Bandingkan Kuliahnya dengan Pekerjaan Sekarang, Najwa Shihab: Fakultas Tak Batasi Pilihan Karier

Kuliah vs karier Najwa Shihab

Setiap artis atau publik figur pasti memiliki masa lalu dan latarbelakang kehidupannya masing-masing. Ada yang dulunya bekerja sebagai asisten rumah tangga sampai ada yang dahulunya seorang altet. Kadang juga masa lalu seseorang nggak selaras dengan apa yang mereka lakukan hari ini. Seperti halnya presenter kondang Najwa Shihab.

Advertisement

Seperti kita tahu, Najwa Shihab atau akrab dipanggil mba Nana dikenal sebagai presenter politik terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Banyak prestasi yang telah ia torehkan di dunia jurnalistik. Baru-baru ini Najwa Shihab mengunggah sebuah foto yang membandingkan kehidupan lamanya dan kehidupannya yang sekarang. Penasaran? Yuk langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Najwa Shihab menceritakan kehidupan masa kuliahnya sampai akhirnya ia bisa menjadi seorang presenter terkenal seperti hari ini

View this post on Instagram

Saya percaya pilihan karier sama sekali tidak dibatasi oleh pilihan fakultas. Saya kuliah di Fakultas Hukum UI tapi ketika lulus saya memutuskan untuk bekerja sbg jurnalis televisi, karier yang saya bangun selama 17 tahun. Dan tiga tahun terakhir ini, saya memulai berwirausaha, mendirikan perusahan rintisan media, @narasi.tv . Di fakultas hukum saya belajar membuat surat dakwaan hingga pembelaan, proses legislasi, menyusun kontrak dagang, hingga berbagai teori ketatanegaraan. Ya, saya belajar substansi legal hukum, tapi yang tidak kalah penting adalah keterampilan yang terbangun dari proses mempelajari beragam ilmu hukum itu. Mahasiswa hukum diajarkan cara mengidentifikasi dan memisahkan isu, memilih dan memilah argumen, menformulasikan ide dan mengartikulasikannya dengan diksi yang tepat. Mahasiswa hukum dilatih bernegosiasi, membangun alur berpikir yang bernas, bertanya dengan jitu, membaca dgn cepat dan cermat menyimpulkan inti permasalahan. Keterampilan yang relevan dalam menekuni profesi apa pun. Tapi di luar itu semua, banyak hal penting saat kuliah yang saya dapat tidak hanya dari ruang-ruang kelas. Kuliah bukan hanya tentang nilai dan IPK. Tapi juga tentang pengalaman yang kita dapatkan, jejaring yang kita bangun, skills yang kita praktekkan, empati yang kita asah. Dan itu semua bisa kita peroleh jika kita aktif berorganisasi dan bergaul dengan orang dari beragam latar belakang berbeda. Jadi adik-adik, apa pun asal fakultasmu, dari lulusan mana pun kalian, jangan jadikan itu batasan untuk menentukan pilihan karier atau memulai sesuatu yang sama sekali baru. Segalanya kini menjadi mungkin di era serba digital, kuncinya ada pada kreatifitas dan kemauan untuk terus mencoba. Untuk yang mau terjun ke dunia entrepeneurship atau memantapkan pilihan karirnya, bisa ikutan Playfest Series: Podcast Day. Minggu, 26 Juli 2020. Cek infonya di @playfestnarasi ya. See you guys then. #mycareerchoice #beranimudaberaniberkarya #playfestseries2020 #catatannajwa

A post shared by Najwa Shihab (@najwashihab) on

Baru-baru ini unggahan foto di laman pribadi Najwa Shihab banyak disorot oleh anak muda. Dalam unggahan tersebut terlihat Najwa membandingkan kehidupannya dahulu saat menjadi mahasiswa dan kehidupannya sekarang setelah menjadi seorang presenter terkenal. Dalam unggahan tersebut kita bisa lihat foto Najwa semasa muda saat ia masih kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan potretnya sebagai presenter.

Dalam unggahan tersebut Najwa menulis soal kehidupan pribadinya saat ia masuk dan belajar sebagai mahasiswa Fakultas Hukum UI. Najwa mengungkapkan ceritanya dimana ia mempelajari seluk beluk hukum di Indonesia. Namun ia kemudian tersadar bahwa ada juga hal penting di luar kelas ia lakukan. Dan terkadang pelajaran di luar kelas yang membawanya ke tempatnya sekarang.

“Tapi di luar itu semua, banyak hal penting saat kuliah yang saya dapat tidak hanya dari ruang-ruang kelas. Kuliah bukan hanya tentang nilai dan IPK. Tapi juga tentang pengalaman yang kita dapatkan, jejaring yang kita bangun, skills yang kita praktekkan, empati yang kita asah. Dan itu semua bisa kita peroleh jika kita aktif berorganisasi dan bergaul dengan orang dari beragam latar belakang berbeda,” tulis Najwa.

Nawja memberikan nasihat untuk anak muda yang masih bingung berkarier bahwa sebenarnya jurusan dan universitas nggak terlalu menentukan karier kita di masa yang akan datang

Advertisement

Now and Then Najwa Shihab via www.instagram.com

Ada alasan lain mengapa Najwa mengunggah foto tersebut. Ia sepertinya ingin memberikan masukan dan dukungannya untuk generasi muda Indonesia. Seperti kita tahu, masalah ‘bekerja nggak sesuai jurusan’ masih jadi masalah bagi anak muda di Indonesia. Menurut Najwa fakultas dan jurusan yang diambil semasa kuliah nggak bisa dijadikan batasan untuk kamu mencapai cita-cita yang selama ini kamu pendam. Semua tergantung dengan usaha kita sebagai manusia dalam mengelola kreativitas dan kemauan kita untuk terus mencoba hal baru.

“Jadi adik-adik, apa pun asal fakultasmu, dari lulusan mana pun kalian, jangan jadikan itu batasan untuk menentukan pilihan karier atau memulai sesuatu yang sama sekali baru. Segalanya kini menjadi mungkin di era serba digital, kuncinya ada pada kreativitas dan kemauan untuk terus mencoba,” tutup Najwa.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE