Doyan Mukbang Sayur Mentah, DJ Katty Butterfly Masuk IGD Usai Bikin Konten Makan Jengkol Mentah

DJ Katty Butterfly keracunan jengkol

Mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah adalah kebiasaan baik. Namun, perlu hati-hati jika mengonsumsi sayur mentah apalagi dengan jumlah yang banyak. Alih-alih bisa menjaga tubuh tetap sehat, kalau nggak tahu aturan, sayur mentah justru bisa menyebabkan keracunan lo. Seperti yang dialami DJ seleb Katty Butterfly, baru-baru ini.

Advertisement

Pemilik nama lengkap Poltee Kattarey ini dilarikan ke IGD karena mengalami keracunan usai mengonsumsi jengkol mentah. Sebenarnya Katty sudah biasa mongonsumsi sayur mentah, tapi mendadak kondisinya drop usai membuat konten mukbang jengkol mentah untuk channel YouTubenya. Peristiwa tersebut Katty kabarkan pada publik melalui unggahan di Instagram pribadinya pada Minggu (27/06).

Katty baru mengetahui jika dirinya nggak bisa makan jengkol mentah usai dirinya membuat konten mukbang

Seleb asal Thailan ini membagikan foto dirinya yang terbaring lemah di brankar rumah sakit dengan selang infus di tangan kirinya. Katty terpaksa dilarikan ke IGD usai mengonsumsi jengkol mentah saat membuat konten mukbang. Meski terbiasa mengonsumsi sayur mentah, tampaknya Katty baru mengetahui jika dirinya bisa mengalami sakit atau keracunan jengkol mentah.

Advertisement

“Dut (panggilan Katty pada dirinya sendiri) sudah 33 tahun baru tahu Dut tidak bisa makan jengkol mentah. Habis bikin konten makan jengkol mentah langsung masuk IGD,” tulis Katty dalam keterangan foto di unggahannya.

Keracunan jengkol atau sering disebut kejengkolan seperti yang dialami Katty memang bisa menimpa siapa saja. Hal ini karena kandungan asam amino pada jengkol mengandung banyak sulfur. Dilansir dari Mediakom Kemenkes, asam amino pada jengkol atau asam jengkolat susah larut dalam air sehingga akan membentuk kristal halus dan mengendap di dalam tubuh. Endapan ini yang menimbulkan keracunan dengan gejela nyeri perut, pinggang, mual, muntah, pusing hingga bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

Katty membuat konten mukbang petai, jengkol dan ikan asin yang membuatnya harus mengonsumsi  banyak jengkol mentah

Advertisement

Perempuan kelahiran 1988 silam ini akhirnya membagikan pengalamannya usai mengalami keracunan jengkol mentah, melalui channel YouTube Katty Butterfly. Kejadian tersebut terjadi usai dirinya membuat konten mukbang petai, jengkol dan ikan asin. Setelah jeda beberapa waktu, Katty mengalami mual hingga muntah dan mengalami sesak napas.

“Dut merasa mual sampai muntah-muntah, habis itu berat sekali untuk bernapas,” jelas Katty. Beruntung saat itu ia dibantu seorang guru mengajinya untuk mencari driver dan segera dilarikan ke rumah sakit. Namun, Katty mengaku dirinya nggak sempat dirawat hingga pulih dan harus segera pulang karena ia khawatir meninggalkan anaknya di rumah. Usai mendapat suntikan dan sedikit infus, Katty memutuskan rawat jalan di rumah.

Konten mukbang sayur mentah sebenarnya sudah lama menjadi ciri khas konten-konten Katty di YouTube, dan selama ini ia nggak pernah mengalami efek buruk bagi kesehatan

Setelah kejadian tersebut tampaknya Katty mulai berhati-hati mengonsumsi sayuran mentah. Pasalnya pada video yang diunggahnya untuk menjelaskan kronologi keracunan tersebut, Katty memilih mengonsumsi bunga kol yang direbus sebagai teman makan mi. Padahal biasanya Katty selalu mengonsumsi berbagai sayur mentah untuk menemani menu makan utamanya.

Nggak tanggung-tanggung, Katty sering menghabiskan sayur mentah  dengan porsi yang cukup banyak. Sayurnya pun bermacam-macam seperti kangkung, kacang panjang, paprika bahkan pare pun Katty santap mentah. Meski mungkin nggak semua sayur baik dikonsumsi mentah, tapi selama ini Katty nggak pernah menemui kendala masalah kesehatan. Apalagi konten mukbang sayur mentah tersebut selalu mendapat respons positif bagi warganet yang menonton.

Kejadian yang dialami Katty semoga bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk berhati-hati saat mengonsumsi sayuran mentah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE