Hobi SBY Saat PPKM Jadi Sorotan, Karya Lukisan Terbarunya Banjir Pujian. Terlihat Nyata!

Karya lukisan SBY

Ada banyak cara yang dilakukan orang untuk mengisi waktu saat pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Mulai dari menunaikan kegiatan produktif seperti bekerja atau mencari nafkah, mengikuti beragam seminar untuk menambah pengetahuan, hingga melakukan aktivitas kegemaran yang sudah lama ditinggalkan. Seperti baru-baru ini, media sosial tengah memperbincangkan sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden ke-6 RI ini menjadi trending topic  di Twitter usai foto yang memperlihatkan hobi melukisnya tersebar di dunia maya.

Advertisement

Dalam unggahan, memperlihatkan foto SBY yang mengenakan topi datar khas pelukis di antara sejumlah karya lukisannya. Salah satu yang menarik perhatian ialah lukisan ombak di tepi pantai dengan judul “Debur Ombak di Pantai Pacitan”. Tak banyak yang tahu soal hobinya tersebut, sontak warganet merasa kagum dengan detail karya yang dihasilkan SBY selama pandemi.

Sudah sekitar 2 bulan ia melukis di sudut studio mini Cikeas, kegiatan itu jadi salah satu medium perjalanan batin yang mengekspresikan perasaannya

Karya lukisan SBY | Credit: Instagram @jansensitindaon

Hobi melukis SBY sebenarnya sudah dimiliki sejak duduk di bangku SMP. Kini lebih gencar ia lakukan untuk mengisi waktu selama pandemi dan juga menjadi sarana mengelola serta merefleksikan perjalanan batinnya selama ini. Tak hanya itu, melukis juga memberi kesempatan bagi SBY memaknai kehidupan usai berpulangnya sang istri, Ani Yudhoyono pada 2019 silam.

Dalam unggahan yang dibagikan Jansen Sitindaon, SBY terlihat berdiri di samping lukisan lengkap dengan topi, kaus hitam hingga celana abu-abu yang membuatnya terlihat seperti seniman sejati. Menurut Jansen, lukisan yang dipamerkan SBY itu merupakan lukisan terbarunya. Kondisi alam Pacitan sebagai tempat kelahiran beliau kerap dijadikan inspirasi.

Advertisement

“Saya sudah lihat beberapa lukisan Pak SBY yang lahir selama pandemi ini, memang banyak ‘diilhami Pacitan’ tempat kelahirannya yang memang indah sekali banyak pantai dan gunung-gunung. Termasuk Pak SBY sudah melahirkan 2 lukisan tentang Merapi yang dulu dekat dengan kesehariannya sebagai Danrem Yogya,” cuit Jansen dikutip Hipwee dari Twitter, Senin (9/8).

Dikenal sebagai pribadi kreatif, rupanya SBY mempunyai darah seniman yang kental. Bahkan ia sempat menciptakan sejumlah lagu hingga merilis album.

Melukis menjadi ekspresi cinta SBY kepada mendiang sang istri, tak sedikit inspirasinya berasal dari jepretan foto yang dibuat Ani Yudhoyono

Advertisement

Melukis juga menjadi perantara SBY mengekspresikan rasa cinta ke Ani Yudhoyono. Terbukti, ketika ulang tahun mendiang pada 6 Juli 2021, ia menghabiskan waktu sehari penuh melukis dari jepretan sang istri. Biasanya keluarga mereka akan berziarah, tetapi demi mendukung PPKM hadiah lukisan untuk mengenang sang istri jadi pilihan.

“Sebagai gantinya, siang dan sore hari ini saya melukis. Dan lukisan ini meskipun dunia (kami) berbeda, dengan izin Allah saya persembahkan untuk istri tercinta,” papar SBY dikutip dari Instagram Agus Yudhoyona, (6/7).

SBY kala itu mengakui bahwa sejatinya lukisan langit senja tersebut merupakan foto pemandangan hasil jepretan Ani Yudhoyono pada 2015. Lukisan cantik dengan detail apik yang dibuatnya selama PPKM pun dipuji oleh warganet. Mereka kagum dengan hobi yang dijalani sebagai bentuk ekspresi diri serta cintanya kepada mendiang istri.

“Pak SBY ini pandai melukis juga ternyata. Foto deburan ombaknya terlihat nyata,” kata akun @ulir***

“Biasanya orang-orang hebat sangat cinta istrinya, ketika ditinggalkan istri akan mencari kesibukan-kesibukan agar tidak terkulai dan lemah dengan kesendirian. Dan kesibukan-kesibukan tersebut menjadi karya yang hebat karena dilandasi cinta yang kuat. Sama dengan Pak Habibie,” komentar @muhammad_asa***

Menggunakan waktu PPKM dengan cara yang unik, kegiatan SBY ini pun menjadi refleksi diri di hari tuanya. Sebab sejatinya, kegemaran dan hobilah yang bisa membuat perasaan tetap bahagia.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE