Sindir Pemerintah Lewat Tren “Welcome to Indonesia”, Kiky Saputri Dikritik Warganet: Harus Solutif

Kiky Saputri welcome to Indonesia

Lagu “Welcome to Indonesia” cukup nge-tren belakangan ini. Deretan selebritas pun ikut menyuarakan keresahan mereka soal kondisi sosial dan budaya di Indonesia lewat lagu tersebut, tak terkecuali Kiky Saputri. Namun, berbeda dengan artis lain yang kebanyakan menyoroti budaya masyarakat Indonesia yang buruk, Kiky menggunakan lagu itu untuk ‘menyentil’ pemerintah. Komika sekaligus artis ini dengan berani mengkritik pemerintah terutama dalam penanganan pandemi Covid-19.

Advertisement

Gara-gara menyanyikan lagu “Welcome to Indonesia” versinya yang berisi kritikan terhadap pemerintah, Kiky pun menuai pro dan kontra. Sebagian warganet memang mendukung keberaniannya, tapi di sisi lain tak sedikit warganet yang balik mengkritik nyanyian versi Kiky. Pasalnya, mereka menilai Kiky cuma bisa bicara saja, tanpa disertai solusi.

Kritik pemerintah, Kiky Saputri singgung korupsi bansos sampai rumah sakit khusus pejabat di masa pandemi

Ikuti tren menyanyikan lagu “Welcome to Indonesia” yang tengah viral, Kiky menyinggung kinerja pemerintah dalam mengatasi pandemi. Lewat lagu itu, Kiky menyebut Indonesia sebagai negeri jenaka. Soalnya, kebijakan pemerintah dinilai ‘lucu’ karena tidak mementingkan kebutuhan rakyat. Ia mengawali lagu dengan membahas bantuan sosial untuk masyarakat terdampak pandemi yang berujung dikorupsi.

Advertisement

“Tidakkah kalian dengar jeritan hari rakyat, malah minta rumah sakit khusus pejabat,” lanjut Kiky.

Di lirik berikutnya, Kiky mempersoalkan usulan anggota DPR tentang rumah sakit khusus pejabat di masa pandemi. Usulan tersebut memang menuai kontroversi karena dianggap tidak berempati dengan rakyat. Apalagi di tengah banyak rakyat yang kesulitan mencari rumah sakit yang mayoritas sudah penuh dengan pasien Covid-19. Di akhir lagu, Kiky mempertanyakan kebijakan tenaga kerja asing yang masih diizinkan wira-wiri ke Indonesia. Padahal rakyat di dalam negeri harus di rumah dan mobilitasnya dibatasi demi mencegah penyebaran virus. Sejak diunggah pada Senin (12/7) lalu, lagu versi Kiky langsung menuai beragam respons dari warganet.

Meski mendapat dukungan karena berani bersuara, Kiky tetap menerima kritikan. Sebagian warganet menilai ia cuma bisa ngomong tanpa solusi

Advertisement

Respons warganet soal kritikan Kiky Saputri pada pemerintah | Instagram @kikysaputrii

Dianggap mewakili keresahan, Kiky mendapatkan dukungan dari sebagian warganet. Mereka salut dengan keberanian Kiky mengutarakan pendapat dan kritikan terhdap kebiajkan pemerintah yang memang dinilainya kurang tepat. Kendati demikian, mereka sempat mengkhawatirkan Kiky. Karena melontarkan kritikan, ia bisa saja ‘diciduk’ oleh pihak berwenang. Mereka pun meminta Kiky untuk berhati-hati.

“Mantab, patuh pemerintan bukan berarti tidak boleh kritis🔥,” tulis akun @ismailov***.

“Harus berani makasih Ki sangat terwakili😢😍,” dukung akun @karya_sas***.

“Mbak Kiki tidak takut di ott sama kpk .tapi salut sama Neng kiki mendingan julit sama orang yang sdh TDK tahu perasaan .dari pada kritik sopan masih tdk peka mendingan to the point ajah.Gaskeuuunnn Neng kiki,” tulis warganet lain dengan akun @iyan.ros***.

Walaupun menerima dukungan, Kiky tetap mendapatkan kritikan dari sebagian warganet lain. Mereka menilai Kiky cuma bisa mengkritik pemerintah, tapi tak bisa memberikan solusi. Jadi, tak sedikit warganet yang menganggap nyanyian Kiky sia-sia dan kurang berpengaruh. Bahkan Kiky disebut sebagai warga negara yang nggak bangga dan cinta dengan Indonesia gara-gara kritikan yang disuarakannya.

“Kalo mau kritik kasih jg solusinya,kl cuman ngomong beo jg bisa,” tulis bucex***

“Heh @kikysaputrii loe tau ga sebelum ngemeng? tenaga kerja asing yg masuk itu pas mendarat uda dikarantina dulu beberapa hari dan PCR sebelum mulai kerja, semua ada prosedurnya makanya baca!!! trus yg minta rs pejabat itu OKNUM bukan Pemerintah, ngerti ga lo?? kalau soal mentri yg makan uang bansos iya gw setuju itu penjahat, dan dia sdh di hukum biarpun gw jg ga puas, tp lo ga usah deh bilang negara indonesia negara jenaka, lo udah kontribusi apa buat negara ini??? tuh agnez mo, cinta laura ga ada ngemeng kaya lo gt, yg ada bantu bukan ejek2 negara sendiri, pindah aja lo sono di negara lain..,” komentar akun @maria_***.

Kiki jgn jumawa mentang2 udah tenar, kasian nakes dokter sm perawat yg sdh meninggal jg masyarakat yg meninggal..inget ki diatas langit ada langit, kritik boleh tp membangun, kalo kritik ga ksh solusi anak kecil jg bisa,” tulisn akun @melissa***.

Dikritik tidak solutif oleh warganet, Kiky memberikan jawaban menohok

Jawaban Kiky Saputra atas kritikan warganet | Instagram @kikysaputrii

Disebut tidak solutif dan tidak bangga Indonesia, Kiky pun tak tinggal diam. Beberapa kali ia membalas komentar warganet. Menurutnya, kritikannya pada Indonesia bukan berarti ia tidak mencintai Tanah Air. Bahkan kritikannya bisa jadi adalah bentuk rasa cinta dan kepedulian pada Indonesia agar lebih maju lagi. Selain itu, baginya kritikan tak harus disertai solusi. Seharusnya para pemangku jabatan di pemerintahan yang berpikir untuk mencari solusi dari permasalahan pandemi ini.

Berikut ini adalah jawaban-jawaban yang diberikan Kiky sebagai tanggapan atas kritikan warganet:

“Menyebut negeri jenaka BEDA artinya dengan tidak bangga menjadi negara loh kak. yang saya nyanyikan pun sesuatu yang sedang dan sudah tejadi, bukan khayalan saya sendiri.”

“Lah apa tugas pemerintah kalo ketika kita mengeluh harus kasih solusi juga? Kocak lu. Emang lu pikir korupsi bansos salah satu solusi?”

“LAH EMANG KALO SAYA UDAH BANTU MEREKA, HARUS SAYA POSTING DI SOSMED BIAR KAMU TAU? Saya harus screenshot dan share setiap kali saya transfer bantuan?” jawab Kiky saat diminta waranget untuk mencontoh artis lain yang menyalurkan bantuan pada warga terdampak pandemi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE