Dorce Tanggapi Komentar Ustaz Soal Keinginannya Dimakamkan sebagai Perempuan

Menurut Gus Miftah, wasiat Dorce tak harus dilakukan

Artis dan presenter kondang kenamaan Indonesia, Dorce Gamalama beberapa waktu yang lalu dikabarkan sedang sakit. Walaupun kondisinya kini semakin membaik, ia pun mengaku sudah bersiap apabila memang sudah waktunya untuk “berpulang”.

Advertisement

Keinginannya tersebut sempat ia sampaikan pada kanal YouTube CURHAT BANG Denny Sumargo. Ia mengungkapkan telah menyiapkan wasiat, kafan hingga lokasi pemakamannya sendiri. Selain itu, ia berpesan pula untuk dimakamkan sebagai seorang wanita sebagaimana gendernya saat ini.

Sontak pernyataan tersebut memicu beberapa komentar. Di antaranya datang dari Gus Miftah, kiai dan ulama muda pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji. Ia mengungkapkan bahwa tidak tepat apabila Dorce nantinya dimakamkan sebagai seorang perempuan.

Gus Miftah sempat tanggapi wasiat Dorce. Pemakaman harus sesuai kodratnya

Gus Miftah

Gus Miftah / Credit: IG Gus Miftah

“Artinya, pengebumiannya sepanjang yang saya tahu, yaitu kembali ke kodrat asal dulu dia dilahirkan. Artinya kalau dulu dia dilahirkan dalam keadaan laki-laki ya sebaiknya, seyogyanya juga dimakamkan dalam keadaan laki-laki,” ujar Gus Miftah ketika ditanya wartawan perihal pesan Dorce yang ingin dimakamkan sebagai perempuan.

Advertisement

Ia menegaskan bahwa hal ini cukup penting mengingat banyaknya perbedaan tata cara menyemayamkan jenazah laki-laki dan perempuan, mulai dari cara solat hingga jumlah kain.

Tak lupa, ia pun menegaskan bahwa wasiat boleh tidak dilaksanakan apabila itu melanggar syari’at agama.

Advertisement

“Wasiat itu harus dilaksanakan ketika ada kebaikan di dalamnya, tidak ada kemaksiatan apalagi melanggar syariat. Tapi kalau wasiat itu melanggar syariat, melanggar perintah agama, ya tentunya wasiat itu tidak harus dilakukan,” kata Gus Miftah sebagaimana dilansir dari YouTube Official Nitnot.

Bagi Dorce, pemakamannya nanti merupakan urusan dirinya dan keluarga

Menanggapi hal tersebut, dorce turut bersuara melalui akun Instagram pribadinya pada Minggu (30/1). Dalam video unggahannya tersebut, ia meminta agar para ustaz dan kiai tak perlu ikut campur mengenai pemakamannya nanti.

“Kepada Kiai, Ustaz-Ustaz yang telah menerangkan keadaan mati saya, siapa yang akan memandikan saya, siapa yang akan mengubur saya, biarkanlah keluarga saya yang akan nanti mengurusnya,” ujar Dorce.

“Mau kain kafannya 7 lapis, 8 lapis, saya serahkan kepada yang mengurus, yang mengurus laki-laki boleh, perempuan boleh, laki-laki perempuan boleh. Siapa saja boleh memandikan saya.” sambungnya.

Ia meminta agar para kiai tak memberikan komentar yang kurang baik

Dorce Gamalama kini nampak kurus

Dorce Gamalama kini nampak kurus / Credit: YT CURHAT BANG Denny Summargo

Merasa dikomentari dengan kurang baik, artis yang akrab disapa bunda Dorce mengingatkan agar para kiai agar jangan melakukan hal tersebut lagi. Walaupun kiai tersebut sudah terkenal sekalipun.

“Jadi Kiai-kiai yang udah terkenal sekali pun jangan memberikan komentar yang kurang baik. Harusnya Anda seorang Kiai memberikan suguhan dan juga imbauan kepada seseorang siapa pun,” ujarnya dalam video.

Di akhir, Dorce mengungkapkan bahwa ia merupakan manusia yang akan bertanggung jawab untuk hidup dan matinya nanti. “Karena saya juga manusia, mempunyai tanggung jawab untuk hidup dan mati kelaknya,” pungkasnya.

Warganet minta Dorce tak tersinggung karena komentar dari Kiai

Komentar warganet di unggahan Dorce

Komentar warganet di unggahan Dorce / Credit: IG Dorce Gamalama

Berbeda dengan Dorce yang tersinggung dan meminta kiai agar tidak ikut campur, maka warganet ramai-ramai berkomentar agar Dorce tak marah atas komentar kiai tersebut. Mereka menilai komentar dari kiai tersebut memang benar dan sesuai dengan kaidah agama Islam, sebagaimana agama yang Dorce anut.

Seperti yang diungkapkan oleh @lili_suswanti. “Justru itu bunda sebelum terlambat, para ulama dan ustad hanya memberi tahu apa yg seharusnya dilakukan manusia sebagai kodratnya masing2…sesuai ajaran islam🙏,semoga cpt sembuh.amin” tulisnya di kolom komentar. 

Warganet juga menjelaskan bahwa para kiai hanya mengingatkan, bukan berkomentar kurang baik.Maaf mereka hanya mengingatkan 🙏🏿😂” ungkap @tehoni. Ada pula yang beranggapan bahwa Dorce kini semakin tidak jelas, “Makin ksini makin gak jelas sih bun dorce..” tulis @shaqueena638

Dorce saat ini diketahui sedang berjuang melawan beberapa penyakit, di antaranya diabetes dan demensia alzeimer. Penyakit demensia alzheimer adalah gangguan neurologis progresif yang menyebabkan penyusutan otak atau hingga membuat sel-sel otak mati.

Kini sudah semakin membaik, mari kita doakan semoga Dorce bisa sehat seperti sedia kala ya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE