Ivan Gunawan Bangun Masjid Indonesia di Afrika, Jadi yang Terbesar di Uganda

Desainer dan presenter Ivan Gunawan tengah memulai proyek amalnya untuk membantu umat muslim di Afrika. Pria yang akrab disapa Igun ini membangun sebuah masjid di Desa Ruwabarangga, Uganda, Afrika. Berbekal keinginan untuk menyediakan tempat ibadah yang lebih layak di sana, Igun pun mulai merealisasikan proyek itu.

Advertisement

Untuk mewujudkannya, Igun bekerja sama dengan Hamza Tamimy, seorang relawan kemanusiaan dari organisasi Golden Future Indonesia. Organisasi tersebut banyak merancang program yang berfokus membantu kehidupan umat muslim di Afrika dan Timur Tengah.

Masjid tersebut akan jadi yang terbesar di Uganda

Nantinya, masjid ini akan dinamakan Masjid Indonesia. Hamza menuturkan bahwa Masjid Indonesia akan mampu menampung hingga 500 jamaah dengan total penduduk Ruwabarangga sebanyak lima ribu orang. Selama ini, masjid-masjid di Uganda hanya mampu menampung maksimal 200 jamaah. Dengan kapasitas yang bertambah dua kali lipat, masjid tersebut akan menjadi yang terbesar di Uganda.

Advertisement

“Assalamualaikum, Kak Igun. Alhamdulillah sekarang kita sudah dapat tempat untuk lokasi Masjid Indonesia. Ini lokasinya di Ruwabarangga, Uganda Barat yang dapat menampung 400 hingga 500 jamaah.

Ini masjid yang cukup besar karena biasanya masjid-masjid yang dibuat di sini paling cuma menampung 150 sampai 200. Tapi ini mencapai hampir dua kali lipatnya,” jelas Hamza lewat Instagram @hamza.tamimy.

Saat ini diketahui Masjid Indonesia sedang dalam tahap pembangunan. Lahan yang sudah disiapkan akan dibersihkan terlebih dahulu sebelum didirikan pondasi. Hamzah menuturkan bahwa warga lokal menyambut positif proyek amal ini dan turut membantu dalam proses pembangunan.

Advertisement

Igun pun meminta doa dan dukungan agar pembangunan Masjid Indonesia berjalan lancar dan segera dapat digunakan oleh warga di sana.

“Berkat relawan kemanusiaan @goldenfuture.indonesia pembangunan Masjid INDONESIA akan segera dibangun.. Minta doa dan dukungan agar semua bisa berjalan lancar dan segera bisa dipergunakan masyarakat di Uganda,” tulis Igun melalui Instagramnya.

Ini bukan kali pertama Igun membangun masjid. Sebelumnya, ia mendapat hadiah Rp500 juta dari Deddy Corbuzier karena berhasil menurunkan 20 kg berat badannya dalam tiga bulan (13/9). Alih-alih untuk keperluan pribadi, Igun menggunakan uang tersebut untuk membangun sebuah masjid di Garut, Jawa Barat.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE