Muhammad Zayyan, Trainee K-Pop OCJ Newbies Asal Indonesia Penerus Dita Karang

Sejumlah grup idol K-Pop diketahui memiliki member selain dari negara Korea Selatan seperti Cina, Thailand, dan Jepang. Beberapa tahun terakhir, Indonesia mulai masuk sebagai negara yang dilirik para agensi K-Pop untuk menyaring talenta-talenta baru sebagai artis mereka. Sebut saja nama Dita Karang, perempuan kelahiran Bali yang tahun 2020 lalu ramai diperbincangkan di Indonesia usai berhasil debut bersama girl group Secret Number.

Advertisement

Baru-baru ini, nama baru kembali muncul mengikuti jejak Dita Karang. Ia adalah Muhammad Zayyan, seorang pemuda berusia 22 tahun. Zayyan pertama kali diumumkan sebagai salah satu anggota grup OCJ Newbies pada 24 Oktober 2022 lalu. Namanya sontak jadi perbincangan di media sosial karena Zayyan diketahui berasal dari Jakarta dan sempat mengikuti sejumlah ajang pencarian bakat di Tanah Air sebelum memulai karier di Korea Selatan.

One Cool Jasco memperkenalkan Muhammad Zayyan sebagai salah satu trainee yang tergabung dalam grup pre-debut bernama OCJ Newbies

Nama Muhammad Zayyan mendadak jadi perbincangan di media sosial sejak ia diumumkan sebagai salah satu trainee yang masuk ke dalam grup pre-debut bernama OCJ Newbies. Lewat akun media sosial Twitter dan Instagramnya pada 24 Oktober 2022, OCJ Newbies memperkenalkan Zayyan bersama lima member lainnya. Zayyan tampak mengenakan setelan jas berwarna biru gelap dan berlatar merah.

Advertisement

Agensi asal Hong Kong tersebut berencana mendebutkan boy group K-Pop multinasional dengan total 18 member. Para personelnya berasal dari Korea Selatan, Cina, Hong Kong, hingga Indonesia. Sebelumnya pada 30 Juni 2022 lalu, One Cool Jasco lebih dulu memperkenalkan 13 member yang terdiri dari Lex, Hyunsik, Seungdae, C.I, Dowon, Beomsoo, Ricky, Gyumin, Dongbin, Austin, Davin, dan Leo.

Kemudian pada 24 Oktober 2022 baru-baru ini, enam member lainnya kembali diperkenalkan. Mereka terdiri dari Zayyan, Jihan, Sangwoo, Guohao, Sing, dan Wain. Para trainee yang tergabung dalam OCJ Newbies saat ini masih disibukkan dengan pelatihan menunggu hari debut mereka tiba. Kabarnya, mereka akan debut pada paruh pertama tahun 2023. Namun, hingga saat ini pihak agensi belum mengonfirmasi perihal tanggal resmi debut dan nama grup yang akan mereka usung.

Perkenalan Zayyan sebagai calon idol K-Pop ini langsung disambut antusias dan positif oleh para penggemar internasional, khususnya Indonesia. Ditilik dari unggahan setiap member, foto Zayyan menuai paling banyak respons. Warganet Indonesia beramai-ramai memberi dukungan semangat untuk debutnya di Korea Selatan. Mereka juga terlihat beberapa kali menjawab pertanyaan warganet internasional yang penasaran soal identitas Zayyan.

Advertisement

Sebelum melebarkan karier ke dunia K-Pop, Zayyan sempat mengikuti sejumlah ajang pencarian bakat di Indonesia

Zayyan saat audisi Indonesian Idol 2019

Zayyan saat audisi Indonesian Idol 2019 | Credit: YouTube Indonesian Idol 2022

Pria bernama lengkap Muhammad Rifkifari Zayyan ini rupanya memiliki kecintaan dengan dunia tarik suara sejak kecil. Dalam sesi wawancaranya saat ikut audisi ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia 2018 lalu ia menceritakan awal mula dirinya menyukai dunia menyanyi.

“Saya mulai nyanyi itu dari kecil. Papa suka nyetel lagu Sherina dulu pas aku kecil. Nah, aku suka ngikut-ngikutin itu,” kata Zayyan.

Ya, Zayyan memang beberapa kali mengikuti audisi ajang pencarian bakat di Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, ia sempat mengikuti audisi Rising Star Indonesia musim ketiga tahun 2018 dengan membawakan lagu Maroon 5 yang berjudul Sunday Morning. Sayangnya, ia gugur sejak dari tahap audisi. Zayyan kembali mencoba peruntungan dengan mengikuti audisi Indonesian Idol tahun 2019. Lagi-lagi, Zayyan belum beruntung dan tereliminasi di babak Eliminasi 3.

Setelah itu, Zayyan memutuskan untuk bergabung di agensi Erain Entertainment, yang menaungi para YouTuber dan kreator konten K-Pop. Zayyan nggak lantas berdiam diri setelah beberapa kali gagal audisi menyanyi. Ia menyalurkan bakat menyanyi miliknya dengan menggunggah cover lagu di kanal YouTube pribadinya, ZYYN.

Ditilik dari akunnya, Zayyan mulai aktif mengunggah konten cover lagu sejak tahun 2020. Deretan lagu populer dari musisi Indonesia, Korea Selatan, dan mancanegara berhasil ia nyanyikan ulang dengan versinya sendiri.

Kini, pemuda kelahiran 23 Februari 2000 itu tengah menanti debutnya di industri hiburan Korea Selatan sebagai anggota boy group. Zayyan juga menambah daftar panjang warga Indonesia yang berhasil debut sebagai idol K-Pop setelah Dita Karang Secret Number, Bleu (14U), Mavin Z-Boys, dan Vanya Z-Girls.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE