Namanya Dicatut Penipuan Puluhan Juta, Ivan Gunawan Tegaskan Jangan Mudah Percaya

Ivan Gunawan soal penipuan

Belakangan, media sosial dihebohkan dengan sebuah video seorang wanita menangis lantaran keluarganya menjadi korban penipuan. Disinyalir, mereka ditipu puluhan juta dengan iming-iming akan bertemu dan dirias oleh desainer kondang Ivan Gunawan. Unggahan yang dibagikan akun TikTok @hartati163 kemudian menjadi viral.

Advertisement

Terlihat di video itu, seorang pria tergolek lemas dan disebut kesurupan lantaran tak terima menjadi korban penipuan. Seorang lagi dalam posisi berdiri memberontak ketika ditenangkan. Kabar tersebut rupanya sampai ke presenter Ivan Gunawan. Ia pun meluruskan bahwa dirinya tak pernah mengadakan meet & greet atau event berbayar.

Ivan mengingatkan pada penggemar untuk berhati-hati, ia meminta tak gampang percaya dengan kuis, sayembara, atau iming-iming lainnya

Dalam tayangan video yang dibagikan akun @hartati163, merinci jumlah barang yang lenyap dibawa sang penipu. Diantaranya, emas 5 item senilai kurang lebih Rp40 juta, sebuah smartphone, dan uang Rp2 juta. Sebab heboh di dunia maya, sahabat Ivan, Ruben Onsu berusaha mencari tahu tentang korban penipuan tersebut di Instagram miliknya.

Advertisement

Hal ini juga sejalan dengan Ivan yang angkat bicara soal kasus tersebut. Untuk menghindari jatuhnya korban lain, ia mengimbau semua followers untuk lebih berhati-hati dan tak mudah untuk percaya.

“Teruntuk semua followers-ku, sekali lagi harap berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan Ivan Gunawan. Mohon untuk tidak mudah percaya dengan kuis, sayembara, atau iming-iming dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Semoga kalian lebih bijak menggunakan sosial media,” tulis Ivan dalam unggahan di Instagram.

Advertisement

Sebelum kejadian ini, rupanya pernah ada pengalaman serupa yang bermodus penipuan. Yakni dengan melakukan promosi dan kuis di Facebook. Ivan pun menegaskan bahwa ia tak pernah mengadakan meet and greet, atau giveaway apa pun yang berbayar.

“Akhir-akhir ini banyak juga teman-teman kita yang tertipu karena ada kuis atau apa pun itu di Facebook yang mengatasnamakan saya. Sekali lagi, saya tidak pernah membuat event apa pun yang berkaitan dengan kalian harus mentransfer, saya kasih hadiah, tidak pernah. Kecuali ada di Instagram aku sendiri,” bebernya.

Korban menceritakan kronologi kejadian, awalnya mereka diimingi bertemu Ivan di salah satu televisi swasta untuk menjadi talent

Peristiwa ini dialami ibu-ibu di Jakarta bernama Mardiah, Hartati, dan Siti. Mereka ditipu orang tak dikenal dengan iming-iming bisa bertemu dan didandani oleh Ivan Gunawan di sebuah stasiun TV swasta. Awalnya, ketiga ibu ini didatangi orang yang mengaku kru dari Ivan Gunawan.

Mereka diminta untuk ikut ke salah satu program di televisi, sang penipu mengingatkan ibu tersebut untuk membawa emas sebagai aksesoris lantaran acara disebut-sebut bertema glamor.

Dikutip dari InsertliveHartati mengatakan kalau sebenarnya sempat menaruh curiga. Namun, ia nggak berkutik seolah dihipnotis karena mau saja mengikuti intruksi sang oknum.

Saat tiba di lokasi, ketiganya dipisah pelaku. Siti diminta pergi ke swalayan untuk membeli produk dan dua lainnya diminta ke arah lain. Di sanalah pelaku menjalankan aksinya, emas yang dibawa beserta tas dengan harta benda dibawa kabur menggunakan taksi.

Kesedihan diperparah karena emas tersebut juga bukan milik mereka, melainkan punya tetangga. Korban kemudian dituntut untuk mengembalikan emas dalam waktu secepat mungkin yang ditaksir hampir Rp40 juta.

Sampai sekarang, belum ada keterangan lebih lanjut soal pelaku penipuan ini. Namun, publik diingatkan untuk lebih hati-hati dan jangan mudah percaya dengan acara yang mengatasnamakan figur publik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE