Kerap Pakai Dana Pribadi Demi Selamatkan Pasien, dr. Gunawan: Saya Jadi Dokter Bukan untuk Cari Uang

dr Gunawan Deddy Corbuzier

Usai hampir dua pekan menghilang dari media sosial, Deddy Corbuzier kembali membawa kabar yang cukup mengejutkan. Presenter tersebut sempat terpapar Covid-19  hingga badai sitokin yang membuat dirinya harus melewati masa kritis. Peristiwa yang disebut sebagai hidup matinya itu menjadi alasan ia vakum beberapa saat termasuk dari podcast dan juga WhatsApp.

Advertisement

Dijelaskan, bahwa kepulihan Deddy nggak terlepas dari perantara dokter Gunawan yang merawatnya selama masa kritis. Menariknya, sosok dokter ini menjadi sorotan usai dikenal berhati mulia lantaran kerap merogoh kocek pribadi untuk selamatkan nyawa pasien. Saking kagum dan bersyukur, Deddy bahkan memberi hadiah kepada dokter yang sudah menyelamatkan banyak orang tersebut. Lantas apa yang mendasari dokter Gunawan menolong orang lain tanpa memikirkan dana? Simak ulasannya di bawah ini.

Kerap menggratiskan pengobatan, dokter Gunawan tegaskan profesinya untuk menolong orang bukan mencari uang

Deddy Corbuzier menyebut dokter Gunawan adalah sosok baik hati. Deddy mengaku banyak mendengar dari para nakes bahwa sang dokter menggratiskan pengobatan pasien yang nggak memiliki uang. Ia juga membelikan obat yang cukup mahal dari kocek pribadi, lantaran bahagia jika seseorang yang dirawat bisa sembuh tanpa harus memikirkan dana.

Dalam kesempatan itu, Deddy akhirnya bertanya apa yang mendasari sang dokter untuk melakukan hal itu. Mengingat rumah sakit juga sebuah bisnis yang harus membiayai jasa dari tenaga kesehatan dan karyawannya. Maka dari itu, sulit untuk memberikan pengobatan secara cuma-cuma tanpa persyaratan administrasi dari pemerintah. Dengan tenang, Gunawan ungkap alasan memutuskan menjadi seorang dokter.

Advertisement

“Lebih ke masalah moral, ya. Saya jadi dokter bukan untuk mencari uang. Saya jadi dokter untuk menolong orang,” kata dokter Gunawan.

Ternyata prinsip itu ditanamkan orang tua sejak dia kecil. Menurutnya menolong orang jangan setengah-setengah

Dokter Gunawan utarakan prinsipnya | Credit: YouTube Deddy Corbuzier

Selalu membantu para pasiennya, sang dokter nggak menampik bahwa kerap disebut terlalu berlebihan dalam membantu orang. Namun satu hal yang dipastikan, bahwa profesi dokter bukan pekerjaan untuk mencari materi. Kedermawanannya juga nggak terlepas dari didikan orang tua, sejak kecil ia selalu ditanamkan menolong orang jangan setengah-setengah. Selalu percaya bahwa hal baik akan digantikan dengan bentuk lain dari Tuhan yang jauh lebih bermakna.

Advertisement

“Kalau kamu punya uang tolong orangnya. ‘Kalau kamu punya satu kamu kasih setengah, ini orang nggak selamat. Ya, sudah kamu kasih satu’ Tuhan akan mengembalikan yang satu ini dalam bentuk lain,” ucap sang dokter menirukan pesan orang tua.

Prinsip itulah yang selalu ia pegang dalam mengambil keputusan, terlebih ia melakukan hal tersebut kepada orang yang belum mampu.

“(Pakai) uang saya pribadi (karena tahu) kalau tidak dikasih (pengobatan), meninggal. Dengan diberikan, beliau selamat, kepuasan buat saya. Itu cukup bagi saya bisa selamatin nyawa pasien-pasien saya,” tandas dokter Gunawan.

Kagum mendengar pernyataannya, sebagai ucapan terima kasih Deddy Corbuzier berikan sekoper uang hingga mobil karena tahu sang dokter masih berpergian pakai transportasi online

Curhatan warganet soal dokter Gunawan | Credit: YouTube Deddy Corbuzier

Deddy Corbuzier mengungkap fakta bahwa dokter Gunawan kerap berpergian pakai transportasi online. Menurut sang dokter selain praktis, juga cepat untuk sampai ke tujuan. “Tapi nolongin pasien terus, kemana-mana masih pakai Grab,” sindir Deddy ditanggapi dengan senyum.

Merasa dirinya juga punya keterbatasan untuk membantu orang, dokter Gunawan kerap menghubungi teman yang berkecukupan untuk membantu, ia meminta tolong untuk disumbangkan misalnya ventilator yang mana sudah nggak digunakan lagi. “Kebetulan mereka pakai saat sakit, begitu sehat saya tanya ‘Ini kan Anda alat beli sendiri, Anda nggak pakai lagi, boleh nggak saya minta untuk orang lain?,” kata dokter Gunawan.

Melihat ketulusan sang dokter, Deddy kemudian menyerahkah sejumlah uang dalam koper hingga mengajaknya ke luar studio untuk memberikan sebuah mobil. Kemurahan hati dokter dan kebaikkan Deddy Corbuzier banjir pujian dari warganet. Mereka mendoakan yang terbaik bagi keduanya.

“Tiba-tiba air mata ku keluar dengar podcast ini, ikut tersentuh sama kebaikan dokter,” kata akun @filzahna***

“Cuma bisa bilang Alhamdulillah om Ded sehat dan baik-baik saja. Dan untuk dokter, jujur kita bangga, terharu, pokoknya best of the best,” komentar yang lain.

Gw pernah tanya sama istri gw bahkan, ini dokter gak butuh uang apa gimana ya? Kenapa mereka kok keliatan banget tulus bantu orang, gw bingung liat dokter bisa video call sama pasien dengan gratis bahkan, salute! #respect luar biasa,” tutur Koko Rhomedal ceritakan pengalaman keluarga dirawat dokter Gunawan.

Semoga pernyataan dokter ini bisa dijadikan inpirasi untuk mengingat kembali tujuan dari setiap profesi yang dilakukan. Sebab sejatinya, menjadi orang yang bermanfaat merupakan kebahagiaan tersendiri. Respek!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE