Usai 21 Tahun Penantian, India Kembali Dapat Gelar Miss Universe 2021 Lewat Harnaaz Shandu

Miss Universe 2021 Harnaaz Shandu

Ajang Miss Universe 2021 baru saja digelar pada Minggu, 12 Desember. Kompetisi ratu kecantikan dunia edisi ke-70 ini berjalan dengan mewah dan lancar di Eliat, Israel. Terlihat Steve Harvey kembali dipercaya sebagai pembawa acara untuk keenam kalinya.

Advertisement

Kontestan asal India, Harnaaz Sandhu dinobatkan sebagai Miss Universe 2021, ia mengalahkan 79 kontestan lainnnya, termasuk Paraguay, Nadia Ferreira dan Miss Afrika Selatan, Lalela Mswane yang menyabet posisi runner-up. Prestasi Harnaaz menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat India terakhir kali menang pada ajang tersebut pada tahun 2000 silam.

Harnaaz Sandhu dikenal sebagai advokat untuk hak-hak perempuan, membawa kembali mahkota Universe ke negaranya usai 21 tahun

Pencapaian Harnaaz di ajang bergengsi tersebut disambut bahagia oleh negaranya. Seperti diketahui India terakhir kali membawa mahkota Miss Universe pada tahun 1994 lewat Sushmita Sen dan Lara Dutta di tahun 2000.

Advertisement

Kemenangan Harnaaz bukan tanpa alasan, perempuan 21 tahun ini merupakan seorang model yang aktif pada kegiatan sosial. Ia dikenal publik usai mengikuti sejumlah kontes kecantikan lokal sampai akhirnya memenangi Miss Chandigarh pada 2017 dan dipercaya menjadi Miss Diva Universe 2021.

Usai menyelesaikan pendidikan di Channdigarh, salah satu kota di India. Harnaaz juga tengah disibukkan studi masternya di bidang administrasi publik. Selama beberapa tahun terakhir, ia berkecimpung dalam dunia fashion sekaligus film layar lebar. Bukan hanya itu, Harnaaz juga giat menyuarakan sejumlah isu penting terkait hak-hak perempuan termasuk dalam pendidikan, karier, dan kebebasan untuk membuat keputusan.

Kemenangan Harnaaz bukan hanya didukung oleh kecantikannya, melainkan kecerdasan yang mampu menginspirasi banyak orang

Advertisement

Kemenangan Harnaaz bahkan diapresiasi langsung oleh Priyanka Chopra melalui Instagram terverivikasi. Istri musisi Nick Jonas tersebut merasa bangga dan berterima kasih dengan pencapain yang diberikan Harnaaz untuk negara.

Harnaaz dikenal mempunyai kepedulian yang tinggi bagi isu pemberdayan perempuan. Mengingat sejumlah isu tersebut masih menjadi permasalahan sosial di masyarakat India yang didominasi budaya patriaki. Selain itu, ia juga terlibat dalam aktivitas yang erat kaitannya dengan kesehatan maupun isu lingkungan.

Wawasan dan kepedulian Harnaaz Sandhu yang tinggi terbukti di malam final Miss Universe 2021. Steve Haryev memberikan pertanyaan terakhir di top 3 mengenai pesan yang diberkan kepada wanita muda di luar sana.

“Saran apa yang akan Anda berikan kepada wanita muda yang menonton tentang bagaimana menghadapi tekanan yang mereka alami hari ini?,” ujar Steve.

Harnaaz lantas menjawab pertanyaan tersebut dengan lantang. Ia menjelaskan bahwa tantangan terbesar wanita muda saat ini adalah minimnya rasa kepercayaan diri.

“Ketahuilah bahwa kamu unik dan itu yang membuat kamu cantik. Berhenti untuk membandingkan diri kamu dengan orang lain dan mari kita bicara tentang hal-hal yang lebih penting yang terjadi di seluruh dunia. Keluarlah, yakinkan diri sendiri, karena kamu adalah pemimpin di hidupmu. Kamu adalah suara kamu sendiri. Saya percaya pada diri sendiri dan itulah mengapa saya berdiri di sini malam ini,” jawabnya.

Berkat jawaban tersebut, Harnaaz Sandhu mampu meyakinkan penilaian juri yang telah terakumulasi pada karantina, preliminary, hingga deep interview. Ia pun menunjukkan pada dunia perihal pesan positif untuk anak muda di luar sana.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE