8 Grup K-Pop yang Masih Eksis Walau Anggotanya Nggak Seagensi. Ada BIGBANG

Tidak satu perusahaan bukan berarti grup harus bubar ya SoHip!

Lazimnya, group K-Pop debut sebagai satu grup dan juga satu perusahaan atau agensi. Maka nggak heran jika banyak grup yang bubar setelah anggotanya meninggalkan agensi awal dan bergabung dengan agensi lain.

Advertisement

Namun, ada pula grup K-Pop yang yang tetap beraktifitas bersama meskipun para membernya telah tergabung dengan agensi lain. Grup-grup tersebut bahkan kembali bersama untuk merilis musik dan album, serta beraktifitas bersama meskipun nggak lagi satu perusahaan.

Nah, daripada penasaran berikut ini adabeberapa grup K-Pop yang nggak bubar, tapi memiliki anggota-anggota yang tergabung dalam agensi lain. Siapa sajakah itu? Yuk kita cari tahu!

1. 2AM, semua anggota miliki agensi yang berbeda-beda

2AM

Potret 2AM / Credit: IG 2AM Official

Group boyband ballad ini debut pada 2018 di bawah naungan JYP Entertainment dan hingga saat ini mereka dinyatakan belum bubar. Mereka masih aktif di dunia hiburan Korea seperti menjadi penyanyi dan aktor, bahkan ada yang mendirikan perusahaannya sendiri seperti Changmin.

Advertisement

Walaupun belum bubar, secara resmi 2AM telah meninggalkan JYP Entertainment. Uniknya lagi, tidak ada anggota 2AM yang memiliki agensi yang sama.  Daftar agensi mereka adalah sebagai berikut:

  • Changmin – TheBsky Ent
  • Seulong – Jellyfish Entertainment
  • Jo Kwon – Cube Entertainment
  • Jinwoon – Mystic Story

2. 2PM. 4 anggota seagensi, satu anggota tak miliki agensi

Potret anggota 2PM

Potret anggota 2PM / Credit: IG real_2pmstagram

Advertisement

2PM juga salah satu boygroup yang masih eksis hingga saat ini, walaupun kini lebih banyak memiliki aktifitas solonya masing-masing. Dikabarkan salah satu aggotanya yakni Chansung baru saja menikah dan keluar dari JYP Entertainment menyusul Taecyeon yang lebih dulu hengkang.

Hingga kini Chansung dikabarkan masih belum memilik agensi, sedangkan Taecyeon sudah bersama Agensi 51 K. Member lain seperti Jun K., Junho, Wooyoung, Nickhun masih betah di bawah naungan JYP Entertainment.

3. Apink, satu member memilih untuk pindah agensi

Potret Girlgroup Apink

Potret Girlgroup Apink / Credit: IG Apink (에이핑크)

Apink merupakan salah satu girlgroup K-Pop senior, mereka telah debut sejak tahun 2011 di bawah naungan perusahaan yang kini dikenal sebagai IST Entertainment. Pada Mei 2021, salah satu anggotanya yakni Song Naeun resmi bergabung dengan YG Entertainment sebagai seorang aktris.

Namun, walaupun begitu group Apik tidaklah bubar. Bahkan mereka dikabarkan akan melakukan comeback pada Februari mendatang. Walaupun begitu, penggemar harus sedikit kecewa karena Naeun tak bisa ikuti promosi bersama anggota lain yang masih di bawah naungan IST Entertainment seperti Chorong, Eunji, Bomi, Namjoo, Hayoung.

4. Girls’ Generation, girlgroup ikonik yang 5 anggotanya masih di SM Entertainment

Girl's Generation OH!GG

Girl’s Generation OH!GG / Credit: IG @girlsgeneration

Girlgroup ini dibentuk oleh SM Entertainment pada 2007, grup ini bahkan dijuluki sebagai Nation Girlgroup karena kiprahnya yang luar biasa sebagai penyanyi idola. Kini Girls’ Generation atau yang disingkat SNSD ini masih belum bubar walau anggotanya berfokus ke solo karier.

Lima anggotanya yakni Taeyeon, YoonA, Hyoyeon, Sunny, Yuri masih berada di SM Entertainment dan membentuk sub-unit baru yakni Girls’ Generation-Oh!GG. Sedangkan ketiga anggotanya tersebar ke agensi lain seperti:

  • Tiffany – Paradigm Talent Agency
  • Sooyoung – Saram Entertainment
  • Seohyun – Namoo Actors

5. GOT7 yang bersama-sama tinggalkan JYP Entertaiment namun tidak bubar

GOT7

Potret kebersamaan anggiota GOT7 / Credit: IG GOT7

Pada Januari 2021, semua anggota GOT7 tak memperpanjang kontraknya bersama JYP Entertainment, agensi yang membesarnya. Tentunya hal itu mengejutkan bagi para penggemar, kendati demikan GOT7 tidak membubarkan diri sebagai grup.

Kini mereka aktif secara solo, namun ketujuh anggota tetap menjanjikan comeback di masa depan. Mereka telah menanda tangani kontrak dengan agensi pilihannya masing-masing sebagai berikut:

  • Jay B – H1ghr Music
  • Mark – Creative Artists Agency
  • Jackson, Youngjae – Sublime Artist Agency
  • Jinyoung – BH Entertainment
  • BamBam – Abyss Company
  • Yugyeom – AOMG

6. Anggota EXID akhiri kontrak dengan Banana Culture Entertainment

EXID masih bersama

EXID masih bersama sebagai girgroup / Credit: IG
exidofficial

Pada tahun 2019, kontrak EXID dan Banana Culture Entertaiment dikabarkan telah berakhir. Dari lima anggota, Solji, LE dan Hyelin masih bertahan di agensi lama sedangkan Hani dan Jeonnghwa memutuskan mencari agensi baru.

Namun kini dikabarkan agensi Banana Entertainment sudah bangkrut pada 2020 hingga ketiga anggota EXID lainnya mencari agensi baru, walaupun demikian EXID dinyatakan belum bubar. Berikut data terbaru agensi para anggota EXID.

  • Hani – Sublime Artist Agency
  • Solji – C-JeS Entertainment
  • LE – Tidak ada
  • Hyerin – Sidus HQ
  • Jeonghwa – J WIDE Company

7. Block B, sempat pindah agensi dan masih eksis hingga saat ini

Block B belum bubar

Potret Block B / Credit: IG Block B

Block B pada awalnya debut di bawah Stardom Entertainment pada 2011. Namun pada 2013 mereka mengajukan gugatan pada agensi tersebut karena penghasilan mereka nggak dibayarkan oleh agensi.

Namun pada tahun yang sama mereka dikabarkan akan debut kembali di bawah naungan perusahaan Seven Seasons dan aktif hingga sekarang. Diketahui, anggota Block B Taeil, Jaehyo, B-Bomb, Park Kyung, U-Kwon masih berada di Seven Season hingga saat ini.

Pada 2019 salah satu anggotanya yakni Zico memutuskan untuk keluar perusahaan dan mendirikan agensinya sendiri yakni KOZ. Pada 2021, salah satu rekannya yakni P.O mengikuti jejaknya keluar dari agensi dan bergabung dengan Artist Company.

8. Terakhir ada BIGBANG, salah satu anggotanya tinggalkan agensi YG

TOP keluar agensi

TOP keluar agensi / Credit: IG YG Entertainment

Beberapa hari lalu (7/2) YG Entertainment memberikan dua pengumuman yang mengejutkan yakni BIGBANG yang dikabarkan akan melakukan comeback pada musim semi 2022. Kabar ini tentunya menjadi angin segar bagi penggemar setelah 2018 silam.

Namun hal ini bersamaan dengan kabar mengagetkan lain yakni salah satu member yakni TOP akan hengkang dari YG Entertainment setelah 16 tahun. Mereka menuturkan bahwa TOP masih bagian dalam grup dan akan berkarya bersama BIGBANG untuk kedepannya. Hingga saat ini, belum diketahui TOP akan bergabung ke agensi mana.

Nah itu tadi 8 grup yang anggotanya sudah lagi nggak satu agensi tapi tetap kompak memberikan yang terbaik untuk penggemar. Mana nih grup idola Korea favorit kamu?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE