai 39,3 derajat. Selain itu, dadanya terasa sesak sehingga kesulitan bernapas. Dalam unggahan tersebut Chicc0 tidak memberi tahu kapan hal tersebut dialaminya, ia hanya menceritakan bahwa kondisi itu belum lama terjadi.

“Padahal dari pagi sampai sore gue masih beraktivitas kayak biasa, bahkan masih berolahraga dan shooting,” tulis Chicco dalam keterangan unggahannya.

Advertisement

Chicco pun bercerita, setibanya di IGD (Instalasi Gawat Darurat) ia harus diobservasi selama semalam dalam kondisi diinfus. Sebelumnya, pemain film Filosofi Kopi ini sempat menjalani CT scan 2 kali hingga EKG (Elektrokardiogram) untuk memeriksa kondisi paru-paru, jantung, dan organ tubuh yang vital lainnya. Selain itu, tim dokter juga sudah melakukan tes PCR dan demam berdarah, tapi hasilnya negatif. Hingga pagi hari, terpaksa Chicco harus dirawat di HCU (High Care Unit) karena kondisinya yang belum membaik dan butuh alat bantu untuk bertahan.

“Saat itu kondisi heart rate gue di bawah 50 dan tensi rendah sampai 60/40, jujur dengernya aja gue takut. Hal yang gak pernah dibayangin sebelumnya masuk ruang HCU,” imbuh Chicco.

Setelah melalui observasi dan menjalani berbagai pemeriksaan, tim dokter mendiagnosis Chicco mengalami Sepsis

Chicco menceritakan bahwa dirinya ditangani oleh 3 dokter spesialis yakni jantung, anestesi dan penyakit dalam selama dirawat dan menjalani berbagai tes untuk mengetahui penyakitnya. Setelah berbagai pemeriksaan dijalani, akhirnya dokter mendiagnosis ia mengalami Sepsis. Penyakit itulah yang membuat Chicco drop dalam waktu yang cepat. Sayanganya, Chicco belum tahu apa penyebab pasti Sepsis yang dialaminya itu.

Menukil dari Halodoc, Sepsis merupakan komplikasi yang cukup jarang terjadi tapi sangat berbahaya. Penyakit ini menyebabkan tubuh menghasilkan senyawa kimia agar bisa melawan infeksi, sehingga membuat perubahan pada fungsi tubuh. Akibatnya bisa terjadi kerusakan berbagai sistem organ. Biasanya infeksi Sepsis menyebabkan gejala seperti pneumonia, tekanan darah turun drastis, nyeri otot parah, sakit perut, dan penurunan jumlah produksi urin.

Chicco bersyukur melewati masa kritis dan bisa pulih dalam waktu yang cukup cepat. Pola hidup sehat yang dijalaninya ternyata sangat membantu proses pemulihan

Setelah menjalani perawatan di HCU selama 3 hari, Chicco akhirnya dipindahkan ke ruang rawat inap biasa untuk menjalani perawatan pemulihan. Hal tersebut membuatnya sangat bersyukur karena bisa melalui kondisi sakit yang dialami. Bahkan, dokter yang menanganinya sempat kaget karena proses pemulihan yang dibilang cukup cepat.

Jujur, kayak dapet kesempatan hidup kedua, karena saat itu kondisi gue dinyatakan sama dokter sudah kritis,” tutur Chicco mengungkap perasaannya.

Dokter juga mengungkap kondisi Chicco yang cepat pulih karena pola hidup sehat yang dijalaninya selama ini, seperti olahraga rutin dan mengonsumsi multivitamin setiap hari. Di akhir tulisannya, Chicco berpesan pada semua orang untuk selalu menjaga kesehatan dan menjadikan hal tersebut sebagai prioritas. “Karena penyakit bisa dateng kapan aja dan menyerang siapa aja,” pungkas Chicco. Semoga pengalaman Chicco tersebut bisa jadi pelajaran buat kita semua, ya SoHip!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE