Fakta Riwayat Pendidikan Member BTS, Terbaru Jungkook Lulus Kuliah

Tidak hanya berprestasi dalam karir musik, member BTS juga peduli pendidikan

Boyband asal Korea Selatan, BTS tidak hanya berprestasi dalam karier di dunia musik. Mereka  juga tekun kuliah dan peduli akan pendidikan. Inilah yang membuat ARMY kagum sekaligus terharu dengan perjuangan para idolanya. Sebelum masuk agensi Big Hit Entertainment dan menjadi terkenal seperti sekarang, anggota BTS bersekolah di kampung halaman mereka masing-masing.

Advertisement

Meskipun sekarang memiliki segudang kesibukan di dunia hiburan, ternyata tak membuat member BTS melupakan pendidikannya. Bukan hanya mengenyam pendidikan sarjana atau S1, beberapa anggota diketahui tengah menekuni pendidikan S2.

Melansir dari Soompi, enam anggota BTS terdaftar di Hanyang Cyber University untuk program Magister Administrasi Bisnis (MBA). Nah, berikut ini, Hipwee ulas satu per satu seperti apa riwayat pendidikan para anggota BTS ini, yuk simak!

1. Kim Namjoon (RM)

RM BTS

RM BTS | Credit: @bighit.music

Kim Namjoon (RM) bersekolah di Sekolah Dasar Baeksin di Gyeonggi-do di kota Goyang. Tak lama kemudian ia harus pindah, dan ia bersekolah di SD Oma di daerah yang berbeda sampai lulus. Ia belajar di SMP Sinil di kota Goyang, sebuah area di pinggiran kota Seoul.

Advertisement

Saat SMA, ia bersekolah di SMA Ilsan Daejin di Gyunggi-do, hingga kemudian ia dipindahkan ke SMA Apgujeong di Gangnam, Seoul. Kemudian ia dipindahkan lagi ke School Of Performing Arts High (SOPA). RM dulunya juga merupakan siswa pertukaran pelajar di Selandia Baru selama enam bulan.

RM merupakan anggota BTS yang lulus dari Global Cyber University Jurusan Teknik Elektronik. Kemudian melanjutkan pendidikan kuliah pascasarjana (S2) jurusan Advertising and Media di Hanyang Cyber University.

2. Kim Seokjin (Jin)

JIN BTS

JIN BTS | Credit: @bighit.music

Advertisement

Jin bersekolah di Sekolah Dasar Gwanmoon di Gyunggi-do, Gwacheon. Tampaknya keluarga Jin pindah ke Seoul karena ia dipindahkan ke SD Seoul Seryun. Ia juga tinggal di distrik Songpa di Seoul karena ia bersekolah di SMP Bosung. Jin pernah tercatat sebagai siswa pertukaran pelajar di Australia saat SMP.

Setelahnya ia melanjutkan bersekolah di SMA Bosung. Ia juga merupakan lulusan jurusan perfilman dari Konkuk University pada Februari 2017. Setelah lulus dari sana, pada tahun yang sama dia melanjutkan  S2 jurusan Advertising and Media di Hanyang Cyber University.

3. Min Yoongi (Suga)

SUGA BTS

SUGA BTS | Credit: @bighit.music

Suga bersekolah di Sekolah Dasar Daegu Taejeon di kampung halamannya, Daegu. Ia kemudian bersekolah di SMP Gwanum, dilanjutkan di SMA Kangbuk. Tak seperti yang lain, tampaknya Suga tidak banyak berpindah sekolah. Kemudian setelah dia menjadi trainee, dia dipindahkan ke sekolah yang sama dengan RM, SMA Apgujeong.

Ia lulus dari Global Cyber University jurusan Broadcasting Performing Art. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 jurusan Advertising and Media di Hanyang Cyber University.

4. Jung Hoseok (J-Hope)

J-Hope BTS

J-Hope BTS | Credit: @bighit.music

J-Hope bersekolah di SD Seoil di Gwangju, kota kelahirannya. Kemudian dia bersekolah di SMP Ilgok di daerah yang sama. Setelah lulus dari SMP, kemudian ia bersekolah di daerah yang sama, SMA Gukje di Gwangju.

J-Hope juga tercatat sebagai mahasiswa di jurusan yang sama dengan RM, yang lulus dari Global Cyber University Jurusan Teknik Elektronik. Kemudian melanjutkan pendidikan S2 jurusan Advertising and Media di Hanyang Cyber University.

5. Park Jimin (Jimin)

Jimin BTS

Jimin BTS | Credit: @bighit.music

Jimin bersekolah di SD Hwidong di Busan yang sayangnya sekolah tersebut telah ditutup. Dia kemudian bersekolah di SMP Yunsan. Dia kemudian bersekolah di Busan Arts High, di mana banyak gurunya berbicara tentang dia di sini.

Setelah itu, ia pindah ke Seoul untuk mengejar mimpinya dan bersekolah di Hankuk Performing Arts High, sayangnya sekolah tersebut juga telah ditutup. Park Jimin lulus dari Global Cyber University pada Agustus 2020 dan dinobatkan sebagai ‘President’s Award’, melanjukan kuliah S2 di Hanyang Cyber University jurusan Advertising and Media pada September 2020.

6. Kim Taehyung (V)

V BTS

V BTS | Credit: @bighit.music

V bersekolah di SD Daegu Daesung sebentar lalu ia dan keluarganya pindah dari Daegu ke Gyungnam dan bersekolah di SD Changnam di sana. Setelah itu ia kemudian bersekolah di SMP Geochang. Setelah itu, untuk sementara ia berada di SMA Daegu Jeil karena keluarganya pindah kembali ke Daegu. Setelah menjadi trainee, dia pindah ke Seoul dan menghadiri Hankuk Performing Arts High bersama Jimin.

Kim Taehyung, yang merupakan teman satu angkatan dengan Jimin di Korean Arts High School, lulus dari Global Cyber University pada Agustus 2020 dan dinobatkan sebagai ‘President’s Award’. Kemudian melanjutkan kuliah S2 di tahun yang sama dengan Jimin, jurusan Advertising and Media di Hanyang Cyber University.

7. Jeon Jungkook (Jungkook)

Jungkook BTS

Jungkook BTS | Credit: @bighit.music

Jungkook, anggota termuda di BTS ini bersekolah di Busan, Baekyang Elementary. Dia bersekolah di SMP Baekyang juga untuk sementara waktu sampai dia harus pindah ke Seoul untuk menjadi trainee, dan bersekolah di SMP Shingu di Sinsadong, Gangnam. Untuk SMA, dia lulus dari SOPA (School of Performing Arts Seoul) yang terkenal banyak idola berasal dari sini.

Adapun Jungkook, member termuda BTS kelahiran 1997 ini resmi menjadi sarjana dengan gelar di bidang ‘Broadcasting and Entertainment’ serta mendapatkan penghargaan ‘President’s Award’ dari Global Cyber University pada 3 Maret 2022. Saat ini belum ada kabar jika Jungkook akan melanjutkan pendidikan S2 seperti anggota BTS lainnya.

Meskipun BTS kini tengah naik daun di industri musik, tapi pendidikan tetap menjadi hal penting bagi seluruh anggota. Beruntungnya, pihak manajemen yang menaungi mereka memberikan dukungan penuh untuk para member BTS yang ingin melanjutkan studi akademik. Wah keren ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE