Maia Estianty Beri Nasihat Soal Pernikahan: Petuah Bijak untuk Kaum Jomlo

Bagi banyak orang, menikah adalah hal yang butuh banyak persiapan, mulai dari mental, kemantapan hati dan kesiapan lainnya. Hal ini pula yang disampaikan oleh musisi kenamaan Maia Estianty yang baru-baru ini memberikan petuah bijaknya soal pernikahan. Maia Estianty memang cukup aktif di media sosial, dan kerap membagikan pandangan dan wejangan hidup, salah satunya seperti wejangan pernikahan yang ia tujukan untuk kaum muda.

Advertisement

Bak petuah bijak dari generasi yang lebih dulu mengenyam banyak asam garam dari biduk rumah tangga, pesan Maia Estianty itu pun dibanjiri pujian dan ungkapan setuju dari warganet. Apalagi pembahasan soal tantangan pernikahan saat ini memang cukup menarik bagi warganet.

Maia Estianty mewanti-wanti soal kesiapan untuk menikah

Nasihat Maia Estianty

Tangkapan layar unggahan petuah bijak Maia | Foto dari Instgram Maia

Perempuan yang sering disapa akrab dengan sebutan Bunda Maia ini memberikan petuah bijak soal pernikahan melalui unggahan di Instagram pribadinya, baru-baru ini. Petuah itu sepertinya lebih relate dengan kondisi anak muda saat ini yang sering bimbang untuk melangkah ke hubungan pernikahan. Maka dari itu, Maia mewanti-wanti soal kesiapan pernikahan mulai dari siap secara emosi, tanggung jawab, dan komitmen.

“Menikahlah jika kamu siap secara emosi. Menikahlah jika kamu sudah mampu bertanggung jawab untuk keluargamu. Menikahlah jika kamu benar-benar siap untuk berkomitmen, dan berani jujur,” tulis Maia dalam unggahannya.

Advertisement

Kesiapan yang Maia maksud juga termasuk ketika seseorang menghadapi godaan, untuk mampu menghindar, meskipun godaan itu di depan mata dan sangat menarik hati. Selain itu, Maia juga menyarankan, jika seseorang menikah untuk menyakiti pasangan, maka menurutnya lebih baik jangan menikah, tapi cari pasangan sebagai pacar dulu.

“Jika kamu menikah malah untuk menyakiti hati pasanganmu, mending nggak usah (menikah), cari pacar aja dulu. Sembuhkan kepahitan hati dan jiwamu sampai stabil,” lanjut Maia.

Maia Estianty memperingati supaya jangan ambil keputusan menikah karena disuruh orang lain

Nasihat Maia Estianty

Potret Maia dan Irwan Musry | Foto dari Instgram Maia

Advertisement

Seringkali kenginan menikah justru muncul karena emosi-emosi yang membuat gegabah dalam mengambil keputusan. Misalnya saja ketiba banyak teman sudah menikah, ketika umur semakin bertambah, dan desakan dari orang-orang terdekat. Mengingat hal itu, Maia justru memperingati soal pengambilan keputusan untuk menikah. Menurut Maia, jangan sampai keputusan menikah karena dipengaruhi oleh desakan atau keinginan orang lain.

“Jangan pernah mengambil keputusan untuk menikah karena emosi, karena disuruh emak, bapak, tetangga, apalagi netizen, karena kepepet umur, pengin punya anak cepet,” tulis Maia.

Lebih lanjut, Maia menyarankan bagi siapa saja yang tengah bimbang dalam mengambil keputusan menikah supaya menanyakan hal itu pada Tuhan. Apakah seseorang yang ingin dinikahi adalah jodoh yang terbaik atau bukan.

“Tanyakan juga ke Allah, apakah dia itu sesungguhnya jodohmu yang sesungguhnya sampai maut memisahkan,” imbuh Maia.

Ibu tiga anak itu kemudian menutup nasihat bijaknya dengan mengungkap bahwa apa yang ia sampaikan itu merupakan petuah bijak untuk para jomlo.

“Petuah bijak untuk kaum jomlo,” tutup Maia.

Unggahan Maia itu tampaknya sangat relate dengan kondisi para jomlo saat ini. Unggahan yang menampilkan potret Maia mengenakan dress hitam itu pun disukai lebih dari 59 ribu orang dan dibanjiri komentar warganet yang setuju dengan petuah bijak istri pengusaha Irwan Musry itu.

“Setuju banget Bunda, menikah itu benar-benar karena siap dari segalanya, bukan karena usia dan desakan sana-sini,” tulis seorang warganet.

“Realistis dan bijak banget untuk para anak muda yang seringkali nikah cuma karena cinta, padahal secara mental buat hadapi masalah rumah tangga nggak siap,” imbuh warganet lain.

Nasihat Maia ini dinilai cukup realistis apalagi ia sudah pernah gagal membina rumah tangga bersama musisi kenamaan Ahmad Dhani. Sehingga ketika ia sudah menikah lagi dengan Irwan Musry, dan bicara soal nasihat pernikahan tersebut, dianggap cukup realistis dan bijak. Bagaimana pun Maia sudah mengalami sendiri betapa pentingnya kesiapan mental, emosi, komitmen, dalam sebuah hubungan pernikahan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE