6 Fakta Menarik Aespa, Grup yang Borong Penghargaan di Korean Music Award 2022

Punya arti nama yang unik, pernah pecahkan rekor, hingga punya avatar

Aespa merupakan girl group asal Korea Selatan yang cukup populer, bahkan di Indonesia. Debut pertama mereka pada 17 November 2020 dengan memiliki personel yang bernama Karina, Winter, Ningning, dan Giselle. Aespa debut dengan meluncurkan hit berjudul Black Mamba di Music Bank KBS2.

Advertisement

Meski masih cukup baru, ternyata Aespa sudah banyak menorehkan prestasi, mulai dari rekor hit, hingga meraih penghargaan dari berbagai ajang. Salah satunya, Aespa memborong 3 nominasi di Korean Music Award 2022, baru-baru ini. Nah seperti apa Aespa sebenarnya?

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Aespa, pecinta K-Pop, yuk scroll!

1. Merupakan girl group terbaru dari SM Entertainment

Daftar pemenang korean music award 2022

Aespa borong penghargaan di Korean Music Award 2022 / Credit by  @aespa_ooficial on Instagram

Bagi pecinta K-Pop pasti sudah tidak asing lagi dengan SM Entertainment yang merupakan sebuah agensi musik terkenal di Korea Selatan yang sudah melahirkan idola-idola K-Pop yang populer hingga ke manca negara, di antaranya adalah EXO, Red Velvet dan NCT.

Advertisement

Sejak 2016 SM Entertainment tak melakukan debut idola baru, dan baru pada 2020 SM Entertainment debut girl group yang diberi nama Aespa.

2. Music Video pertamanya yang berjudul Black Mamba, berhasil mencetak rekor

fakta menarik dari Girl Group Aespa

aespa sukses debut dengan memecahkan rekor pada MV perdananya | Credit by Instagram @aespa_official

Pada debutnya, Aespa meluncurkan single perdana yang berjudul Black Mamba. Tak disingka MV dari Black Mamba tersebut ternyata dapat meraih 21,4 juta  penonton selama 24 jam. Serta mendapat kurang lebih 100 juta penonton dalam waktu 2 bulan saja.

Aespa pun mencetak rekor video musik debut dengan penayangan hari pertama tertinggi di sejarah musik K-Pop. Keren banget ya, SoHip!

Advertisement

3. Makna dari nama girl group Aespa

fakta menarik dari Girl Group Aespa

terdapat makna unik dari nama Aespa | Credit by Instagram @aespa_official

Menurut dari pihak agensi makna dari nama Aespa ialah diambil dari huruf konsonan Korea Selatan yang berbunyi “ae” yang disusun dari frasa “Avatar x Experience” yang berarti sebuah gambaran perjalanan menuju ke dunia baru melalui Avatar.

Dengan menggunakan nama Aespa, SM Entertainment berharap girl group satu ini dapat menjadi gerbang untuk melihat dunia lebih luas dan lebih canggih dari sebelumnya.

4. Aespa memiliki avatar di dunia yang berbeda

fakta menarik dari Girl Group Aespa

memiliki makna nama yang unik, aespa buktikan maknanya | Credit by Instagram @aespa_official

Sesuai dengan arti dari nama Aespa, salah satu member dari Aespa yakni Karina memiliki Avatar. Hal tersebut pertama kali disampaikan melalui video pada kanal YouTube SM Entertainment, di mana pada video tersebut terlihat Karina sedang berinteraksi dengan Avatar dirinya yang disebut dengan “ae-Karina”. Wah.. unik banget ya, SoHip.

5. Satu hari setelah debut, Aespa umumkan nama fandom yang unik

fakta menarik dari Girl Group Aespa

nama fandom Aespa juga terbilang cukup unik | credit by Instagram @aespa_official

Setiap idola K-Pop pasti memiliki nama fandomnya masing-masing. Hal tersebut juga dilakukan oleh Aespa setelah satu hari debut. Nama fandom untuk Aespa pun terbilang cukup unik yaitu “MY” yang diartikan sebagai “my precious friend” atau temanku yang berharga.

6. Memborong penghargaan di Korean Music Award 2022

Daftar pemenang korean music award 2022

Nominasi yang diraih oleh aespa | Credit by Instagram @koreanmusicaward

Aespa berhasil memborong penghargaan di Korean Music Award 2022 dengan kategori Song of The Year, Rookie of The Year dan Best K-Pop Song. Prestasi ini membuat Aespa mengalahkan boygroup paling fenomenal, yakni BTS.

Meski masih tergolong cukup baru, tapi kiprahnya Aespa di dunia musik Korea sudah menunjukan kesuksesan dan karya-karyanya pun dapat diterima oleh para penggemarnya. Wah, hebat ya SoHip! Apakah kamu juga mengidolakan Aespa?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE