Fakta Seputar Jet Pribadi Gilang “Juragan 99”, Kini Akui Bukan Milik Pribadi

Kekayaan pengusaha kosmetik Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 tengah jadi sorotan publik. Belakangan ini, kepemilikan jet pribadinya diragukan. Kritik datang dari warganet hingga figur publik.

Advertisement

Beragam kritikan itu akhirnya berujung fakta. Melalui kuasa hukumnya, Arman Hanis, Juragan 99 mengakui kalau pesawat jet itu sebenarnya bukan miliknya pribadi. Itu hanya bentuk kerja sama dengan berbagai pihak dalam batas waktu tertentu.

“Pak Gilang ini mempunyai hubungan kerja sama waktu tertentu terkait pemakaian pesawat tersebut. Sekarang sudah selesai (kerja sama), jadi nggak ada masalah sebenarnya. Sudah tidak tahu lagi pesawat itu ke mana,” ucap Arman Hanis (23/3), dikutip dari Kompas.com.

Seperti apa fakta lainnya dari pesawat jet pribadi tersebut? Berikut rangkuman selengkapnya.

Advertisement

Sempat klaim pesawat itu adalah miliknya dan dijadikan kado ulang tahun pernikahan

Jet pribadi hadiah ulang tahun pernikahan Juragan 99 dan Shandy Purnamasari

Jet pribadi hadiah ulang tahun pernikahan Juragan 99 dan Shandy Purnamasari | Credit: Instagram @juragan_99

Memanfaatkan fasilitas pesawat jet dari bentuk kerja sama sebenarnya sah-sah saja. Yang membuat publik geram adalah Juragan 99 sempat mengklaim bahwa pesawat itu adalah miliknya. Ia bahkan menjadikannya sebagai hadiah ulang tahun pernikahan yang ke-8 dengan Shandy Purnamasari.

“Perasaannya kalau ditanya? Terharu nangis! Aku 29 tahun dan suami 31 tahun punya private jet. Kita bukan lahir dari keluarga kaya tapi kita sendiri yang menentukan kita akan seperti apa ketika dewasa nanti #j99corpprivatejet,” tulis Shandy di unggahan Instagramnya (22/1/2021).

Advertisement

YouTuber otomotif Fitra Eri berkesempatan menikmati fasilitas pesawat berkapasitas 9 orang ini. Dari awal ia menegaskan bahwa pesawat tersebut adalah milik Juragan 99. Fitria Eri juga menanyakan seberapa pentingnya punya private jet bagi pria itu.

“Apa sih alasannya Mas Gilang sampai merasa perlu membeli private jet?” tanya Fitra Eri.

“Mobilitas tinggi. Saya sering terbang dari satu kota ke kota lain. Dengan adanya private jet ini yang pertama lebih privasi,” jawab Juragan 99.

Nikita Mirzani menuding Juragan 99 tega membohongi publik soal kepemilikan pesawat jet

Fakta seputar pesawat jet pribadi Juragan 99

Fakta seputar pesawat jet pribadi Juragan 99 | Credit: Instagram @juragan_99

Polemik kepemilikan pesawat jet ini pertama kali disinggung oleh Nikita Mirzani. Ia juga menilai kekayaan Gilang yang sampai bisa punya pesawat pribadi senilai Rp280 miliar sangat tidak masuk akal. Uang sebanyak itu mustahil didapatkan hanya dengan usaha lima tahun, dari yang sebelumnya Gilang bekerja sebagai telemarketing sebuah bank.

“Ayang bebeb Gilang gimana sih? Kok kamu tega bohongin followers, artis yang sudah bikin konten di jet pribadi kamu mas! Di YouTube Fitra Eri dengan pedenya kamu senyum-senyum manja kalau jet pribadi itu punya kamu,” tulis Nikita Mirzani.

Warganet Twitter juga ikut mengungkap bukti kalau pesawat jet itu bukan milik Juragan 99

Fakta seputar pesawat jet pribadi Juragan 99

Fakta seputar pesawat jet pribadi Juragan 99 | Credit: Twitter @ferdianshy

Seorang warganet Twitter menemukan kejanggalan dari kepemilikan pesawat jet tersebut. Juragan 99 mengatakan bahwa ia membelinya dari Amerika Serikat September 2020 dan baru mendarat di Indonesia Januari 2021.

“Btw pesawatnya itu juga bodong ya. Plat n990ms itu lagi ga ada di indo. Lagi di texas amrik. Yang punya orang luar, kok bisa ya ngaku beli 270 miliar padahal punya orang luar,” tulis @ferdianshy.

Pesawat jet itu menampilkan plat nomor N990MS. Menurut warganet tersebut, jika Juragan 99 sepenuhnya membeli maka platnya harus berubah kode jadi PK (kode Indonesia), bukan N (kode Amerika Serikat).

“Pesawat yang katanya dibeli 270 miliar itu lagi mondar mandir di amrik. Kalo dia emang beli seharusnya nomor plat pesawatnya PK. Bukan N. PK=Indo. N=Amrik. Coba cek di FAA. Btw, pesawatnya itu punyanya RSSD PROPERTIES LLC Texas Amrik,” sambungnya.

Data dari flight radar menunjukkan pesawat jet tersebut terdaftar sebagai pesawat Amerika Serikat dengan nomor registrasi N990MS. Sejak 20 September 2021, posisi pesawat itu sudah tidak lagi di Indonesia. Terakhir digunakan untuk terbang pada 13 Maret 2022.

Juragan 99 memang tidak pernah membuat pernyataan resmi bahwa ia membeli pesawat jet Cessna Citation Latitude ini sepenuhnya. Namun, dalam banyak kesempatan ia dan sang istri bergelagat seolah pesawat itu milik mereka pribadi.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE