Diego Maradona Meninggal Dunia, Berikut Fakta-Fakta Menarik yang Membuatnya Jadi Legenda

Fakta Diego Maradona

Kabar duka datang bagi segenap penggemar sepak bola di dunia. Pada Rabu (25/11) malam WIB, salah satu legenda sepak bola dunia asal Argentina meninggal dunia. Yup dia adalah Diego Maradona. Ia meninggal akibat henti jantung di usia 60 tahun. Sebelumnya, pada awal November lalu Maradona baru aja menjalani operasi di bagian kepala karena adanya penggumpalan darah di bagian otak.

Advertisement

Tentu saja kabar ini adalah meninggalkan duka mendalam bagi para penggemar sepak bola, terutama mereka yang dulu sempat melihat aksi-aksi Maradona yang menghipnotis. Kehebatan Maradona berbanding lurus dengan fakta bawa namanya tetap disebut-sebut dalam dunia sepak bola. Nah buat kalian yang mungkin belum tahu hal-hal menarik dari sosok sang legenda, yuk simak selengkapnya di bawah ini!

1. Diego Maradona terkenal karena Gol Tangan Tuhan dan gol aksi individunya yang jadi gol terbaik abad ke-20

Diego Maradona Tangan Tuhan/Credit: Bola Okezone via bola.okezone.com

Saat mendengar Maradona, pikiran kita pasti mengingat kembali Gol Tangan Tuhan. Gol legendaris tersebut dicetak Maradona dalam laga piala dunia 1986 saat timnas Argentina menghadapi timnas Inggris. Meski dalam peraturan sepak bola gol tersebut tidak sah, namun wasit tetap meloloskan dan gol tersebut jadi kenangan sampai hari ini. Saat itu para pemain Inggris protes keras terhadap keputusan wasit. Menariknya saat ditanya Maradona menyebut bahwa yang menyebabkan gol bukan dirinya, tapi tangan Tuhan.

Selain Gol Tangan Tuhan yang kontroversial, Maradona juga dinobatkan sebagai pencetak gol terbaik abad ke-20. Gelar tersebut ia dapatkan setelah ia melakukan aksi individu melewati 7 pemain dan berlari selama 12 detik sebelum akhirnya mencetak gol. Gol tersebut bisa saksikan kembali di pertandingan Piala Dunia 1986 saat Argentina melawan Inggris.

Advertisement

2. Nama Diego Maradona sampai sekarang jadi legenda dan sering dielu-elukan oleh para penggemar klub Napoli di Italia

Diego Maradona di Napoli/Credit: Skysport via www.skysports.com

Selain menjadi legenda bagi Timnas Argentina, nama Diego Maradona juga sangat besar di Napoli. Hal ini bermula saat ia mencoba bermain di tanah Eropa. Awalnya, Diego Maradona bermain di Barcelona namun ia kurang bersinar karena satu dan lain hal. Ia kemudian pindah ke klub Italia bernama Napoli.

Dari sini nama Maradona semakin berjaya. Di klub tersebut Maradona bermain sangat hebat sampai ia memberi klub tersebut dua gelar juara turnamen lokal dan gelar piara bergengsi UEFA pada tahun 1989. Nggak mengherankan kota Napoli sampai sekarang masih memuja-muja Maradona. Begitupun sebaliknya, Italia dan Napoli memiliki tempat khusus di benak Maradona. Buktinya Maradona memberi sumbangan saat pandemi corona menghantam Italia beberapa bulan lalu.

3. Karena kehebatannya, Diego Maradona berhasil membawa Argentina menjuarai piala dunia di level senior dan junior

Advertisement

Diego Maradona mengangkat trofi piala dunia/Credit: Bola via www.bola.net

Kita tahu bahwa pemain jenius asal Argentina sekarang, Lionel Messi pernah membawa timnas Argentina menjuarai piala dunia di level junior. Namun sang legenda Diego Maradona sanggup melakukan hal yang lebih hebat lagi dari Lionel Messi. Maradona berhasil membawa negaranya memenangkan piala dunia level senior maupun level junior.

Pada tahun 1970 Diego Maradona muda berhasil membawa Argentina memenangkan kejuaraan piala dunia U-20. Di tahun 1986 ia kembali membawa harum negaranya dengan memenangkan piala dunia tahun 1986 di Meksiko selepas kejadian Gol Tangan Tuhan yang kontroversial melawan Inggris. Selain itu Maradona juga kembali membawa Argentina kembali menjuarai piala dunia di tahun 1990.

4. Diego Maradona adalah salah satu pesepak bola yang aktif di bilang politik. Ia bahkan dekat dengan beberapa pemimpin negara di Amerika Latin

Diego Maradona dan Fidel Castro/Credit: Goal.com via www.goal.com

Hal yang membuat nama Maradona besar bukan hanya kehidupan lapangannya saja. Ia juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial dan penuh pemberitaan di luar lapangan. Maradona sendiri dikenal sebagai seorang aktivis yang cukup aktif dan memiliki pandangan revolusioner. Terakhir sebelum ia meninggal, ia masih sempat berdonasi untuk penanganan pandemi Covid-19.

Hal ini nggak bisa dilepaskan dari sosok Maradona yang tumbuh di kawasan miskin. Saat ia masih menjadi pemain sepak bola, Maradona sendiri nggak bisa lepas dari entitas politik yang sedang menguat saat itu. Ia kemudian sempat berkunjung ke negara-negara sosialis seperti Kuba dan bertemu pemimpin-pemimpin dunia. Maradona sangat mengagumi orang-orang dan dekat dengan pemimpin-pemimpin dunia yang revolusioner. Ia mengagumi Che Guevara dan Fidel Castro. Nggak sampai di situ, manifestasi dari bentuk kepeduliannya terhadap rakyat adalah gereja yang ia bangun bagi masyarakat banyak.

5. Maradona adalah sosok yang kontroversial di luar atau di dalam lapangan. Ia dikenal berseteru dengan Pele dan memiliki masalah dengan kecanduan alkohol dan narkoba

Diego ditangkap karena narkoba/Credit: INews via inews.co.uk

Selain dikenal sebagai sosok yang politis, Diego Maradona juga dikenal sebagai sosok yang kontroversial. Kontroversi awal yang melekat pada sang legenda adalah perseteruannya dengan legenda asal Brazil, Pele. Di zamannya perseteruan dan persaingan mereka sangat ketat.

Di luar lapangan, Diego dikenal sebagai sosok yang kecanduan alkohol, obat-obatan dan kokain. Ia beberapa kali diberitakan tertangkap oleh pihak berwajib karena bermasalah dengan hal-hal yang telah di sebutkan di atas. Ya memang nggak ada manusia yang sempurna, pasti selalu ada kekurangan di sisi lain.

Akhir kata, selamat jalan Diego Maradona. Terima kasih atas ceritamu di lapangan hijau selama ini. Rest in peace, legend!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE