Ajak Ridwan Kamil Selfie saat Beduka, Selebgram Fitri Bazri Banjir Kritikan

Musibah yang menimpa keluarga Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil atas hilangnya sang putra Emmeril Kahn Mummtadz di sungai Aaree, Swiss, membuat masyarakat ikut merasakan duka yang mendalam. Apalagi saat Ridwan Kamil menyatakan telah mengikhlasakan sang putra dan memutuskan kembali ke Tanah Air pada Jumat (3/6) kemarin. Berbagai unggahan foto lama Ridwan Kamil dan sang putra disertai ucapan duka dan empati figur publik pun ramai di media sosial.

Advertisement

Unggahan tersebut mengundang simpati warganet yang turut mendoakan putra Ridwan Kamil tersebut. Sayangnya, unggahan dari selebgram Fitri Bazri justru viral dan dibanjiri kritikan warganet. Hal ini karena Fitri Bazri sempat mengajak Ridwan Kamil selfie saat bertemu di bandara.

Fitri Bazri mengunggah foto selfie bersama Ridwan Kamil saat transit di Doha

Fitri Bazri

Unggahan Ftri Bazri | Tangkapan layar di Instagram @fitriahbazrii

Kabar kepulangan Ridwan Kamil bersama istri dan anak keduanya memang membuat masyarakat semakin ikut merasakan duka yang mendalam. Berbagai informasi dan tentang kepulangan Ridwan kamil dan keluarga pun menjadi perhatian publik. Salah satunya unggahan video di Instagram Story milik Fitri Bazri yang memperlihatkan Ridwan Kamil sedang berjalan menunduk sembari menggeret koper saat transit di Bandara Internasional Hamad Doha, dalam perjalanan dari Swiss menuju Indonesia.

Usai unggahan video tersebut, Fitri Bazri kemudian mengunggah foto selfie bersama Ridwan Kamil dan beberapa orang lainnya. Dalam unggahan tersebut, ia mengungkap sedikit isi obrolannya bersama Ridwan Kamil tentang ketegaran yang menurutnya sangat berkesan.

Advertisement

“Masyaallah, bisa ngobrol walau sebentar dengan kang @ridwankamil. Sangat berkesan sekali omongan beliau, ‘semua hanya milik Tuhan, yang terpenting dari segala hal hanyalah bekal dari kita’. Sungguh sangat tegar, semoga Allah permudah dan ada keajaiban Yaa Allah,” tulis Fitria Bazri dalam unggahan foto selfie bersama Ridwan Kamil lewat Insta Story pada Jumat (3/6).

Tak hanya itu, dalam unggahan lainnya, Fitri Bazri juga menungkap kegiatan Ridwan Kamil selama mendampingi proses pencarian sang putra di sekitar sungai Aaree. Bahkan Fitri juga menceritakan jika Ridwan Kamil sempat bertanya ia dari mana saja dengan wajah tersenyum.

Fitri Bazri ramai dikritik warganet usai mengunggah foto selfie bersama Ridwan Kami

Fitri bazri

Ktikan wargaet terhadap Fitri Bazri | Tangkapan layar Twitter, Sabtu (4/6)

Advertisement

Usai mengunggah foto selfie bersama Ridwan Kamil dan menceritakan obrolannya, Fitri Bazri justru dibanjiri kritikan warganet. Bahkan namanya sempat trending di Twitter pada Jumat (3/6) malam kemarin hingga Sabtu (4/6). Alih-alih dianggap berempati atas kondisi duka yang menimpa keluarga Ridwan Kamil, Fitri Bazri justru dianggap sebaliknya, karena mengajak Ridwan Kamil yang masih bermata sembab untuk selfie bersama.

“Sumpah masih kesel banget sama Fitri Bazri yang katanya seleb, walaupun pak Ridwan Kamil cerita-cerita gitu, emang pantes ya?” tulis @cumabuat****

Banyak pula yang merasa kesal dengan sikap Fitri Bazri yang dianggap nggak memiliki etika. Sebab, bagaimana pun meski seorang selebgram, Fitri Bazri tetap orang asing bagi keluarga Ridwan Kamil yang sedang beduka. Apalagi mereka bertemu secara nggak sengaja karena naik pesawat yang sama. Tak hanya itu, banyak juga warganet yang me-report akun Instagram Fitri Bazri.

“Yang dilakukan Fitri Bazri sangat tidak beretika. Orang se-Indonesia juga tahu kalau pak Ridwan Kamil sedang berduka. Boro-boro ajak selfie, tanya kabar aja mungkin harus pikir-pikir, takut menyinggung perasaan, apalagi sampai ngajak cerita. Ingat situ orang asing!,” ulis @dwrtn****

Fitri Bazri minta maaf, ungkap tindakannya selfie dengan Ridwan Kamil adalah hal yang normal

Fitri Bazri

Permintaan maaf \ Instagram @fitriahbazrii

Usai foto unggahannya viral dan dibanjiri kritikan oleh warganet, Fitri Bazri membuat klarifikasi atas tindakannya saat bertemu dengan Ridwan Kamil di bandara. Dalam unggahan di Instagram pribadinya, Fitri Bazri mengungkap permintaan maaf atas foto selfie-nya yang dianggap kurang berempati pada kondisi Ridwan Kamil. Ia juga mengaku jika niat awalnya hanya ingin mengungkapkan belasungkawa.

“Jujur niat awal kami hanya mengucapkan belasungkawa saat berpapasan dengan beliau, saat menunggu boarding yang sama di Doha, Qatar,” tulis Fitri Bazri dalam klarifikasinya, yang diunggah pada Jumat (3/6) malam.

Dalam unggahan tersebut, Fitri Bazri berpendapat jika tindakan tersebut nggak bermaksud apa pun, karena hanya ingin menunjukkan pada publik ketegaran yang dihadapi Ridwan Kamil sebagai orang yang sedang berduka.

“Setelah ngobrol sebentar dengan beliau, lalu normal sebagai manusia kita ingin mengabadikan momen bersama pak Ridwan Kamil. Serta tidak ada tujuan apa pun. Saya pribadi meng-upload hanya ingin melihatkan ketegaran beliau, sekali lagi tidak ada tujuan apa pun,” lanjut imbuh Fitri Bazri.

Atas kejadian tersebut, kini foto dan video yang diunggahnya di Insta Story dan Reels Instagram sudah dihapus. Fitri Bazri pun meminta maaf karena tindakannya menuai kritik. Ia berharap kejadian tersebut bisa menjadi pelajaran untuk ke depannya.

Meski sudah memberikan klarifikasi dan minta maaf, tindakan Fitri Bazri tetap masih dikecam. Caranya menyampaikan belasungkawa dinilai nggak tepat, apalagi sampai mengajak berfoto bersama. Selain Fitri Bazri memang banyak figur publik yang menyampaiakn duka cita lewat unggahan di media sosial. Namun, mereka mengunggah foto lama Ridwan Kamil dan sang putra, atau momen kebersamaan mereka dengan keluarga Ridwan Kamil, bukan foto selfie saat kondisi masih berduka.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE