Video TikTok yang Hina Palestina Sedang Marak, Melly Goeslaw: Jaga Kehormatan Orang Tua Kalian!

Melly Goeslaw soroti video TikTok Palestina

Menghina sesuatu menggunakan nama hewan dan dibagikan di media sosial memang nggak pantas dilakukan. Terlebih lagi jika konten yang diunggah mengandung SARA. Baru-baru ini banyak bermunculan konten di TikTok yang berisi hinaan terhadap Palestina dan Israel. Konten tersebut tentu menyita perhatian publik dan mengundang banyak kecaman dari warganet. Apalagi di tengah aksi simpati masyarakat dunia terhadap konflik di Palestina yang sedang memanas.

Advertisement

Kegeraman akan konten TikTok tersebut juga dirasakan musisi Tanah Air, Melly Goeslaw. Ia menilai konten tersebut nggak bermoral. Selain Melly, ada Taqy Malik dan beberapa artis Tanah Air juga angkat bicara perihal konten hinaan tersebut.

Melly meminta pengguna TikTok untuk membuat konten yang bermoral dan beradab, terlebih jika itu berkaitan dengan kondisi konflik di Palestina yang sedang memanas

Konten Tiktok yang menghina Palestina | Credit photo by Instagram @melly_goeslaw via www.instagram.com

Melly yang selama ini terus menunjukkan sikap membela Palestina dengan cara yang beradab tentu dibuat geram dengan konten-konten yang berisi hinaan tersebut. Melly mengunggah kecaman terhadap pembuat konten di Instagram pribadinya. Unggahan tersebut berisi 2 video TikTok yang menghina Palestina dan 1 video hinaan terhadap Israel. Dalam keterangan unggahannya, Melly meluapkan kekesalannya dengan menegaskan bahwa konten tersebut nggak bermoral.

“Jadi untuk kalian yang ada di video ini, jika tidak punya empati pada Palestina, ataupun kesal terhadap Israel dengan cara seperti di video ini. Paling tidak kalian jaga kehormatan orang tua kalian terlebih ibu yang melahirkan kalian, dengan cara bermain aplikasi pakai moral dan beradab,” tulis Melly. Selain menilai kurang bermoral, Melly juga menganggap bahwa konten tersebut sama sekali bukan lelucon dan justru mempermalukan bangsa Indonesia.

Advertisement

Melly juga meminta pihak pemerintah untuk bertindak tegas, terlebih bagi TikTok Indonesia yang dinilai kurang bijak dalam memfilter audio

Melly meminta hal ini menjadi perhatian pihak terkait | Credit photo by Instagram @melly_goeslaw via www.instagram.com

Dalam unggahan tersebut, Melly juga meminta tindakan yang arif pada pemerintah untuk menangani kecenderungan memaki dan menghina di media sosial. Bahkan Melly juga memahami alur masuknya audio yang menjadi fitur di TikTok. Menurut Melly, harusnya TikTok Indonesia bisa memantau dan memfilter audio yang masuk supaya nggak disalahgunakan oleh pengguna.

“Untuk @tiktokofficialindonesia, saya tahu banget masukin audio lagu ke situ harus pakai surat yang ditandatangani. Artinya kalian bisa memantau dan memfilter semua audio yang ada di situ. Sebaiknya lebih diperhatikan lagi supaya hal seperti ini tidak terjadi,” tulis Melly.

Banyaknya konten TikTok yang berisi hinaan, membuat warganet geram dan pihak aparat pun bertindak tegas. Ada yang sudah ditangkap polisi ada juga yang meminta maaf

Dilansir dari Okezone, seorang pria di Lombok Barat yang membuat konten TikTok berisi hinaan terhadap Palestina sudah berhasil diciduk oleh polisi. Menurut Kasubag Humas Polres Lombok Barat AKP Agus Pujianto menuturkan bahwa pelaku ditangkap untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan. Selain itu, seorang TikTokers wanita juga mendapat kecaman dari warganet setelah mengunggah konten Tiktok serupa. Dilansir dari Instagram @matarakyatsumbar, pelaku akhirnya mengunggah video permintaan maafnya.

Hal tersebut juga terjadi di Nias. Dua pemuda yang membuat konten TikTok berisi hinaan serupa akhirnya meminta maaf kepada masyarakat. Ketika dimintai keterangan perihal konten hinaan tersebut, hampir semua pelaku mengaku hanya ingin bercanda dan iseng ketika membuat konten tersebut.

Nggak hanya Melly Goeslaw, Taqy Malik juga merasa geram dengan tindakan TikTokers tersebut. Taqy menganggap, permintaan maaf nggak cukup membuat pelaku jera!

Taqy Malik mengunggah video klarifikasi dan permintaan maaf dari 2 pemuda yang membuat konten Tiktok berisi hinaan terhadap Palestina di Instagram pribadinya. Sebelumnya, Taqy juga sempat mengunggah video kedua pelaku dan mengancam akan mencari mereka. Dalam keterangan unggahannya, Taqy berpendapat bahwa pelaku harus diberi efek jera supaya bisa menjadi pelajaran juga untuk pengguna media sosial lain. “Maaf, hukum tetap berlanjut. Menurut kalian gimana nih?” tulis Taqy di akhir keterangannya.

Selain Melly Goeslaw dan Taqy Malik, beberapa artis Tanah Air pun ikut angkat bicara mengenai konten-konten TikTok tersebut

Komentar artis tanah air yang menanggapi konten TikTok berisi hinaan | Credit photo Instagram @taqy_malik & @melly_goeslaw via www.instagram.com

Setelah Melly dan Taqy mengunggah video pelaku di Instagram pribadi mereka, akhirnya banyak rekan sesama artis yang angkat bicara dan mengacam pelaku. Bahkan nggak hanya pelaku yang dinilai kurang bermoral dalam membuat konten, mereka juga mengkritik TikTok Indonesia yang dinilai kurang bijak dalam memuat filter audio.

“Pihak-pihak terkait seharusnya bisa memfilter konten-konten yang nggak ada untungnya dan nggak ada bagusnya, apalagi dikaitkan dengan nilai akhlak anak-anak Indonesia,” tulis Arman Maulana pada kolom komentar Melly Goeslaw. Selain Arman, ada juga Inul, Dodi Hidayat, Krisdayanti dan Iis Dahlia yang ikut memberi tanggapan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE