Lesti Kejora Tiba-tiba Cabut Laporan KDRT Usai Rizky Billar Resmi Ditahan

Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) yang diduga dilakukan aktor Rizky Billar pada istrinya, pedangdut Lesti Kejora, masih terus menjadi sorotan publik. Kasus ini baru saja memasuki babak baru usai Rizky Billar resmi jadi tersangka setelah menjalani pemeriksaan pada Rabu (12/10).

Advertisement

Proses pemeriksaan Rizky Billar usai jadi tersangka pun berlanjut hingga kemarin Kamis (13/10). Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, Rizky Billar akhirnya resmi ditahan. Namun, hal mengejutkan terjadi ketika tiba-tiba Lesti Kejora datang dan menyampaikan keinginan mencabut laporan pada pihak kepolisian.

Rizky Billar sempat menyebut bahwa sang istri akan mencabut laporan

Rizky Billar lempar bola

Rizky Billar dan Lesti Kejora | Foto dari Instagram Rizky Billar

Setelah ditetapkan menjadi tersangka, dan menjalani pemeriksaan lanjutan untuk memberikan keputusan penahanan, pihak Rizky Billar sempat mengajukan permohonan supaya nggak kliennya nggak ditahan. Namun, tim penyidik tetap memutuskan Rizky Billar untuk ditahan selama 20 hari ke depan sebelum menjalani proses hukum selanjutnya, supaya memberikan efek jera.

Usai keputusan penahanan tersebut, pihak kepolisian menggelar jumpa pers dan turut menghadirkan Rizky Billar yang sudah mengenakan baju tahanan, pada Kamis (13/10). Melansir dari Kompas, usai pihak kepolisian memberikan keterangan terkait penahanan tersebut, Rizky Billar yang diberi kesempatan untuk bicara sebelum dibawa ke ruang tahanan, tiba-tiba mengatakan bahwa Lesti Kejora akan datang untuk mencabut laporan.

Advertisement

“Istri saya mau cabut laporan,” ujar Rizky Billar, dinukil dari Kompas pada Jumat (14/10).

Diketahui, Lesti Kejora melaporkan Rizky Billar ke Polres Metro Jakarta Selatan pada Rabu (28/9), usai dirinya mengalami tindak kekerasan oleh Rizky Billar. Dalam laporan tersebut, Lesti mengaku dicekik dan dibanting berkali-kali di kasur serta di kamar mandi oleh Billar yang nggak terima karena Lesti mengetahui sang suami selingkuh.

Lesti Kejora datang untuk menyampaikan ingin mencabut laporan KDRT

Lesti cabut laporan

Potret Billar dan Lesti | Foto dari Instagram Lesti Kejora

Advertisement

Awalnya, pernyataan Rizky Billar memang nggak ditanggapi pihak lain yang berada di lokasi jumpa pers. Namun, nggak berselang lama ketika jumpa pers masih berlangsung, tiba-tiba Lesti Kejora datang, didampingi sang ayah dan pengacaranya Sandy Arifin dari arah belakang. Dilansir dari CNN Indonesia, Kasi Humas Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi mengatakan bahwa kedatangan Lesti Kejora untuk menemui Rizky Billar.

Namun, ternyata nggak hanya itu saja, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengungkap bahwa kedatangan Lesti Kejora sekaligus untuk menyampaikan keinginan pencabutan laporan.

“Pihak Lesti tiba-tiba dia datang dan ingin cabut laporan,” tutur Kombes Zulpan, dinukil dari CNN Indonesia.

Kendati demikian, Kombes Zulpan pun menyatakan bahwa dirinya belum menerima keterangan resmi dari pihak Lesti terkait surat pencabutan laporan tersebut. Zulpan juga menegaskan bahwa perkara pencabutan merupakan hal dari pelapor dalam hal ini pihak Lesti Kejora.

“Kalau mau mencabut itu silakan saja, hak dari korban, tapi itu ada mekanisme dan prosedur. Tidak serta merta (laporan) dicabut, dia bebas malam ini,” imbuh Zulpan.

Diketahui bahwa keputusan pembebasan terlapor merupakan kewenangan penyidik sehingga, meski pelapor telah mencabut laporannya, penghentian kasus ada di tangan penyidik. Apalagi semua prosedur pemeriksaan, hingga diputuskan menjadi tersangka, dan keputusan penahanan.

Sementara itu, pihak Rizky Billar melalui tim kuasa hukumnya sudah menunjukkan surat kesepakatan damai antara Rizky Billar dan Lesti Kejora. Surat yang ditandatangani Lesti dan Billar di Polres Metro Jakarta selatan pada Kamis (13/10) malam tersebut dijadikan dasar untuk pencabutan laporan yang dilakukan Lesti Kejora.

Hotma Sitompul selaku kuasa hukum Rizky Billar mengungkap bahwa jalan damai yang ditempuh Billar dan Lesti bertujuan untuk memperbaiki hubungan rumah tangga mereka usai masalah ini terjadi.

“Apapun intervensi pihak lain, demi keberlangsungan rumah tangga yang masih dapat diperbaiki dan dapat dilanjutkan,” demikian potongan isi perjanjian yang diperlihatkan oleh Hotma Sitompul, seperti yang dinukil dari Detik News.

Surat perjanjian tersebut sekaligus menandai bahwa pihak Lesti Kejora dan Rizky Billar telah berdamai. Pagi ini, Jumat (14/10) Lesti Kejora kembali mendatangi Polres Metro Jakarta Selatan untuk menyelesaikan urusan pencabutan laporan. Hal ini juga disampaikan oleh Lesti saat menemui awak media. Ia mengungkap bahwa Billar telah meminta maaf kepadanya dan keluarga, sehingga Lesti memilih untuk berdamai dan berharap Billar nggak mengulangi perbuatannya

“Pada akhirnya saya memilih untuk mencabut laporan suami saya. Alasannya anak saya, karena bagaimana pun suami saya bapak dari anak saya. Dan beliau alhamdulillah sudah mengakui perbuatannya, dan sudah meminta maaf kepada saya, kepada keluarga saya, khususnya bapak saya dan ibu saya. InsyaAllah keluarga saya sudah memaafkan suami saya. InsyaAllah mudah-mudahan tidak terulah lagi.

Mendengar kabar ini, publik sebagian merasa heran dengan keputusan yang diambil oleh Lesti, setelah semua barang bukti dalam penyidikan Rizky Billar telah mengungkap bahwa sang suami bersalah. Seperti yang diungkap oleh pihak kepolisian, kendati laporan dicabut, proses hukum ke depan masih menunggu keputusan penyidik.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE