Kabar Duka, Aktris Aminah Cendrakasih Pemeran ‘Mak Nyak’ Si Doel Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari dunia perfilman Tanah Air. Pada Rabu (21/12) sekitar pukul 19.30 WIB, aktris senior Aminah Cendrakasih meninggal dunia. Aminah banyak dikenal lewat bakat aktingnya dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan sebagai Lela atau Mak Nyak.

Kabar tersebut dikonfirmasi langsung lawan mainnya di sinetron tersebut, Rano Karno dan kakaknya Rubby Karno. Berikut ini kabar selengkapnya!

ADVERTISEMENT

Aminah Cendrakasih meninggal dunia dan akan disemayamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat

Kabar meninggalnya Aminah Cendrakasih

Kabar meninggalnya Aminah Cendrakasih | Credit: Facebook Rubby Karno

Aminah Cendrakasih menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (21/12) lalu. Aktris senior kelahiran Magelang, 29 Januari 1938 ini menutup mata untuk selama-lamanya di umur 84. Kabar wafatnya Aminah diketahui publik lewat unggahan Facebook Rubby Karno, sineas sekaligus kakak dari aktor Rano Karno.

Dalam unggahannya, Rubby Karno mengungkapkan belasungkawa atas berpulangnya Aminah Cendrakasih ke Yang Maha Kuasa. Ia juga menampilkan potret saat dirinya sedang menjenguk almarhumah yang terbaring sakit.

Melansir dari Kompas.com, putri Aminah Cendrakasih, Lala turut membenarkan kabar duka ini. Ia menyebut Aminah menghembuskan napas terakhir di rumah. Jenazah Aminah Cendrakasih rencananya akan dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Kamis (22/12) siang, satu liang lahat dengan sang ibu, Mak Uwok.

ADVERTISEMENT

Kepergian Aminah Cendrakasih meninggalkan duka bagi rekan selebritas dan penggemar

Aminah Cendrakasih memang mempunyai riwayat penyakit glaukoma sejak tahun 2011. Penyakitnya itu membuat penglihatan sang aktris kabur hingga berujung tak bisa melihat. Aktivitasnya pun menjadi terganggu karena harus terus terbaring di atas kasur.

Sejak saat itu, banyak rekan selebritas yang datang menjenguk mendiang sekaligus memberikan semangat agar lekas sembuh. Namun kini, Aminah Cendrakasih telah dipanggil Yang Maha Kuasa untuk selama-lamanya. Kabar duka itu tentu menyisakan duka bagi rekan selebritas serta para penggemar. Seperti yang diungkapkan oleh Rano Karno, pemeran Doel dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan lewat Instagramnya pada Rabu (21/12). Rano Karno menyiarkan kabar duka ini dan juga mendoakan agar Aminah Cendrakasih diberikan tempat terbaik di sisi-Nya.

Innalilahiwainalilahirojiun. Telah meninggal dunia ibunda tercinta, ibu Aminah Cendrakasih. Kita berdoa mudah-mudahan Allah memberikan kelapangan bagi almarhumah dan diterima di sisi-Nya. Abang mohon maaf apabila semasa hidup beliau, beliau punya salah. Mari kita maafkan dan mudah-mudahan kepergian beliau bisa memberikan ketenangan lahir dan batin,” ujar Rano Karno.

Sederet pemeran Si Doel Anak Sekolahan seperti Cornelia Agatha (Sarah) dan Suty Karno (Atun) pun turut mengucapkan belasungkawa atas kepergian aktris legendaris tersebut.

“Selamat jalan Mak Nyak,” tulis Suty Karno dalam ungahan Instagram Story.

“Selamat jalan Mak Nyak.. Cintaku selalu untukmu,” tulis Cornelia Agatha melalui Instagram Story.

Semasa hidupnya, Aminah Cendrakasih dikenal sebagai aktris berbakat Indonesia yang bersinar pada tahun 50-an. CNN Indonesia mencatat tak kurang dari 101 film yang dibintangi olehnya. Bakat akting dan darah seniman yang dimiliki Aminah pun diwariskan dari kedua orang tuanya. Mendiang ayah Aminah dulunya adalah seorang aktor sandiwara.

Namanya pun semakin meroket saat membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan tahun 1994. Dalam sinetron itu, Aminah memerankan karakter Lela atau Mak Nyak, ibunda dari Doel yang diperankan oleh Rano Karno. Sepanjang kariernya, Aminah banyak menyabet penghargaan. Salah satunya yaitu Piala Maya untuk kategori Penampilan Singkat nan Berkesan berkat perannya di Si Doel The Movie 2019. Ya, meskipun sudah terbaring sakit akibat glaukoma sejak 11 tahun lalu, Aminah sempat merampungkan beberapa adegan dalam film adaptasi sinetron Si Doel Anak Sekolahan tersebut.

Selamat jalan, Mak Nyak…

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Writing...

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day