Mbah Minto Meninggal Dunia, Publik Turut Merasa Kehilangan Sosoknya yang Ceria

Mbah Minto meninggal dunia

Jagat media sosial mungkin sudah nggak asing dengan sosok Mbah Minto, nenek asal Klaten, Jawa Tengah yang pertama kali muncul di video viral gagal mudik pada momen lebaran 2020 lalu. Sejak video karya Ucup Klaten tersebut viral, sosok Mbah Minto pun semakin dikenal dan banyak video lainnya yang turut menghibur masyarakat hingga saat ini.

Advertisement

Namun, karya-karya Mbah Minto kini tinggal kenangan. Sosok yang dikenal jenaka dengan dialek Bahasa Jawa yang kental ini dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (22/12) pukul 21.00 WIB di Rumah Sakit Islam Klaten. Kabar duka ini telah dikonfirmasi sendiri oleh Ucup selaku konten kreator yang menggandeng Mbah Minto di berbagai video-video karyanya.

Mbah Minto tutup usia di umur ke-85 tahun, kepergiannya meninggalkan duka mendalam bagi Ucup dan para penikmat konten-konten komedinya

Unggahan ucup Klaten | Credit by @ucup_jbsklaten on Instagram

Nenek pemilik nama lengkap Minto Suwito Siyam memang sangat ikonik dengan berbagai video komedi yang digawangi oleh influencer Ucup Klaten. Kabar duka atas berpulangnya Mbah Minto pertama kali diumumkan oleh akun @klateninfo_official pada Rabu (22/12) malam. “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Kabar duka, Mbah Minto tutup usia. Semoga diterima segala amal baik beliau, diampuni kesalahannya dan mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” tulis akun tersebut di keterangan foto yang menampilkan sosok Mbah Minto.

Kabar duka tersebut juga dikonfirmasi oleh Ucup melalui unggahan di Instagram pribadinya. Ucup membagikan foto ucapan duka cita dibarengi keterangan yang mengungkapkan rasa terima kasih kepada almarhumah. Bagaimana pun Ucup semakin dikenal sebagai konten kreator berkat sosok ikonik Mbak Minto yang menarik perhatian publik.

Advertisement

“Sugeng tindak si Mbok (selamat jalan si Mbok), terima kasih untuk kebaikan dan ketulusanmu, karya-karyamu akan selalu kami kenang,” tulis Ucup dalam keterangan foto unggahannya.

Mbah Minto meninggal dunia usai jatuh di kamar mandi dan diketahui mengidap tumor otak, beliau tutup usia 2 hari setelah menjalani operasi

Mbah Minto | Credit by @ucup_jbsklaten on Instagram

Sebelum dikabarkan meninggal dunia, Mbah Minto memang masih aktif membuat video komedi bersama Ucup dan timnya. Berdasarkan keterangan dari keluarga Mbah Minto yang Hipwee lansir dari Tribun Solo, Mbah Minto meninggal dunia setelah mendapat perawatan medis intensif di rumah sakit setelah menjalani operasi pengangkatan tumor otak.

Advertisement

Penyakit yang diderita Mbah Minto awalnya nggak diketahui pihak keluarga, hingga akhirnya sang cucu mendapati Mbah Minto jatuh di kamar mandi dan ditemukan sudah nggak sadarkan diri. Keluarga melarikan Mbah Minto ke Rumah Sakit Bagas Waras, dan diketahui beliau mengalami pecah pembuluh darah. Saat dilakukan pemeriksaan intensif, barulah diketahui jika Mbah Minto menderita tumor otak. Akhirnya pihak rumah sakit merujuk Mbah Minto ke RSI Klaten guna menjalani pengangkatan tumor.

“Operasinya Senin tanggal 20 Desember, lancar (operasinya), kondisinya juga berangsur membaik. Tapi Rabu pagi kondisinya menurun, batuk-batuk keluar lendir. Beberapa kali begitu sampai diberi tindakan terus, hingga dinyatakan meninggal dunia,” ungkap Aris, cucu Mbah Minto yang dinukil dari Tribun Solo.

Mbah Minto pertama kali di kenal melalui video parodi gagal mudik yang dinilai membantu pemerintah mengingatkan masyarakat supaya nggak mudik saat lebaran awal pandemi di 2020 lalu

Mbah Minto saat membuat konten video | Credit by @ucup_jbsklaten on Instagram

Sosok Mbah Minto di video viral parodi gagal mudik memerankan seorang nenek atau orang tua yang menerima telepon dari anaknya. Sang anak diperankan oleh Ucup Klaten, yang mengabarkan nggak bisa mudik lebaran tahun ini. Namun, alih-alih sedih Mbah Minto justru senang dan meminta uang transferan sebagai pengganti mudik. Video tersebut viral karena sangat sesuai dengan kondisi resah masayarakat yang dilarangan mudik oleh pemerintah.

Apalagi aksi kocak Mbah Minto membuat warganet ikut terpingkal-pingkal dengan aktingnya. Sejak saat itu, Mbah Minto aktif berkarya bersama Ucup Klaten untuk menggarap berbagai video komedi. Selain itu, Mbah Minto juga kerap diajak membuat iklan layanan masyarakat dari program-program pemerintah. Di tahun ini salah satu proyek besar sekaligus terakhir bagi Mbah Minto adalah menggarap sosialisasi haji.

Kini sosok Mbah Minto telah berpulang, meninggalkan 4 orang anak, 15 cucu dan 4 cicit. Almarhumah akan dimakamkan hari ini, Kamis (23/12) pukul 14.00 WIB di Sasonololo, Wonosearan, Bugel, Klaten, Jawa Tengah. Mbah Minto sudah tenang, karya-karyanya akan abadi, menghibur masyarakat dan selalu dikenang oleh para penggemar. Selamat jalan Mbah Minto, semoga segala amal ibadahnya diterima di sisi-Nya.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE