Diprotes Saat Pakai Ilustrasi Orang Lain Tanpa Izin, “Ancaman” Awkarin Bawa Lawyer Berbuntut Panjang

Masalah Awkarin dan ilustrator

Beberapa bulan terakhir, citra Awkarin di media sosial berubah lebih baik. Dia dipuji-puji karena telah melakukan sejumlah aksi sosial. Di antaranya adalah membagikan ribuan nasi kotak pada demonstran, ikut memadamkan kebakaran hutan di Kalimantan, dan masih banyak lagi. Pada Sabtu (26/10), dia pun mengutarakan niatnya melalui Twitter untuk membuat komunitas aktivis.

Advertisement

Namun bukannya direspons baik, cuitan Awkarin justru dibalas pedas oleh seorang ilustrator. Dia membongkar kesalahan Awkarin yang berlawanan dengan citra aktivisnya. Lantas drama panjang pun dimulai. Yuk simak selengkapnya!

Seorang ilustrator mengkritik Awkarin karena pernah menggunakan karyanya tanpa izin. Awkarin pun meminta buktinya dan “mengancam” akan membawa lawyer (pengacara)

Cuitah pertama Nadiyah via twitter.com

Pada Sabtu (26/10), ilustrator bernama Nadiyah Rizki S. (@nadiyahrs) membeberkan kesalahan Awkarin. Nadiyah menulis kalau Awkarin pernah menggunakan karya-karya para ilustrator, termasuk dirinya, tanpa meminta izin terlebih dulu. Karya mereka diunggah Awkarin di media sosialnya tanpa mencantumkan kredit. Tindakan itu dianggap nggak pantas karena melanggar hak cipta, apalagi Awkarin mempunyai pengikut yang sangat banyak. Nadiyah merasa tindakan tersebut berlawanan dengan citra aktivis yang berusaha dibangun Awkarin.

Menanggapi Nadiyah, Awkarin meminta bukti-bukti darinya dalam waktu 24 jam. Namun Nadiyah berkata kalau dia nggak bisa melakukannya karena dulu akun Instagram miliknya telah diblokir Awkarin saat melontarkan protes yang sama. Situasi pun makin panas, apalagi warganet menimpali dengan berbagai respons. Akhirnya Awkarin “mengancam” akan datang ke rumah Nadiyah sambil mengajak lawyer untuk menyelesaikan masalah mereka. Dia pun dikritik warganet karena menggunakan pengaruhnya untuk menekan orang biasa.

Advertisement

Setelah ditelusuri, ternyata Awkarin memang menggunakan karya orang lain tanpa izin, tapi itu sudah 4 tahun lalu. Dia berpendapat sang ilustrator sengaja menggiring opini tentangnya

Gara-gara masalahnya dengan Nadiyah, Awkarin kembali mendapat sorotan buruk. Akhirnya pada Selasa (29/10), Awkarin membuat thread untuk menjelaskan duduk perkara masalah dari sudut pandangnya. Dia mengaku memang pernah menggunakan karya Nadiyah dan para ilustrator lainnya tanpa izin, tetapi sudah 4 tahun lalu. Keterangan itu nggak disebut Nadiyah saat mengkritik Awkarin, sehingga orang-orang mengira kejadiannya belum lama ini. Awkarin pun merasa Nadiyah menggiring opini yang nggak benar tentang dirinya.

Awkarin juga menjelaskan kalau dia berjanji pada Nadiyah untuk menghapus karya-karyanya yang digunakan tanpa izin. Namun karena kesibukan, Awkarin mengaku baru sempat melakukannya pada Senin (28/10) pagi. Lantas malam harinya, Nadiyah mengunggah screenshoot percakapan mereka berdua dan menulis kalau Awkarin nggak menepati janjinya. Hal tersebut disayangkan oleh Awkarin. Cerita Awkarin ini pun membuat banyak orang berpihak padanya.

Advertisement

Walaupun masalah Awkarin vs ilustrator sudah selesai sementara, banyak orang tetap meributkannya. Sejumlah figur publik juga buka suara

Tanggapan dari para figur publik via www.instagram.com

Karena tekanan yang semakin kuat, akhirnya Nadiyah mengaku menyerah. Dia juga menghapus semua cuitannya tentang Awkarin. Walau demikian, banyak orang yang menganggap masalah itu belum selesai. Sejumlah figur publik bahkan menunjukkan dukungan pada Nadiyah secara terang-terangan. Di antaranya adalah Ernest Prakasa, Alexander Thian, Veronica Koman, dan lain-lain.

Semoga dengan adanya kejadian ini, Awkarin lebih berhati-hati saat berurusan dengan hak cipta. Semoga dia juga nggak kapok untuk meneruskan kegiatan aktivisnya~

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE