Lee Jung-jae Raih Penghargaan Aktor Terbaik di Emmy Awards 2022, Pertama dalam Sejarah!

Sejak perilisannya pada tahun 2021, serial Squid Game sudah membawa para pemainnya memenangkan berbagai ajang penghargaan dunia perfilman. Nggak cuma berhasil menyabet piala di ajang penghargaan Korea Selatan, Squid Game juga sering didapuk sebagai pemenang di berbagai nominasi penghargaan kelas dunia.

Advertisement

Selain menorehkan prestasi untuk serial secara keseluruhan, para pemainnya juga turut menorehkan prestasi lewat perannya di Squid Game. Terbaru, aktor Lee Jung-jae berhasil menyabet piala untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series di ajang Primetime Emmy Awards 2022 lewat perannya sebagai Seong Gi-hun di serial tersebut.

Lee Jung-jae memenangkan penghargaan untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series

Ajang Primetime Emmy Awards ke-74 telah diselenggarakan di Microsoft Theater, Los Angeles, Amerika Serikat pada Senin, 12 September 2022 waktu setempat. Malam penghargaan ini sukses mendapuk aktor dan aktris berbakat serta serial drama dan film ke dalam sejumlah nominasi.

Advertisement

Salah satu yang menjadi sorotan yaitu kemenangan aktor Lee Jung-jae untuk kategori Outstanding Lead Actor in a Drama Series (Aktor Utama Terbaik dalam Serial Drama) lewat perannya sebagai Seong Gi-hun di Squid Game. Dalam kategori itu, Lee Jung-jae berhasil menyisihkan lima aktor lainnya, yakni Jason Bateman, Brian Cox, Bob Odenkirk, Adam Scott, dan Jeremy Strong.

Lee Jung-jae menjadi aktor pertama dari serial non bahasa Inggris yang memenangkan Emmy Awards

Advertisement

Penghargaan ini sekaligus mencetak sejarah baru karena Lee Jung-jae adalah aktor pertama dari serial non bahasa Inggris yang berhasil mendapatkan piala penghargaan Emmy Awards. Dalam pidato kemenangannya, sang aktor berterima kasih dan memuji sutradara dan segenap tim produksi Squid Game yang berhasil membuat serial itu populer.

“Terima kasih kepada Hwang Dong-hyuk karena membuat masalah realistis yang kita semua hadapi menjadi hidup dengan sangat kreatif di layar dengan naskah yang bagus dan visual yang luar biasa. Terima kasih tim Squid Game,” ujar Lee Jung-jae, dilansir dari CNN Indonesia.

Sementara itu, sang sutradara juga turut memboyong piala penghargaan atas dedikasinya dalam Squid Game. Hwang Dong-hyuk memenangkan kategori Outstanding Directing for a Drama Series. Kategori itu diisi oleh sederet sutradara lainnya seperti Jason Bateman (Ozark), Ben Stiller (Severance), Mark Mylod (Succession), Cathy Yan (Succession), Lorene Scarafia (Succession), dan Karyn Kusama (Yellowjackets).

Lee Jung-jae dan Hwang Dong-hyuk memegang piala Emmy Awards 2022

Lee Jung-jae dan Hwang Dong-hyuk memegang piala Emmy Awards 2022 | Credit: Instagram @netflixqueue

Lewat penghargaan itu, Hwang Dong-hyuk juga menjadi sutradara Korea pertama yang memenangkan penghargaan Emmy Awards dalam kategori penyutradaraan. Dalam pidato kemenangannya, ia merasa keberhasilan Squid Game bukanlah semata-mata hasil kerja kerasnya sendiri, melainkan juga karena kepercayaan para penonton yang udah setia mengikuti jalan cerita serial tersebut.

“Saya tidak berpikir saya membuat sejarah sendiri. Karena kalian semua yang membuka pintu untuk Squid Game, dengan mengundang kami ke sini malam ini di Emmy,” ucapnya.

Serial Squid Game telah banyak mencetak sejarah baru. Dalam ajang Emmy Awards 2022, serial ini masuk dalam 14 nominasi. Dalam banyak ajang penghargaan sebelumnya pun, Squid Game sering menjadi serial bukan berbahasa Inggris pertama yang masuk nominasi bahkan menang. Pencapaian itu terbukti dalam ajang SAG Awards, Golden Globe Awards, dan yang terbaru Emmy Awards.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE