Peringati Hari Pancasila, Cinta Laura Wakili Generasi Muda Pidato di Gedung MPR

Tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai hari lahir Pancasila oleh seluruh masyarakat Indonesia. Pada peringatan tersebut tahun ini yang dilaksanakan pada Kamis (2/6) kemarin, aktris muda berbakat Cinta Laura menjadi slah satu undangan untuk berpidato di gedung MPR (Majelis Permusyaratan Rakyat).

Advertisement

Sebagai figur publik yang cukup aktif dalam menyuarakan keragaman dan menjadi inspirasi banyak orang, Cinta Laura menjadi perwakilan anak muda untuk membahas tentang ideolagi bangsa dan Pancasila sebagai dasar negara. Rasa bangga pun Cinta Laura ungkapkan karena diberi kesempatan langka tersebut.

Cinta Laura mengungkap rasa bangga bisa menjadi perwakilan pemuda Indonesia

Cinta Laura Pidato di Gedung MPR

Momen saat Cinta Laura berpidato | Foto dari Instagram @claurakiehl

Melalui unggahan foto di Instagram pribadinya pada Jumat (3/4), Cinta Laura mengunggah beberapa foto momennya saat menjadi salah satu undangan dan mengisi pidato di Gedung MPR dalam rangka memperingati Hari lahir Pancasila. Ia mengungkapkan rasa bangganya karena diberikan kesempatan bisa mewakili pemuda Indonesia.

“Sungguh sebuah kehormatan untuk dapat memberikan pidato di depan banyak orang yang saya hormati di Gedung MPR kemarin,” tulis Cinta Laura dalam keterangan unggahannya tersebut.

Advertisement

Lebih lanjut aktris lulusan Universitas Columbia ini juga mengungkap jika dirinya merupakan satu-satunya perempuan yang diberi kesempatan mewakili anak muda Indonesia untuk berdiskusi dengan para Doktor Filsafat mengenai esensi ideologi pancasila sebagai dasar negara.

Diketahui Cinta Laura memang kerap menyuarakan pendapatnya tentang keberagaman, kekerasan terhadap perempuan dan peran pemuda dalam kemajuan bangsa. Bahkan, pengalaman mengisi pidato ini bukan kali pertama bagi Cinta Laura. Sebelumnya ia juga pernah memberikan pidato di Istana Negara dan menjadi narasumber saat peringatan sumpah pemuda tahun lalu dan menjadi Duta Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

Cinta Laura menyampaikan pandangannya tentang persatuan dan kesatuan untuk memajukan bangsa

Cinta Laura Pidato di Gedung MPR

Momen saat Cinta Laura mengikuti rangkaian acara peringatan Hari Lahir Pancasila | Foto dari Instagram @claurakiehl

Advertisement

Usai mendapat kesempatan berharga dalamperingatan hari Lahir pancasila tersebut, Cinta Laura membagikan pandangannya tentang apa yang paling dibutuhkan bagi kemajuan bangsa. Masih melalui unggahan di Instagram pribadinya, aktris kelahiran 17 Agustus 1993 itu berpendapat bahwa setiap orang harus bisa membangkitkan rasa bangga dan memiliki terhadap bangsa.

“Bagi saya yang dibutuhkan bagi kemajuan bangsa ini adalah untuk membangkitkan kembali rasa bangga dan memiliki terhadap Indonesia dari setiap Individu, setiap kelompok, semua penduduk, siapa pun mereka,” ungkap Cinta Laura.

Menurutnya, tanpa persatuan yang kuat atas dasar Bhinneka Tunggal Ika, maka nggak akan ada permusyawaratan yang benar-benar mewakili rakyat dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi atau kelompok. Apalagi di Indonesia memiliki 1340 suku, dan bisa menjadi percontohan dunia dalam menghargai keberagaman dalam persatuan bangsa.

“Kita harus berjuang untuk menjadikan Indonesia pelopor dalam merangkul dan mempersatukan setiap perbedaan yang ada. Menjadi contoh dunia akan bangsa yang benar-benar perduli kemanusiaan dan kesejahteraan rakyatnya. Menjadikan pancasila sebuah edeologi yang mempengaruhi evolusi dunia,” pungkas Cinta Laura.

Keberanian Cinta Laura dalam mengemukakan pendapat dan cara berpikirnya yang cukup kritis memang kerap membuatnya dikagumi banyak orang, terutama generasi muda, Dalam kesempatan ini pun banyak yang mengungkap bangga dan mengapresiasinya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE